Rhiel ID

Operating System

SEO Sederhana Untuk Pemula

Jika Anda mempunyai sebuah website, misalkan website jual beli atau perusahaan, strategi untuk menginformasikan kepada user yang effektif salah satunya adalah memanfaatkan mesin pencarian, misalnya google, bing. Jika website Anda masuk pada keyword atau kata kunci yang dicari oleh user, maka pengunjung yang masuk pada website Anda sudah dipastikan adalah hasil dari mesin pencari website. Kebanyakan user akan berhenti pada halaman awal mesin pencarian, halaman halaman berikutnya jika user tidak mendapatkan informasi yang sesuai dengan keinginannya.

google_rank

Misal saja google, mesin pencari yang sudah dikethaui banyak orang, untuk membantu website Anda muncul pada halaman pertama tidaklah mudah, perlu waktu dan fikiran untuk mendapatkannya. Artikel yang Anda buat sudah barang tentu termuat pada website-website lainnya, kecuali Anda membuat Artikel atau sesuatu yang unik pada website Anda, lalu apa saja yang diperlukan bagi pemula untuk memaksimalkan SEO ini? 

Pengaturan yang jelas atau mendaftarkan website ke mesin pencarian,

Selama tahap setup awal, Anda harus mempersiapkan diri untuk sukses. Langkah awal untuk dapat muncul dalam mesin pencarian adalah: Google Analytics, Google AdWords dan Google Webmaster Tools.

Audit website,

Buka kembali website Anda, bagaimana Speed web Anda, untuk cek speed Anda bisa baca salah satu artikel rhiel.web.id mengenai cek kecepatan web. Alat lainnya untuk mengaudit website adalah Moz Site Audit Checklist atau WooRank.

Melakukan Riset pada kata kunci artikel,

Agar situs Anda terpilih dari milyaran permintaan pencarian mesin pencari per bulan, Anda harus tepat mengoptimasikannya. Dengan melakukan penelitian keyword, akan mudah memperoleh pemahaman tentang apa yang audiens cari. Berikut adalah contoh dari alat yang berguna yang dapat Anda gunakan:

  • Google AdWords Keyword Planner
  • Google Suggest
  • Ubersuggest
  • Keywordtool
  • Google Trends
  • Google Webmaster Tools

CMS apa yang digunakan dalam membangun Website,

Sebenarnya tidak masalah, Anda mau menggunakan cms atau framework apapun, asalkan website yang Anda bangun memenuhi syarat dan ketentuan dari mesin pencari/user friendly. Untuk saat ini, kesederhanaan WordPress adalah pilihan terbaik. Pada CMS WordPress, banyak plugin yang dapat digunakan untuk membantu optimalisasi SEO ini, namun tidak menutup kemungkinan CMS lainnya pun memiliki SEO yang baik.

Penggunaan Permalink yang mudah dimengerti mesin pencari,

Pastikan setiap permalink postingan anda berisi judul postingan karena permalinks yang baik sangat membantu dalam kegiatan seo anda. contoh permalink adalah sebagai berikut: /%postname%/ atau /%postname.html

Plugin pada CMS yang digunakan,

Sudah banyak plugin SEO yang free ataupun berbayar, contohnya:

  • Yoast WP SEO Images
  • SEO Pressor
  • Ultimate SEO Plugin
  • All in One Seo Pack
  • dst ..

Konten yang berkualitas,

Banyak perdebatan, Artikel yang berkualitas minimal 500 kata atau lebih, namun faktanya adalah konten yang original no copas. Buatlah konten yang menarik untuk pengunjung website Anda. Maka sebaiknya tetap mengupdate website anda dengan artikel yang original dan menarik.

Meta Tags,

Untuk memahami nilai meta tag, Anda harus berpikir melalui mata pengguna search engine. Bila Anda mencari sesuatu, bagaimana Anda menentukan hasil untuk mengklik? Kemungkinan besar Anda menganalisis beberapa hasil pertama dan membaca beberapa kata dari judul dan deskripsi yang menyertainya. Situs Anda akan meningkat tajam dengan meta tag. Setiap deskripsi meta mencakup frase keyword kontennya.

Sitemap,

Situs Anda harus diindeks oleh search engine dan direktori. Jika tidak, Google, Yahoo dan Bing tidak mungkin menemukan halaman yang paling relevan di situs Anda untuk ditampilkan.

Banyak tools yang dapat digunakan dalam pembuatan sitemap ini, misalnya dengan menggunakaan sitemap generator dan plugin pada cms yang Anda gunakan.

Menggunakan Sosial Media sebagai penyebar informasi,

Bagi pemilik situs, memiliki akun twitter dan facebook adalah sebuah keharusan. Social media ini tidak hanya akan membantu SEO website anda, tapi juga akan menambah pengunjung ke website anda. Terkadang jika ketika mesin pencari bekerja untuk mencari artikel yang dituju, yang muncul malahan link dari akun sosial media.

Meninggalkan jejak secara off page.

Membangun link melalui pemasaran konten, menulis blog, bertamu ke blog lainnya, infografis, direktori situs, hasil karya dan alat-alat lain untuk meninggalkan jejak secara online mengarah kembali ke situs Anda.

Dengan langkah-langkah diatas, Anda sudah dapat mempelajari bagaimana belajar SEO yang sederhana dan Anda harus menjaga kepercayaan user dengan menggunakan verifikasi user, misalkan profil Google+ atau keterangan mengenai website. Usia website juga mempengaruhi kepercayaan user terhadap website Anda.

_ rhiel _

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top