Cloud Hosting Indonesia
Basic Computing

Remote Desktop Windows dari Smartphone

Kemungkinan beberapa user sangat jarang mendengar Remote Desktop, pertanyaan yang sering saya dengar adalah, untuk apa? dan bagaimana caranya? kalau dari luar jaringan bagaimana?

Memang, biasanya kita melakukan remote desktop ketika dalam jaringan. Namun, kita masih bisa melakukan vpn dari luar lokasi jaringan untuk melakukan remote desktop tersebut.

Biasanya remote desktop dibutuhkan oleh seorang admin atau bahkan user rumahan, ketika kita membutuhkan akses ke pc sendiri atau ke pc rekan kerja, untuk membantu atau ada keperluan lain ketika hendak melakukan remote desktop. Namun ada syarat utama yang diperlukan, yaitu ada jaringan, pc menyala dan remote desktop dalam keadaan aktif (sudah disetting dan tidak di blok). Jika salah satu tidak terpenuhi, maka sudah bisa dipastikan remote desktop tidak bisa.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan remote desktop tahap dasar dan lanjutan melalui aplikasi Android yaitu menggunakan aplikasi Microsoft Remote Desktop. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan melalui playstore dan appstore. Anda juga bisa melakukan remote desktop dengan menggunakan aplikasi lainnya, misalnya teamviewer, ultraviewer dan lain sebagainya. Namun pada artikel ini saya khusus membahas mengenai remote destop bawaannya windows.

Sebetulnya bisa saja menggunakan laptop/pc untuk melakukan remote, namun aplikasi ini dapat sangat membantu Anda ketika dalam kondisi tidak memegang laptop/pc, dan hanya melalui smartphone Anda. Saat artikel ini dibuat, saya menggunakan smartphone Android untuk melakukan remote desktop.

Setelah Anda install aplikasi Microsoft Remote Desktop misalkan dalam satu jaringan, sangatlah mudah. Tinggal menggunakannya seperti biasanya Anda melakukan remote desktop.

Cara Menggunakan Microsoft Remote Desktop

Mari kita lihat tampilan awal dari aplikasi tersebut

Wah, masih kosong ya 😀 .
Tenang saja, setelah Anda melakukan remote desktop pada laptop/pc tertentu. Akan ada history nya pada tampilan ini. Untuk memulai, klik tombol tambah pada ujung kanan atas, kemudian pilih Desktop Masukan IP address dan username kemudian klik tombol save.

Setelah itu, maka akan muncul pada layar dan ada alamat ip di bawah icon remote desktop tersebut. Anda diminta memasukan password, masukan passwordnya. Klik Connect dan selamat Anda telah berhasil melakukan remote desktop melalui smartphone Anda, berikut tampilannya.

Anda bisa merubah cara Anda melakukan interaksi dengan desktop Anda tersebut, yaitu dengan cara touch ataupun kursor. Klik icon garis 3 pada bagian atas, silahkan melakukan kegiatan yang Anda kehendaki. Jika sudah, jangan lupa untuk selalu melakukan disconnect dengan kembali mengklik icon garis 3 pada bagian atas, kemudian klik tombol close (x)

Nah, kondisi ini sangat mudah jika Anda dalam satu jaringan yang sama, namun bagaimana jika Anda sedang diluar rumah? Anda perlu membuat jalur khusus dahulu ke internal jaringan Anda, biasanya menggunakan vpn langsung melalui router dan lokasi dituju memiliki IP Public. Jika tidak memiliki ip public, maka akan sulit untuk melakukan remote dan rekomendasi saya adalah menggunakan aplikasi lain seperti yang sudah saya sebutkan di awal.

Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

_rhiel_

 

www.domainesia.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top