All for Joomla All for Webmasters
Basic Computing

Setting RainLoop Webmail

Rainloop webmail adalah salah satu webmail client terbaik. Rainloop ini berbasis open source, memiliki tampilan yang modern, cepat dan dapat melayani banyak akun email. Rainloop tidak menggunakan database khusus ada database namun hanya untuk kontak dan settingan, aplikasi ini langsung mengambil source berdasarkan protokol SMTP dan IMAP yang berasal dari remote server email.

Fitur yang dimiliki rainloop antaralain:

  • Modern, dengan tampilan yang minimalis dan modern, Anda dapat juga melakukan drag & drop file pada attachment, memasukkan gambar dalam pesan email Anda, shorcut keyboard, multibahasa, dll
  • Custom, user dapat merubah identitas mereka, merubah password, dan mengganti theme
  • Sosial Login, dapat integrasi dengan facebook, google, dan twitter.
  • Sederhana, rainloop memberikan navigasi yang mudah dicari, dan tombol fungsi yang sesuai
  • Keamanan, terdapat builtin program untuk membersihkan html yang memiliki script berbahaya untuk mencegah serangan. Selain itu, terdapat perlindungan dari serangan CSRF
  • Ektensibilitas, terdapat sistem plugin yang menyediakan fitur khusus, seperti merubah password, alamat global, contact, dll
  • Performansi, aplikasi ini dirancang sedemikian rupa hingga dapat berjalan dengan baik dan cepat. Aplikasi ini menggunakan memory dengan efisien, sehingga dapat bekerja dengan baik pada pc yang memiliki spek low end, dan dapat berjalan dengan baik pula jika Anda menggunakan smartphone.

Darimana Anda bisa mendapatkan rainloop?

rainloop ini dapat Anda download secara gratis pada website officialnya yaitu http://rainloop.net. Rainloop dapat berjalan dengan menggunakan webserver apache. Jika Anda membeli paket hostingan, rainloop ini dapat Anda temukan pada softaculous atau software installer cpanel.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pemasangan dan konfigurasi rainloop pada hostingan Anda. Harus Anda ketahui, secara default pada cpanel juga sudah menyediakan webmail standar yaitu Horde dan SquirrelMail.

Untuk memasang aplikasi rainloop ini, Anda harus membuat dahulu subdomainnya. Misalkan email.domainanda.com atau surel.domainanda.com tidak boleh menggunakan domain yang sudah default digunakan, yaitu: mail.domain.com dan webmail.domain.com karena akan menimpa sistem eksisting yang digunakan oleh cpanel.

Setelah membuat domain, Anda buka softaculous kemudian cari rainloop, setelah itu install sesuai dengan domainnya, dan masukkan user admin untuk mengelola rainloop. Karena kita harus melakukan konfigurasi agar dapat tersambung dengan baik antara rainloop dengan sistem server.

Jika sudah, lakukan login admin pada rainloop, menggunakan url misalkan subdomainnya surel, maka:

surel.domain.com/?admin 

lakukan login pada halaman tersebut, kemudian Anda akan masuk pada backend rainloop.
Pada halaman inilah, Anda sebagai admin mengkonfigurasi agar rainloop webmail client ini dapat berjalan dengan lancar. Kita akan membahas mengenai konfigurasinya:

General

Berfungi untuk settingan bahasa, tema utama, dan settingan kustomisasi lainnya, juga layanan untuk maksimal attachment file.

Login

Berfungsi untuk setting default domain website Anda, isikan nama domain pada kolom Default Domain kemudian centang pilihan Try to determine user domain. 

Branding

Berfungsi untuk setting Judul aplikasi, loading deskripsi ketika login dan merubah favicon webmail rainloop.

Login

Berfungsi untuk setting defaul domain website Anda, isikan nama domain pada kolom Default Domain kemudian centang pilihan Try to determine user domain. 

Contact

Berfungsi untuk konfigurasi, apakah diperbolehkan untuk memiliki kontak list email, dan apakah diperbolehkan untuk mengambil dari CardDav server? centang saja pada Enable Contact agar setiap user memiliki buku kontak.

Domains

Disinilah koneksi antar server bekerja, hapus domain yang tidak diperlukan. Kemudian tambahkan domain baru dengan mengklik Add Domain. Akan muncul kotak dialog untuk pengisian domain baru. Setting Imap dan SMTP berdasarkan cpanel Anda. Secara default konfigurasinya adalah seperti ini:

IMAP : mail.domain.com port 993 (ssl/tls)
SMTP : mail.domain.com port 465 (ssl/tls)

untuk pilihan short login, Anda boleh mencentangnya atau tidak. Itu hanya pemendekan dari username yang dimasukkan. Misalnya, jika tidak dicentang maka user harus memasukkan username secara lengkap user@domain.com jika dicentang maka hanya user saja yang dimasukkan.

Security

Berfungsi untuk setting keamanan, seperti Allow 2-step verification, use local proxy, merubah admin password, dan pilihan SSL. Pada menu ini Anda dapat melewatinya secara default.

Integration

Berfungsi untuk setting integrasi dengan google, facebook, dan twitter. Ini dimaksudkan, Anda dapat login juga dengan menggunakan akun-akun sosial tersebut.

Plugin & Packages

Berfungsi untuk setting plugin disable/enable. Plugin ini dapat Anda instal pada menu Packages, misalnya plugin change password cpanel, google analytics, reCaptcha, blacklist, whitelist, login mapping dan lain-lain.

Setelah Anda melakukan konfigurasi diatas, webmail client Rainloop Anda sudah siap untuk digunakan.

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top