All for Joomla All for Webmasters
Hardware

Troubleshooting Network Wireless Adapter/WiFi

Terkadang dalam penggunaan sistem operasi windows kita menghadapi beberapa kendala. Salah satu kendala yang dihadapi adalah adanya error pada Network Wireless Adapter/Wifi. Terkadang Wifi tidak dapat digunakan, driver error, atau tidak terdeteksi.

Namun sebelum melakukan pengecekan terhadap adapter wifi, cek telebih dahulu apakah jaringan yang digunakan sudah terkoneksi dengan baik ke internet? jangan sampai sudah cek ini itu, ternyata jaringan internet nya bermasalah/tidak terkoneksi.

Biasanya wifi tidak dapat terkoneksi dengan internet karena beberapa masalah, misalkan proxy, static IP, dns error, salah password wifi, wifi adapter dalam kondisi disable/wifi tidak aktif, driver bermasalah, tidak dapat IP hingga adapter wifi yang rusak.

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai troubleshooting Network Adapter Wireless/Wifi namun bisa juga digunakan untuk troubleshooting pada jenis Ethernet/Kabel.

Anda dapat menggunakan cara-cara berikut ini untuk menyelesaikan permasalahan jaringan pada komputer/laptop Anda.

#Troubleshooting 1
Wifi tidak Aktif atau Dalam Airplane Mode

Pastikan Wifi pada laptop Anda dalam kondisi ON. Terdapat perbedaan pada laptop untuk mengaktifkan wifi, bisa berupa tombol, swtich on/off atau menggunakan tombol Fn+Fx (logo wifi pada keyboard). Atau pastikan juga Airplane Mode dalam kondisi Off.

Airplane ModeUntuk mengaksesnya Anda tinggal klik icon wifi pada taskbar, kemudian matikan Airplane Mode, dan nyalakan kembali wifi Anda.

#Troubleshooting 2
Menggunakan Fasilitas Troubleshooter Windows.

Cara nya adalah Klik kanan pada icon wifi > klik Open Network and Sharing Center. Kemudian akan terbuka jendela detail jaringan. Klik Change Adapter Setting > Akan muncul list komponen networking Anda.
Diagsetelah muncul list kemudian pilih wifi klik kanan > diagnose. Tunggu hingga pengecekan selesai.

Langkah ini digunakan apabila terjadi system failure dari sistem operasi windowsnya itu sendiri, windows akan melakukan pengecekan terhadap sistem mengenai kerusakan/error pada alat ataupun driver. Secara otomatis windows akan memperbaiki, jika windows menemukan permasalahan dan dapat memperbaiki nya, maka permasalahan selesai.

#Troubleshooting 3
Error Dari Proxy

Terkadang setiap jaringan berbeda-beda konfigurasi proxynya, ada yang menggunakan transparent proxy ada juga yang memasukkannya secara manual pada settingan IP. Penggunaan proxy ini untuk keamanan jaringan tersebut. Maka dari itu, kita harus melakukan pengecekan juga terhadap ada atau tidaknya proxy pada koneksi komputer Anda. Bukan hanya wifi, dengan menggunakan kabel pun biasanya bermasalah.

Cara melakukan pengecekannya adalah, masuk Control Panel > Internet Options. Akan muncul tab seperti pada gambar berikut:
Internet OptionTerdapat beberapa tab, untuk melihat konfigurasi proxy lihat tab Connection > Lan Setting. ProxyLihat pada gambar diatas, setelah Pilih Lan Setting maka akan muncul jendela detail Lan Setting, jika ada proxy pada kolom proxy server, unceklist. Anda bisa menonaktifkan ceklist pada menu-menu diatas, atau bisa dicoba juga untuk melakukan Automaticcaly detect setting jika memang ada proxy di jaringan Anda, klik tombol Ok untuk konfirmasi settingan.

#Troubleshooting 4
Adanya IP Static Yang Tidak Sesuai Dengan Segment Jaringan

Tidak tersambungnya koneksi internet bisa disebabkan juga oleh IP address yang dipasang secara static pada adapter Anda, biasanya suatu lingkungan memiliki segment IP tersendiri, misalkan ip kantor A 192.168.0.1/24 dan kantor B 192.168.100.1/24. Jika adapter pada komputer/laptop Anda disetting Obtain maka ip akan diterima secara otomatis dan terhubung ke Internet, jika disetting manual maka Anda harus menyetinggnya menjadi obtain atau merubah ip static sesuai dengan ip yang diberikan oleh Admin jaringan.

Klik kanan pada icon wifi Anda, kemudian pilih Open Network and Sharing Center. Kemudian klik Change Adapter Setting, pada wifi adapter klik kanan kemudian properties. Double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IP) maka akan muncul Jendela konfigurasi IP, jika terdapat IP maka pilih pada Obatain an IP Address Automatically.

ObtainPada gambar diatas, adalah settingan IP address untuk Obtain atau DHCP, untuk mencoba apakah dapat IP dari jaringan atau tidak, gunakan obtain IP agar dapat IP secara otomatis. Klik tombol Ok untuk mengkonfirmasi settingan.  

