All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

Basic Computing

How to set up and print merge label with Casio Label IT! KL G2

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita memerlukan adanya penggunaan label atau tanda pada suatu barang kita pribadi. Misalnya buku, sebagai tanda bahwa itu adalah milik kita, biasanya kita menandainya dengan tulisan nama atau identitas lain pada buku tersebut.

Beda dengan barang yang tidak ada tempat untuk menulis, misalnya laptop, harddisc. Benda-benda tersebut jarang sekali memiliki lokasi untuk membuat label/tempat untuk menulis identitas si pemilik. Tidak jarang, orang akan menggunakan secarik kertas/gambar tempel/kertas label untuk menandai barang tersebut.

Penanda tersebut bisa bermacam bentuknya, bisa hanya menggunakan label dengan tulisan tangan. Penanda semacam ini berlaku pula untuk suatu perusahaan, dalam kepemilikan aset perusahaan biasanya menggunakan label sebagai penanda suatu barang. Berupa kode barcode atau hanya tulisan kode biasa.

Saat ini, sudah banyak teknologi yang membantu untuk melakukan penandaan barang tersebut. Misalkan Anda menulisnya di komputer (contoh: ms. word) kemudian Anda desain sedemikian rupa, print hasil tulisan tersebut kemudian tempel. Namun ada juga yang menggunakan alat berupa Label Printer.

Sebetulnya, masih banyak versi-versi lainnya, namun kali ini kita akan melihat bagaimana cara kerja dan kelebihan apa yang dimiliki oleh Casio Label IT! KL-G2 ini.

Label-Printer KL-G2

Kelebihan dari Casio Label IT! KL-G2:

  • Dapat dikoneksikan dengan PC dengan menggunakan koneksi USB
  • Kompatibel dengan jenis font yang ada
  • Print Barkode
  • Otomatisasi dalam pemotongan label
  • Dapat menggunakan baterai atau sumber listrik dengan adaptor langsung.
  • Print label dengan kecepatan tinggi.

Pada video kali ini adalah, contoh pemanfaatan printer label dengan merk casio dengan seri KL-G2. Dimana alat tersebut sudah dapat dikoneksikan dengan komputer sepaket dengan softwarenya yaitu Software Labeling.

Pada video diatas dijelaskan bagaimana untuk mempersiapkan mesin printer dalam kasus ini Admin menggunakan tape dengan ukuran 18mm dan menggunakan laptop sebagai media bantu untuk mencetak label, karena biasanya jika baru memulai menandai barang, pasti akan banyak membutuhkan label. Jika dilakukan secara manual, pastilah tidak efektif.

Sebagai penjelas dari video diatas, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan :

  • Persiapkan printer label dengan memasukkan tape kedalam wadahnya
  • Instalasi Software Labeling, aplikasi ini sudah include didalam dus nya, tinggal masukkan cd dan lakukan instalasi. Jika tidak ada, maka Anda dapat mendownloadnya di:
    http://support.casio.com/en/support/download.php?cid=005&pid=1057
  • Lakukan instalasi, aplikasi. Kemudian siapkan kabel data, koneksikan antara mesin casio dengan laptop (lokasi port ada di sebelah port adaptor), kemudian tekan PC Link, jika pada layar LCD Casio menampilkan pesan OK. Maka aplikasi dan mesin sudah siap untuk digunakan
  • Buka software labeling yang sudah diinstall tadi.
  • Buat label baru dengan memilih tombol new pada menu file atau klik tombol new pada toolbar.
  • Pada artikel kali ini, kita akan membuat merge label. Maka pilih menu Tools > Database for Merge. Maka akan muncul kotak dialog untuk mengisikan data yang diperlukan. Tabel tersebut tidak lah rumit, sama halnya dengan mail merge nya ms. word.
  • Jika sudah, masuk ke menu konfigurasi kemudian pilih jenis barcode mana yang akan digunakan. Buat 2 object pada layar kerja, yaitu text dan insert barcode.
  • Tempatkan pada posisi sesuai keinginan Anda, pada object text klik kanan kemudian pilih Merge Print nya di centang, menandakan object ini adalah data yang berasal dari database merge, kemudian pilih headernya.
  • Sama halnya dengan text, setelah memasukkan barcode, klik kanan kemudian Field Properties, centang Merge Print dan pilih headernya.
  • Selesai, lakukan Print Merge.

Demikian tutorial sederhana mengenai Casio Label IT!

Semoga bermanfaat.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top