All for Joomla All for Webmasters
General Article

Speedtest dengan Google Search

Google terus mengembangkan aplikasi dan selalu menciptakan hal unik. Seperti yang kita tahu, google adalah mesin pencari terbesar didunia. Selain itu, aplikasi yang terkenal lainnya adalah Android, yang selalu melakukan pemutakhiran terhadap sistemnya. Dan seperti yang kita tahu, selain perangkat lunak, google juga sedang mengembangkan perangkat keras yaitu berupa jaringan internet yang dinamakan dengan google fiber. Google fiber ini ketersediaannya masih terbatas.

Meskipun kita tidak menggunakan google fiber, namun kita bisa menggunakan aplikasi speedtest yang disediakan oleh google. Alat ini sangat sederhana namun powerfull, dengan penggunaan yang mudah dan cepat, Anda tinggal mengklik tombol “Mulai” untuk memulai test speed internet yang Anda gunakan sekarang.

Pengujian tersebut, secara otomatis akan melakukan ujicoba koneksi ke Meassurement-Lab (M-Lab) sebagai server utama melakukan pengujian koneksi. M-Lab melakukan pengujian dan mempublikasikan hasil pengujian untuk melakukan riset dalam bidang internet. Informasikan yang dipublikasikan mencakup alamat IP setiap perangkat, tetapi tidak menyertakan informasi tentang Anda sebagai pengguna internet.

Karena lokasi server uji kecepatan google speedtest ini berada di negara luar, ada kemungkinan ketika Anda melakukan ujicoba ini, hasilnya dapat Anda lihat secara cepat, namun mengenai hasil ujicoba kecepatannya tidak begitu tepat atau bahkan mungkin bisa sangat tepat.

Bagaimana cara mengaksesnya?

untuk melakukan hal ini caranya sangat mudah, Anda ketik speedtest pada kolom mesin pencarian google, maka Anda akan mendapatkan sebuah kotak muncul tepat dibawah kolom isian penelusuran dan menginformasikan kepada Anda bagaimana cara kerja speedtest tersebut.

Pada gambar di atas, dapat Anda lihat muncul kotak informasi mengenai ujicoba speedtest tersebut. Untuk memulai ujicoba kecepatan internet Anda, klik tombol “Jalankan Uji Kecepatan” tunggu hingga hasilnya muncul. Seperti yang kita tahu, aplikasi untuk ujicoba kecepatan itu sangatlah banyak. Dan Google Speedtest ini adalah salah satu solusi untuk melakukan ujicoba kecepatan internet Anda yang dapat Anda akses secara mudah dan cepat.

Simak video berikut:

Produk unik apa lagi yang akan dikeluarkan oleh google?
kita akan lihat nanti 🙂

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top