Rhiel ID

Basic Computing

Tutorial Menggunakan Squirrelmail

Apa itu Squirrelmail? Squirrelmail adalah salah satu layanan berbais web disediakan oleh CPanel yang digunakan sebagai mail client. Squirrel menjadi salah satu alternatif webmail client yang dapat Anda gunakan selain horde. Sama dengan webmail yang lainnya, squirrelmail ini sudah mendukung protokol IMAP dan SMTP. Dengan tampilan yang sederhana, menjadikan squirrelmain ini menjadi pilihan jika koneksi internet Anda terbatas atau tidak terlalu cepat.

Namun dengan tampilannya yang sangat sederhana ini, tidak mengurangi fasilitas dalam pengelolaan email Anda. SquirrelMail tetap mempunyai fungsi-fungsi yang seharusnya ada pada aplikasi webmail, mulai dari pengelolaan email, mengirimkan attachment, kontak, pengelolaan folder, dll.

Sebelumnya, Anda harus memahami mengenail webmail coorporate/webmail domain/perusahaan Anda, mengenai hal ini tidak akan dibahas ulang. Anda dapat membacanya pada artikel berikut ini:
Tutorial Menggunakan Mozilla Thunderbird
Cara Menggunakan Webmail Horde

Pada artiel kali ini, kita akan membahas mengenai cara penggunannya, karena jika Anda tidak terbiasa, ada kemungkinan kebingungan dalam menggunakanya, mari kita simak.

Interface Pertama Setelah Login Webmail

Setelah Anda login pada halaman login webmail, maka Ada akan menemukan halaman berikut ini:
Ini adalah halaman utama setelah Anda masuk ke webmail, halaman ini berfungsi untuk konfigurasi identitas Anda, sama halnya dengan webmail client lainnya. Anda dapat melengkapinya dengan data-data Anda.

Lihat pada gambar diatas, ada beberapa kolom isian yaitu:

Full Name
Berfungsi untuk identitas nama Anda, pada penerima akan menggantikan alamat email dengan nama Anda

Reply To
Berfungsi ketika Anda mengirimkan email, kemudian penerima akan membalas email Anda kepada email yang Anda isikan pada kolom Reply To.

Signature
Berfungsi untuk keterangan pada akhir email yang Anda kirimkan

Untuk kolom dan pilihan lainnya, biarkan saja dengan kondis seperti itu. Jika Anda ingin memberikan garis pembatas antara isi email dan signature, ceklist pada Use Signature dan Prefix Signature with “-” line. 

Jika sudah mengisi data tersebut, klik sombol tombol submit paling bawah.

Interface Utama Squirrelmail

Setelah Anda mengklik submit, halaman utama webmail akan muncul, berikut tampilannya:
Dapat Anda lihat, pada area kiri terdapat menu standar, yaitu Inbox, Draft, Sent dan Trash. Pada area toolbar atas terdapat menu untuk menulis surat (compose), Kontak Email (Addresses), Folder, Options, Pencarian Email (Search) dan menu bantuan. Pada area toolbar bawah, terdapat menu untuk menandai email (flag/unflag), Menandai sudah dibaca atau belum (Read/Unread) dan meneruskan email (forward). Terdapat juga tombol hapus (delete) dan ceklistlah Bypass Trash jika Anda ingin melakukan penghapusan email secara permanent.

Menulis Email

Untuk memulai menulis email, klik tombol compose pada toolbar, maka Anda akan beralih pada halaman baru untuk menulis email:
Dapat Anda lihat pada gambar diatas, itu adalah tampilan ketika Anda akan menulis email. Fungsinya masih sama dengan yang lainnya. Namun bedanya adalah, terdapat fungsi prioritas dan adanya informasi jika penerima sudah membuka atau membaca email kita, fungsi tersebut akan berfungsi jika Anda mencentang pada isian Receipts.

Untuk melakukan Attachment file, caranya adalah Anda pilih dahulu file yang akan dikirimkan, kemudian klik tombol Attach. Tombol tersebut akan bertambah kolomnya jika Anda telah melampirkan satu (1) file. Setelah semua isi email siap dikirim, tekan tombol Send untuk mengirimkan email. Untuk melihat quota Anda, Anda dapat melihatnya pada toolbar bagian atas kanan. Jika selesai menggunakan email tersebut, jangan lupa Logout.

Demikianlah cara penggunan webmail client dengan squirrelmail. Sederhana namun fungsinya tetap sama khan? jika Anda belum terbiasa, sering gunakan aplikasi squirrelmail. Maka Akan terbiasa.

Terima kasih.
_rhiel_

Loading...
2 Comments

2 Comments

  1. Noor Rahman

    Oktober 26, 2017 at 10:01 am

    Terimakasih Gan.. sy udah bisa setting web mail

    • Rhiel.ID

      Oktober 27, 2017 at 2:43 pm

      Siapp .. 🙂
      Terima kasih kembali

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top