All for Joomla All for Webmasters
Networking

Video – How to Upgrade or Downgrade Mikrotik RouterOS

Sistem operasi biasanya memiliki versi-versi terbaru yang memiliki performa, keamanan hingga kinerja sistem itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, contohnya windows pasti kita menemukan pembaharuan dari microsoft entah itu bug fixed, defender definition ataupun perbaikan sistem lainnya. Sama halnya dengan mikrotik, karena mikrotik adalah sebuah Sistem Operasi untuk router, maka akan ada pembaharuan/update

Mikrotik akan melakukan update untuk menambah fitur ataupun meningkatkan kinerja dengan merilis versi updatenya. Jika mikrotik memiliki update, maka mikrotik akan mencatatnya dan kemudian muncul pada halaman update mengenai perbaikan ataupun fitur terbaru:

Dapat dilihat pada gambar diatas adalah Change Log dari update mikrotik.

Pada tutorial kali ini, cara upgrade yang dilakukan adalah secara otomatis, yaitu dengan memilih tombol check update kemudian sistem akan mendownload secara otomatis. Anda dapat juga melakukannya secara manual dengan melakukan download dan upload ke penyimpanan mikrotik.

Upgrade dan downgrade pada sebuah routerOS merupakan hal yang biasa dilakukan oleh admin Mikrotik. Namun kadang menjadi hal penting ketika dibutuhkan, misalkan ingin mengimplementasikan sebuah fitur baru, maka upgrade bisa dilakukan.

Menu ini terdapat pada

System > Packages anda akan menemukan Package List.
Check For Update, Enable, Disable, dan fungsi lainnya.

Jika setelah upgrade dan kemudian dirasa tidak stabil atau tidak sesuai, maka anda dapat melakukan downgrade. Pada menu packages ini, anda dapat melakukan juga Enable atau Disable fitur Mikrotik RouterOS.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video berikut

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top