All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

Operating System

Tips Agar Androidmu Tetap Aman

Sobat rhiel.web.id, Smartphone dengan OS Android sudah sangat marak digunakan dimancanegara. Mungkin termasuk sobat salah satunya. Kemudahan dan banyaknya aplikasi gratis yang dapat di unduh, menjadi salah satu komponen penting bagi pengguna. Namun sobat, dengan banyaknya aplikasi gratis yang bisa diunduh, pernahkah sobat memperhatikan keamanannya? data penting yang tersimpan di smartphone, atau data-data penting lainnya, amankah? jika terjadi kehilangan? bagaimana?

Untuk menjaga agar smartphone sobat tetap aman dan terjamin, ada beberapa tips untuk menjaga keamanan yang disarankan, namun tidak semua Android memiliki cara yang sama seperti tips yang akan penulis jelaskan.

Pasang Kunci Layar (Screen Lock)

Amankan smartphone sobat dengan menggunakan metode PIN, Password ataupun Pola. Jika sobat mengaktifkan fungsi ini, maka setiap sobat akan membuka smartphone sobat, sobat akan diminta otorisasi.

konfigurasi ini tersedia pada

Setelan -> Keamanan -> Kunci Layar

Pengelola Perangkat Android (Android Device Manager) Harus Dalam Keadaaan “ON”

Untuk antisipasi jika terjadi kehilangan smartphone sobat. Aktifkan Pengelola Perangkat Android (Android Device Manager). Pastikan sobat masuk dengan akun google dan aktifkan fitur “Cari Lokasi Perangkat dari Jarak Jauh” dan “Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh”. Untuk melakukan ujicoba apakah sudah aktif, silahkan kunjung web berikut:device_manager

https://www.google.com/android/devicemanager

Backup Data

Backup data sobat, dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau pun menggunakan google cloud. Backup data ini memudahkan sobat untuk memulihkan data jika hilang, rusak, ataupun dicuri.

Tambahkan Info pada Layar Utama

Sobat dapat menambahkan informasi data sobat pada layar utama. Misalkan nama lengkap, no telp ataupun email. Penambahan info ini agar bisa mendapatkan informasi mengenai smartphone yang ditemukan oleh orang lain.

konfigurasi ini tersedia pada

Setelan -> Keamanan -> Info Pemilik

Enkripsi

Sistem ini membantu mengamankan data jika sobat kehilangan smartphone sobat. Perangkat. Data akan dienkripsi oleh sistem, jika otorisasi gagal, maka Data tidak dapat dibuka.

konfigurasi ini tersedia pada

 Setelan > Keamanan > Enkripsi ponsel.

_ rhiel _

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top