General Article

Untung ada Halodoc Konsultasi Dokter, Platform Kesehatan Masa Kini

Kesehatan adalah hal yang penting untuk melakukan semua aktifitas, jika tubuh kita sakit maka aktivitas dan produktivitas juga akan menurun. Ada kalanya kita melakukan Medical Check up ke klinik atau rumah sakit favorit kita, untuk melakukan pengecekan kesehatan Kita.

Bukan hal yang lumrah, ketika kita jatuh sakit, atau hanya untuk medical check up, klinik maupun rumah sakit yang dituju selalu dipadati oleh pasien yang akan berobat, dan tidak jarang juga jadwal dokter yang kita tuju berada dijadwal jam kerja misalnya, atau jam malam.

Maka kita harus menjadwalkan, meluangkan waktu, bahkan izin dari kantor untuk menuju klinik/rumah sakit tersebut. Okelah kalau sesuai, dan dapat berobat atau medikal check up.

Nah terkadang ketika sedang dalam perjalanan, kemudian sampai di lokasi tujuan, dokter tidak ada, sudah pulang, atau sudah penuh.

Tidak semua klinik/rumah sakit memiliki website, informasi realtime, atau call center yang selalu bisa dihubungi. Wal hasil, ya demikian ..

Kesehatan adalah kebutuhan, maka kita juga membutuhkan akses yang mudah dan cepat untuk dapat melakukan pengobatan ataupun medical check up, bahkan bagaimana caranya agar kita dapat membeli obat dengan mudah dan cepat. Dengan luasnya media informasi seperti sekarang ini, tidak mustahil untuk menemukan cara untuk mempermudah dalam berbagai aktivitas, artikel kesehatan misalnya atau konsultasi kesehatan secara online.

Loading...

Akhirnya saya menemukan aplikasi HaloDoc di Playstore,

HaloDoc

setelah saya telusuri ternyata aplikasi ini bukan hanya memberikan banyak artikel kesehatan, namun masih banyak manfaat lainnya. Oke kita akan telusuri lebih jauh lagi

Install dan Cara Daftar Account Baru

Untuk melakukan pendaftaran, sangatlah mudah. Anda hanya diminta untuk memasukkan nomor telepon,

Input nomor telepon

dan akan menerima kode verifikasi. Setelah berhasil masuk, Anda akan diminta untuk memberikan akses lokasi untuk mempermudah Aplikasi dalam mendeteksi dimana Anda berada, dan fasilitas kesehatan mana saja yang terdekat dengan lokasi Anda.

Akses lokasi

Pilih enable location agar secara otomatis, sistem akan mendeteksi langsung lokasi kita. Setelah itu, akan muncul halaman depan. Dari awal saja kita sudah tahu, aplikasi Halodoc ini memberikan layanan apa saja.

Halaman Depan

Selain 4 fungsi diatas, ada juga artikel-artikel penting yang dapat kita baca Untuk menambah pengetahuan mengenai kesehatan, misalnya pencegahan , tips dan informasi kesehatan lainnya.

Oke, itu untuk di halaman depan. Sekarang kita akan membahas fungsi lainnya. Langkah berikutnya, jika kita ingin melakukan konsultasi dengan dokter, alangkah lebih baiknya kita mengisi terlebih dahulu profile kita. Klik tombol profile, kemudian isi dengan lengkap data diri kita.

Setelah dilengkapi, Anda akan mendapatkan halaman profile utama Anda, ternyata bukan kita saja yang dapat didaftarkan, bisa juga mendaftarkan anggota keluarga kita.

Pada halaman tersebut juga Anda dapat melihat History aktivitas Anda di HaloDoc dan dapat juga langsung link ke Asuransi yang Anda pakai,

Link Asuransi

Ini berfungsi agar ketika kita melakukan pengobatan ke klinik/rumah sakit. Maka aplikasi langsung memberikan informasi kepada pihak klinik/rumah sakit, bahwa Anda menggunakan asuransi x.

Oke kita kembali ke menu awal, seperti yang telah Anda lihat di awal. Ada 4 manfaat di aplikasi HaloDoc ini, mari kita bahas:

Konsultasi Dengan Dokter

Fitur yang pertama ini adalah, Anda dapat langsung tanya dokter melalui chatting, dan mulai berdiskusi dengan dokter yang Anda pilih.

Konsultasi dengan Dokter

Pada akses pertama ini, Anda akan mendapatkan free konsultasi sebesar Rp.25.000, lumayan khan?

Di bawah headline, Anda dapat memilih kategori untuk melakukan diskusi dengan dokter. Dokter yang terdaftar disini adalah dokter professional dan ahli dibidangnya.

Membeli Obat Langsung dari Smartphone

Fitur yang kedua adalah, kemudahan dalam membeli obat. Tidak perlu antri, tidak perlu pergi ke apotik dan sebagainya. Obat yang Anda beli akan langsung diantar ke rumah Anda.

Pada menu tersebut, dapat melakukan pencarian atau bisa juga memilih dari kategori sesuai dengan kondisi, misalnya Batuk dan pilek, Demam, Antibiotik dan sebagainya.

Kategori Obat

Untuk melakukan pembelian, tinggal pilih obat yang akan dibeli, kemudian klik tombol Add. Akan masuk ke keranjang pembelanjaan dan sistem akan mencari toko mana yang terdekat. Setelah itu tinggal melakukan transfer ke bank yang Anda pilih.

Kunjungi Rumah Sakit

Fitur ketiga adalah, Anda dapat mencari dan buat janji dokter di Rumah Sakit melalui aplikasi Halodoc, dengan menggunakan aplikasi Anda tidak perlu lagi melakukan pendaftaran atau antri administrasi, bahkan Anda bisa langsung masuk ruang konsultasi dokter yang Anda tuju.

Caranya mudah, pilih rumah sakit yang dituju, kemudian pilih jenis pendaftaran menggunakan BPJS atau Umum, setelah itu pilih dokter spesialis mana yang dituju, kemudian klik tombol Buat Janji.

Setelah muncul halaman konfirmasi, Anda tinggal datang ke rumah sakit yang dituju sesuai dengan hari dan jam yang telah ditentukan.

Bisa Melakukan Cek Lab di Rumah

Biasanya kita kalau mau cek lab, harus pergi dahulu ke lokasi laboratorium. Namun fitur yang ke empat di aplikasi Halodoc ini, dapat mempermudah Anda untuk melakukan cek lab. Tidak perlu keluar rumah, dari pihak lab yang akan mendatangi Anda kerumah.

PIlih Jenis Test

Saat ini Laboratorium Prodia yang sudah bekerja sama dengan Halodoc, jadi kamu bisa cek lab langsung di rumah Anda, dan hasilnya dapat dilihat langsung di halaman profile. Ada baiknya untuk melakukan konsultasi dahulu dengan dokter pada menu Chat dengan Dokter, agar tepat sasaran dengan keluhan yang dirasakan.

Selain itu, ada tambahan fitur lainnya,

  • Pengingat meminum obat
  • Dompet digital
  • Buku Alamat
  • Menu bantuan, bisa melalui chat, email atau langsung telepon dengan Call Center HaloDoc

Wah sudah panjang lebar membahas mengenai aplikasi HaloDoc ini ya, jika penasaran, aplikasi dapat didownload secara gratis melalui smartphone Anda. Melalui Playstore atau AppStore

Demikian pembahasan mengenai aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter,
semoga bermanfaat

Terima kasih
_rhiel_

#tanyadokterasli


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top