Hardware

Review Android TV BOX STB ZTE B860H Ver 2.1

Punya TVLed namun belum memiliki fasilitas penyambung internet? agar bisa steraming langsung di tv. Atau yang sering dikenal dengan nama SmartTV. Saat ini sudah banyak device untuk menambahkan fasilitas tersebut.

Ada berbagai jenis tipe yang dapat digunakan, misalnya Pocket PC / USB TV yang berisi windows oS, atau Android. Namun kebanyakan menggunakan TV Box Android, kenapa? karena memang pada umumnya aplikasi yang terpasang pada SmartTV adalah Android yang dibuat khusus untuk Tv, selain itu dari sisi harga dan cara penggunaan yang mudah.

Yang saya gunakan saat ini adalah TV Box STB nya Telk**, yaitu ZTE B860H Ver 2.1. Saya menemukan Android Box ini di tokosebelah, di sana terdapat beberapa versi dan spesifikasi. Mulai dari ram 1gb hingga 4gb, mungkin saat saya membuat artikel ini sudah ada lagi versi yang lebih tinggi lagi. Hal yang harus diperhatikan adalah, Anda memiliki koneksi internet dirumah Anda yang cukup untuk streaming.

Dengan harga yang terjangkau ini, Anda bisa merubah fungsi TV Anda menjadi smartTv, bukan hanya yang sudah LCD, yang tabung pun bisa menjadi smartTv dengan menggunakna sambungan kabel RCA.

Saya membeli yang sudah menggunakan 2Gb ram, biar tidak lemot-lemot amat. Ketika pembelian sudah sepaket, terinstall aplikasi dan tinggal pakai.

Lihat pada gambar berikut ini:

Loading...

Pada gambar diatas paket sudah lengkap dengan adaptor, STB, Remote, kabel-kabel (HDMI, UTP), dan buku panduan. Dari spesifikasinya pun lumayan untuk sebuah STB dengan harga murah dibawah 300ribuan

Spesifikasi

  • CPU ARM Cortex A53 Quad core, 64bit
  • GPU Mali 450 Penta core
  • Ram 2GB
  • Rom 8GB
  • Android 6.0.1 marshmallow
  • 4K UHD video
  • Port :USB 2 Port,Sdcard 1 slot,HDMI,AV,LAN
  • WIFI Built in

Adapun fasilitas yang diberikan oleh TV Box Android ini adalah bisa menonton TV channel luar, channel lokal, youtube, support cast, dan bisa juga ditambahkan aplikasi lainnya.

Cara pemasangannya pun gampang, pasangkan adaptor kemudian sambungkan dengan modem isp yang Anda gunakan. Setelah itu sambungkan ke TV dengan menggunakan kabel HDMI atau RCA.

Dari tampilan awal sudah menawan, aplikasi yang terinstall pun defautlnya adalah TV streaming, dan STB ini sudah di root agar dapat membuka semua channel. Kita coba masuk menu aplikasi.

Seperti layaknya android pada smartphone, terdapat banyak aplikasi yang sering kita jumpat di smartphone Android. Anda juga bisa memasang aplikasi lainnya disini, untuk mengoperasikannya. Anda bisa menggunakan remote bawaan, mouse keyboard dan aplikasi remote yang bisa Anda dapatkan di Android.

Kita pilih salah satu aplikasi, dan lihat channelnya

TV Lokal

Saya coba Tv lokal, hasilnya jernih. Dirumah saya menggunakan 10mbps, lumayan lancar dan kualitas bisa sampai HD (tergantung koneksi juga). Youtube pun dapat digunakan dengan lancar.

So worth it lah dengan harga murah kita bisa mengkonversi TV biasa menjadi SmartTV.

Penasaran?
Silahkan coba sendiri 😀

_rhiel_


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top