Hardware

Spesifikasi Mikrotik Routerboard CCR1016-12G

AKelancaran proses pertukaran data, atau penggunaan internet di suatu instansi adalah kebutuhan yang seharusnya dipenuhi. Penggunaan jenis router tertentu juga menjadi syarat akan kelancaran transaksi data tersebut. Pada artikel lalu, sudah dibahas mengenai Spesifikasi Mikrotik RB941-2nD-TC (hAP-Lite2) , spesifikasi ini cukup untuk keperluan rumahan maupun kantor dengan skala yang kecil, lalu bagaimana jika untuk skala besar? misalnya kantor, sekolahan yang digunakan untuk ujian dan hostpot untuk siswa?

Jika user Anda jumlahnya sangat banyak, ada baiknya spesifikasi router pun juga harus disesuaikan. Mikrotik sudah mengeluarkan jenis-jenis router dengan tipe-tipe tertentu.

Untuk kali ini, saya akan membahas mikrotik routerboard tipe Cloud Core Router. Cloud Core Router merupakan produk unggulan dari Mikrotik yang memiliki performance hardware sangat tinggi dan harganya tidak terlalu mahal, untuk harga saat ini sekitar 8jutaan.

Mari kita lihat bentuknya

Dapat dilihat, pada gambar diatas CCR1016-12G sudah berjenis Rackmount 1U, dapat dipasangkan ke rackserver Anda. Produk CCR harus menggunakan RouterOS Versi 6.xx yang sudah mengimplementasikan 64bit sehingga RAM yang dipasang didalamnya bisa diupgrade hingga 16GB.

Saat ini tahun 2019, ada sedikit perbedaan dari versi CCR1016-12G tahun sebelumnya yaitu pada tampilan depan dengan tambahan usb dan adaptor supply berjumlah 2, pada router sebelumnya tidak ada usb port, dan adaptor hanya ada 1

Terdapat perbedaan pada area depan, namun perbedaan tersebut tidak mengurangi spesifikasi hardware. Berikut adalah spesifikasi detailnya:

Product CodeCCR1016-12G
ArchitectureTile
CPUTilera Tile-Gx16 1.2GHz 16 Cores
Current MonitorYes
Main Storage/NAND512MB
RAM2GB Sodim
SFP Ports0
LAN Ports12
GigabitYes
Switch Chip0
MiniPCI0
Integrated WirelessNo
MiniPCIe0
SIM Card SlotsNo
USB1
Power on USBYes
Memory Cards0
Memory Card TypeNo
Power Jack110/220V
802.3af SupportNo
POE InputNo
POE OutputNo
Serial PortDB9/RS232
Voltage MonitorYes
Temperature SensorYes
Dimentions1U case: 355x145x55mm
Operating SystemRouterOSv6
Temperature Range-20C .. +45C
RouterOS LicenseLevel6

Mari kita lihat spesifikasi dari dalamnya dengan menggunakan winbox

Dengan spesifikasi seperti itu, networking seperti apa yang bisa ditangani? bisa dijawab sendiri, atau silahkan melakukan ujicoba di tempat masing-masing, dan silahkan share disini.

Selama pengalaman saya menggunakan CCR1016-12G versi lama, sampai saat ini baik-baik saja. Digunakan untuk ujian dengan jumlah siswa banyak, dan digunakan juga keperluan networking lainnya. Masih aman, belum pernah hang ataupun overprocess.

Demikian penjelasan singkat mengenai CCR1016-12G, terima kasih

_rhiel_


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top