#Troubleshooting 5
Renew IP dan Flush DNS

Selain menggunakan cara DHCP pada Troubleshooting 4, Anda juga bisa menggunakan cara dibawah ini, bukalah Command Prompt atau CMD, CMD ini dapat Anda cari pada menu start di windows klik kanan kemudian Run As > Administrator.

CMD

Setelah muncul, ketik list berikut satu-persatu

  • ipconfig /flushdns
  • ipconfig /release
  • ipconfig /renew

Script diatas untuk merefesh DNS pada komputer Anda, dan melakukan request ulang untuk mendapatkan IP secara otomatis, namun pada settingan IP harus dalam kondisi obtain.

#Troubleshooting 6
Services Network Terhenti

Cara berikutnya adalah mengecek services pada windows, apakah layanan tersebut berjalan atau tidak. Untuk mengaksesnya adalah tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda secara bersamaan. Maka akan muncul Kotak Dialog “Run”, kemudian ketikkan services.msc kemudian tekan Enter.

ServicesMaka akan muncul jendela baru yaitu Services. Pada area kanan terdapat banyak list services yang digunakan oleh windows, sekarang Anda cari komponen Name sebagai berikut:

  • Network Connection
  • DHCP client
  • DNS client
  • TCP/IPNetBIOS Helper,
  • SSDP Discovery
  • Network List Service
  • UPnP Device Host
  • Wired AutoConfig
  • Wlan AutoConfig

point-point diatas adalah services yang digunakan untuk menjalankan koneksi/internet dikomputer/laptop Anda, pastikan komponen tersebut dalam posisi Running atau dalam kondisi standby/Manual. Jika tidak, maka klik kanan pada komponen tersebut kemudian pilih menu Start.

#Troubleshooting 7
Driver Tidak ada atau Driver Error

Jika ini terjadi, maka Anda harus melakukan instalasi Driver pada komponen jaringan Anda, khususnya WiFi. Gunakan CD Driver installer yang diberikan ketika Anda membeli laptop, jika sudah diinstall Anda bisa menghapusnya dahulu kemudian install lagi jikalau ada kemungkinan driver wifi Anda mengalami crash. Untuk mengeceknya, masuk pada Control Panel > Device Manager,

DeviceCek juga apakah Ada Wireless Network Adaptor pada list Device Manager Anda. Sebelum melakukan refreshing/uninstalling Driver, pastikan Anda sudah memiliki Driver Wifi tersebut jangan sampai hilang dan tidak dapat diinstal kembali.

#Troubleshooting 8
Cek Konfigurasi Power Management

Hal yang sepele kadang membuat pusing, konfigurasi ini jarang digunakan namun bisa saja menjadi permasalahan Anda. Power Managemen pada wifi secara default dalam kondisi nonaktif untuk menghemat daya baterai, Anda bisa mencoba untuk dinonaktifkan terlebih dahulu.

Caranya adalah, Control Panel > Network and Sharing Center > Change Adapter Setting, kemudian pilih Wifi klik kanan > Properties > Configure > Power Management

Power ManagementUnceklist pada Allow the Computer to turn off this device to save power. Maksud dari windows ini baik, namun bisa berakibat WiFi nonaktif dalam kondisi hemat baterai.

#Troubleshooting 9
Adaptor Wifi Rusak

Ini langkah akhir jika langkah-langkah diatas masih tidak bisa menyelesaikan permasalahan. WiFi adapter pada laptop Anda mengalami kerusakan, tapi cek dahulu kedua kabel yang menempel dalam kondisi terhubung atau belum. Coba lepas dan pasang kembali. Juga socketnya, lepas dahulu bersihkan kemudian pasang kembali.

WiFiJika sudah dicoba cabut dan pasang kembali, coba nyalakan lagi laptop Anda. Apakah sudah terdeteksi? jika masih belum. Berarti Adapter memang sudah rusak. Gantilah Adapter Anda dan kemudian pasang pada socketnya kembali.

Semoga berhasil!

_rhiel_

5 Comments

5 Comments

  1. hp photosmart c4580 driver download

    Oktober 16, 2017 at 11:59 am

    Thank you for the auspicious writeup. It in truth wwas once a entertainment account it.
    Look complicated tto more added agreeable from you!
    However, hhow can we communicate?

  2. android app market

    Oktober 23, 2017 at 4:10 pm

    Howdy! Ꮤould you mind if Ι share yօur blog wіth my twitter groᥙp?
    Theге’s a lot ߋf folks tһat І think would really appreⅽiate
    yoսr ϲontent. Plеase let me know. Tһank yοu

    • Admin

      Oktober 23, 2017 at 4:30 pm

      Sure 🙂
      Thank you

  3. Alfie

    Desember 14, 2017 at 9:51 am

    I believe that is one of the most vital injfo for me.
    And i’m glad syudying your article. However wanna clmmentary
    on some normal things, The web site style is ideal,
    the articles is actually excellenmt : D. Good
    job, cheers

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top