All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

Blogging

Tipe Unit iklan dalam AdSense

Jika Anda sebagai AdSense Publisher, Anda sudah tentu akan memasang iklan pada situs Anda. AdSense memberikan 3 tipe dalam penggunaan tipe iklannya. Setiap tipe iklan tersebut harus Anda posisikan. Anda perlu mengenai tipe-tipe iklan ini sebagai acuan lokasi penyimpaan iklan pada situs Anda.

Setiap tipe iklan tersebut memiliki berbeda-beda kriteria dalam penampilan iklannya. Bisa berupa Teks Ads, Multimedia Ads dan Link Ads. Kita tidak akan membahas mengenai jenis iklan yang ditampilkan, tapi membahas mengenai tipe iklan yang akan ditampilkan pada situs Anda sesuai dengan penempatannya.

Mengenai tipe iklan ini pernah dibahas pada artike sebelumnya, namun akan dibahas secara terperinci dan contoh hasil implementasi pada situs web yang sudah dipasang iklan tersebut.

Untuk memulainya, silahkan login pada situs google adsense kemudian klik “My Ads” kemudian klik “New Ad Unit” , maka Anda akan menemui halaman pemilihan tipe-tipe iklan, lihat pada gambar:  

dari gambar diatas, terdapat 3 tipe iklan berdasarkan penempatan posisinya, lalu bagaimana implementasinya? mari kita bahas:

Text & Display Ads

Tipe ini adalah tipe umum pada iklan, berupa banner yang berisikan teks atau gambar, bahkan video. Anda dapat menggunakan ini untuk penempatan di bagian atas, sidebar, atas artikel bawah artikel atau sesuai dengan keinginan Anda. Pada tipe ini, iklan yang ditampilkan dapat dirubah ukurannya sesuai dengan lokasi penyimpanan, dapat berupa kotak dan segi panjang dengan posisi horizontal atau vertikal.

Contoh implementasi penggunaan text & display ads pada posisi header
Text & Display Ads

In-Feed Ads (native infeed)

Iklan unik ini dapat Anda posisikan pada list artikel, hasil pencarian atau list kategori. Iklan tersebut akan menyesuaikan dengan ukuran area halaman tersebut. Iklan yang muncul pada tipe ini adalah gambar dan intro artikel beserta tombol link untuk menuju ke link iklan tersebut. Sangat unik dan menarik, Anda dapat mencobanya untuk mengembangkan tipe penempatan iklan pada situs Anda.

Contoh penempatan pada list kategori artikel
In-Feed Ads

In Article Ads (native inarticle)

Pada tipe ini, sebetulnya bisa juga menggunakan Text & Display Ads. Namun ada perbedaan dalam tipe iklan ini, iklan in article ads dikhususkan penempatannya pada artikel. Ukuran pada tipe ini akan menyesuaikan dengan area artikelnya dan Anda dapat menentukan dimana penempatannya, misalkan setelah paragraf ke 2 atau ke 3.

Contoh penempatan pada area artikel
In Article AdsBagaimana? sekarang Anda sudah dapat membedakan antara ke 3 tipe iklan Google AdSense tersebut bukan? jika Anda menggunakan ke 3 tipe ini, pasti iklan Anda akan lebih bervarasi. Penasaran untuk mencobanya? cobalah implementasikan kedalam situs Anda.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top