All for Joomla All for Webmasters
General Article

Sistem Pembayaran pada E-Commerce

E-Commerce atau Elektronik Commerce adalah suatu model bisnis yang menggunakan pembayaran secara elektronik di mana pembayaran elektronik mengacu untuk mengurangi penggunaan kertas. Saat ini pembayaran secara elektronik telah berevolusi dan terus berkembang seiring dengan banyaknya kebutuhan dan cara untuk melakukan pembayaran, evolusi tersebut berguna agar memudahkan transaksi yang terjadi dalam e-commerce. Selain kemudahan dalam melakukan transaksi keuntungan dalam menggunakan sistem pembayarane-commerce adalah untuk meminimalisir biaya transaksi, proses waktu dan biaya tenaga kerja. Apa saja sistem pembayaran dalam e-commerce? simak point-point berikut.

Credit Card

Pembayaran menggunakan kartu kredit adalah salah satu cara yang paling umum dan paling sering digunakan untuk melakukan pembayaran elektronik. Kartu kredit adalah kartu plastik kecil dengan nomor seri unik yang tertera dengan nama pemilik. Selain kode unik dan nama komponen lainnya adalah adanya garis strip magnetik yang tertanam di dalamnya di mana magnetik tersebut digunakan untuk membaca kartu kredit melalui pembaca kartu. Ketika pelanggan membeli produk melalui kartu kredit, penerbit kartu kredit bank yang membayar atas nama pelanggan dan pelanggan memiliki jangka waktu tertentu, kemudian dapat membayar tagihan kartu kredit tersebut sesuai transaksi yang dilakukannya. Sistem penagihan kartu kredit biasanya bulanan yang ditagihkan kepada pemiliknya secara bulanan.

Debit Card

Kartu debit, kartu ini sama halnya dengan kartu kredit namun perbedaannya adalah penagihan tersebut langsung dipoting dari saldo yang Anda miliki di Bank tersebut. Dalam hal ini Anda diharuskan untuk memiliki rekening bank sebelum mendapatkan kartu debit dari bank. Saat melakukan transaksi Anda harus memiliki saldo yang cukup di rekening bank untuk melakukan.

E-Money

Jenis pembayaran lainnya adalah dengan menggunakan E-Money, e-money ini mengacu pada situasi di mana pembayaran dilakukan melalui jaringan dan jumlah yang ditransfer dari satu lembaga keuangan untuk lembaga keuangan lainnya. Transaksi ini memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi yang lebih cepat, nyaman dan menghemat banyak waktu.

Saat ini, di Indonesia sudah banyak lembaga keuangan hinggan non-keuangan yang memberikan layanan E-money, Anda harus menyimpan saldo pada kartu tersebut degan cara mengisinya terlebih dahulu sesuai dengan kartu dan bank yang Anda pilih. Contoh penggunaan e-money ini adalah sistem pembayaran untuk jalan tol. Dengan adannya Toll Card maka setiap pengguna jalan tol dapat melaukan transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu e-money tersebut, keuntungannya adalah Anda tidak perlu menyiapkan uang fisik untuk membayar seperti yang kita tahu, dengan pembayaran manual tersebut akan memakan waktu yang menyebabkan kemacetan pada pintu tol keluar.

Electronic Transfer

Yang terakhir ini adalah metode pembayaran elektronik yang sangat populer untuk mentransfer uang dari satu rekening bank ke rekening bank lainnya. Account tersebut bisa pada bank yang sama atau bank yang berbeda. Sistem transfer dana ini dapat dilakukan dengan menggunakan ATM (Automated Teller Machine), smartphone hingga menggunakan komputer dengan mengakses situs keuangan tersebut, misalnya klik bca.

Dalam melakukan transfer ini, biasanya pelaku bisnis/penjual memberikan rekening untuk menerima pembayaran dari user. Namun, perlu diperhatikan juga ke absahan dan kebenaran dari pemilik rekening, jangan sampai Anda tertipu oleh penjual yang membuat Anda rugi.

SmartCard

Saat ini teknologi smart card semakin canggih, smartcard memiliki chip mikroprosesor kecil tertanam di dalamnya, chip tersebut memiliki kapasitas untuk menyimpan informasi. Smart card digunakan untuk menyimpan uang yang dikurangi sesuai penggunaan. Selain inforasi uang yang terdapat dalam memori, dapat juga menyimpan informasi lainnya, misalnya informasi pribadi.

Pengembangan dari sistem teknologi ini yang paling terkenal saat ini adalah NFC (Near Field Communication) adalah interkoneksi wireless generasi baru. Fungsi dari teknologi ini belum begitu populer dan masih sering digunakan untuk mentransfer data misalnya absensi. Namun ada juga yang sudah menggunakan NFC ini sebagai media untuk transaksi pembayaran. Contoh implementasi NFC pembayaran, pengguna cukup mendaftarkan kartu kredit/debit dapat menggunakan sistem pembayaran dengan Google Wallet, Paypal, dan layanan payment getaway lainnya. Setelah otorisasi dengan pihak perbankan, pengguna tinggal mengaktifkan NFC yang ada di smartphone Anda. Cara kerjanya adalah, pengguna cukup mendekatkan smartphone yang memiliki fasilitas NFC tersebut ke mesin sensor pembayaran. Kemudian kedua perangkat akan bertukar data dan bila verifikasi sukses, maka mesin kasir akan menyatakan transaksi berhasil.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top