Rhiel ID

Smartphone

Trend Teknologi Smartphone Tahun 2017

Semakin berkembangnya teknologi informasi pada tahun 2017 ini tidak menutup kemungkinan semakin berkembanya pula teknologi dalam teknologi smartphone, sudah barang tentu teknologi yang terdapat dalam smartphone mengadopsi teknologi sekarang ini. Misalnya semakin cepat processor yang terdapat dalam komputer atau semakin canggihnya graphic dalam bermain video game.

Industri smartphone ikut andil dalam perbaikan atau penambahan fitur kecepatan maupun kualitas layar yang mereka pasang terhadap smartphone buatan mereka. Dengan semakin banyak nya persaingan, maka perusahaan smartphone terus melakukan perbaikan atau menambahkan fitur-fitur terbaru agar dapat menarik peminat dan dapat bersaing dalam dunia smartphone.

Dalam artikel kali ini, kami memandang ada beberapa trend teknologi yang dimiliki oleh smartphone, dan smartphone pada saat ini bukan hanya berfungsi sebagai media komunikasi namun juga sebagai media hiburan dan kontroller.

Apa saja yang menjadi trend teknologi smartphone pada tahun 2017 ini, berikut penjelasannya:

  • IoT dan Rumah Pintar

    Revolusi internet yang akan menjadikan sesuatu dari Internet of Things telah menghasilkan teknologi terbaru, yaitu smart home atau rumah pintar. Para pengembang sudah menciptakan alat untuk kebutuhan rumah tangga dengan menggunakan koneksi internet melalui cloud yang terhubung dengan smartphone pemiliki rumah. Rumah Anda dapat Anda kontrol dari jarak jauh, mulai dari menyalakan lampu, mengecek cctv hingga sistem keamanan lainnya.

  • Layar Lipat

    Komponen output dalam smartphone salah satuna adalah layar, dan inovasi yang kini sedang trend adalah layar lipat. Layar dengan sistem yang fleksibel dapat digunakan sebagai jam tangan, atau hanya dibengkokan sedikit. Pada awalnya google dan LG melakukan demo layar fleksible ini, namun belakangan ini perusahaan lain seperti samsung, apple dan lenovo ikut dalam menciptakan layar fleksibel ini. Pada beberapa tipe, tidak semuanya dapat dilipat dengan sempurna tanpa sambungan, ada juga tipe tertentu yang masih menggunakan 2 engsel pada area tengahnya, sehingga dapat dilipat.

  • Audio Nirkabel


    Hilangya port audio awalnya tidak disukai oleh konsumen, bagaimana tidak. Paket smartphone pada umumnya disertai dengan headset kabel. Para produsen berharap dengan tidak adanya port audio, desain smartphone dapat lebih tipis lagi bahkan sangat ringan, dan audio dikoneksikan melalui bluetooth. Namun ternyata banyak produsen mengikuti hal serupa, hingga akhirnya bermunculan smartphone dengan model-model tanpa port audio.

  • Chip Super Cepat

    Semakin banyaknya aplikasi atau mungkin diperlukannya multitasking dalam penggunaan smarphone, maka kecepatan pada smartphone menjadi hal yang penting dalam pengguanannya. Dalam hal ini, produsen chip smartphone sudah banyak menciptkan chip-chip yang lebih cepat dari sebeumnya. Tentunya pada kelas-kelas premium, karena harga sudah pasti akan berbeda dengan chip dengan speed yang standar.

  • Merebaknya VR (virtual reality) dan AR (augmented reality)

    Dengan berkembangnya chip dengan kecepatan yang tinggi, maka speed tersebut menunjang akan teknologi yang sedang ramai saat ini, yaitu Virtual Reality dan Augmented Reality. Awalnya sistem ini masih terbatas, hanya dapat digunakan oleh Samsung, namun saat ini sudah banyak produsen mengeluarkan jenis-jenis alat untuk menunjang teknologi VR ini. Teknologi ini dapat dinikmati oleh smartphone kelas menengah, karena diperlukannya kecepatan dalam menampilkan dan memproses data. Sama halnya dengan teknologi AR, dalam dunia pendidikan AR ini jika dimanfaatkan dengan baik, akan menjadi daya tarik anak dalam belajar dengan visual yang nyata. Misalkan belajar mengenai planet atau mengenai benda.

  • Satu handphone dengan dual camera

    Belakangan ini sudah banyak kehadiran smartphone dengan fitur dual camera mulai tampak pada smartphone seperti Huawei, Xiaomi, VIVO, maupun iPhone 7 series yang sudah mulai hadir di tahun 2016. Namun fasilitas ini masih dapat ditemui pada smartphone kelas atas. Dengan adanya dual camera pada smartphone tersebut, maka hasil gambar yang dihasilkan oleh teknologi dual camera bisa bersaing dengan kamera DSLR karena mampu menyamai kecepatan dan kualitas SLR.

  • Layar 4k dan Edge Display

    Saat ini sudah ada smartphone yang menggunakan layar dengan resolusi 1.440 x 2.560 pixel, misalnya LG dan Samsung Galaxy. Dan layar egde atau tanpa bezel dipopulerkan oleh Samsung Edge series, yang menjadikan layar menjadi luas tanpa mengurangi fungsi dalam pengunaan smartphone tersebut. Dengan layar yang jernih jika Anda mencoba mengambil gambar akan terlihat seperti tembus pandang.

  • Lock / Unlock Menggunakan Retina dan Sidik Jari

    Bukan hanya di laptop ataupun sistem mesin absensi, teknologi pemindai retina mata dan sidik jari sudah diadopsi oleh smartphone. Salah satu produsen yang mengusung teknologi ini adalah Samsung, dengan adanya pemindai retina atau sidik jari Anda dapat menggunakan teknologi tersebut untuk mengamankan smartphone Anda.

  • Otomatisasi dan Kecerdasan Buatan

    Bisa dikatakan Cortana, Google Now dan Siri yang mengusung teknologi ini. Meskipun masih adanya kekurangan dalam penggunaannya. Dengan adanya teknologi otomatisasi tersebut, Anda dapat melakukan pencarian atau melakukan suatu fungsi hanya dengan mengucapkan kalimat perintah pada smartphone Anda. Begitu pula kecerdasan buatan, teknologi ini digunakan produsen untuk menciptakan aplikasi yang dapat beroperasi sendiri dengan otomatis, kita sebut saja salah satu aplikasi navigasi Waze, Waze adalah salah satu aplikasi navigasi yang dapat menghitung dan memperkirakan jalur yang akan kita lewati.

Demikianlah artikel trending teknologi pada smartphone pada tahun 2017 ini, dan ditahun yang akan datang pasti akan bermunculan teknologi canggih lainnya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top