General Article

Sistem Informasi PPDB & PMB Online Terintegrasi

Pada artikel kali ini saya akan memperkenalkan aplikasi yang sudah digunakan oleh instansi kami dan Alhamdulillah sudah tahun ke 4 ini kami menggunakannya secara konsisten, dan terus mengembangkan sistem yang dimiliki, hingga akhirnya sudah terintegrasi dengan sistem Test Seleksi Masuk (TSM) berbasis website.

Sebelumnya sudah memiliki sistem pendaftaran online, namun sistemnya masih terpisah, jadi aplikas itu hanya pendaftaran saja yang kemudian menjadi output dokumen fisik.

Dengan adanya aplikasi ini, maka perjalanan data pun lebih smooth dan terstruktur. Kemudahan yang diberikan oleh sistem ini adalah, user input data secara mandiri, dan adanya pengecekan atau validasi dari petugas administrasi (TU) yang memvalidasi data awal. Karena mulai tahun 2019, kami sudah menggunakan pembayaran secara VA. Jadi orang tua/calon peserta didik hanya 1 kali datang ke sekolah untuk melakukan validasi data dan untuk memperoleh nomor peserta ujian.

Singkat saja penjelasannya, berikut ini adalah tampilan dari kedua aplikasi tersebut:

Sistem Informasi PPDB & PMB Online

Halaman Awal

Pada gambar diatas, adalah tampilan halaman depan yang menginformasikan tata cara pendaftaran online, halaman login user/admin dan Link untuk isian form. Link tersebut dapat dinonaktifkan dan diaktifkan sesuai dengan kebutuhan.

Tampilan Form Isian

Link unit sekolah yang aktif, dapat diklik kemudian link kehalaman Formulir Pendaftaran. User akan menerima email pertama yang berisi bahwa sudah terdaftar dan disimpan di database.

Loading...

User tidak dapat melanjutkan cetak kartu atau print dokumen lainnya, karena harus melakukan pembayaran terlebih dahulu dan melakukan verifikasi pendaftaran.

Pada gambar diatas adalah halaman Admin / Petugas TU untuk mengelola data pendaftar. Mulai 2019 ini, ada menu baru yaitu Validasi Virtual Account (VA), menu ini diperlukan untuk melakukan pengecekan apakah user dan emailnya valid atau tidak. Karna banyak juga data-data aneh atau iseng-iseng mengisi data.

Jika sudah di validasi oleh petugas/TU, maka user akan menerima email ke 2 yang berisi username, password dan nomor virtual account.

Sebelumnya, untuk VA tersebut harus bekerja sama dahulu dengan bank. Karena user akan membayar secara VA yang akan secara otomatis divalidasi oleh bank, dan kemudian menginformasikan kepada petugas TU bahwa user tersebut sudah membayar.

Jika sudah melakukan pembayaran, maka user datang ke kampus/sekolah untuk melakukan validasi data dan pengecekan pembayaran. Setelah valid, maka user mendapatkan nomor peserta test ujian masuk dan dapat mencetak kartu ujian.

Aplikasi Test Seleksi Masuk (TSM)

Setelah semuanya sudah terdata dan kuota terpenuhi, maka mulailah untuk melakukan test seleksi masuk (TSM). User akan mendapatkan jadwal sesuai dengan gelombang yang diikutinya. Adapun pelaksanaan TSM ini adalah di lab komputer, dengan menggunakan PC atau kita sering menyebutnya dengan CBT (Computer Base Test). PC telah disediakan dan siap digunakan. Dan jangan lupa, harus menyiapkan juga infrastrukturnya, seperti jaringan dan server.

Berikut adalah tampilan user / peserta

Halaman Awal CBT

User login menggunakan username, kode dimasukkan ketika ujian akan dimulai dan diberikan oleh pengawas ruang ujian.

Halaman Soal

Pada gambar diatas, adalah halaman isian berupa pilihan ganda. Ada beberapa tipe pada ujian, untuk meminimalisir user lain melihat jawaban dari peserta lainnya.

Halaman Admin

Gambar di bawah ini adalah contoh ujian harian yang biasa kami lakukan, tampilannya tidak jauh berbeda dengan Test Seleksi Masuk, hanya berbeda mata pelajarannya, dapat di ubah sesuai dengan kebutuhan.

Halaman Admin

Di halaman admin, Kita dapat melihat siapa nilai terbaik pada ujian tersebut. Selain itu masih banyak fungsi yang bisa digunakan pada halaman admin, tentunya ada halaman untuk upload soal, upload data peserta, analisis soal, dan lain sebagainya.

Halaman Admin

Dengan adanya sistem ini, kami mendapatkan banyak kemudahan mulai dari PPDB & PMB hingga hasil akhir (TSM) dengan cepat, karena perhitungan nilai bisa didapatkan langsung setelah TSM selesai.

Aplikasi ini dikembangkan oleh tim ICT kami, jadi tidak dapat didownload secara bebas. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Kontak kami.

Terima kasih

_rhiel_


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top