Cloud Hosting Indonesia
General Article

Platform Elearning Gratis dan Terbaik

Saat ini kita sudah menghadai era digitalisasi, tidak menutup kemungkinan cara pembelajaran pun sudah mulai berbasis digital. Kita sudah mengenal dengan yang namanya E-Learning, apa itu e-learning?

Elearning adalah sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi elektronik untuk mengakses materi pembelajaran dari kurikulum pendidikan di luar ruang kelas tradisional. Dalam hal ini, cara menyampaikannya melalui sistem online dengan mengguakan software tertentu.

Jika Anda menggunakan server hosting dari penyedia layanan. Anda harus memperhatikan resource yang Anda gunakan, sistem elearning ini biasanya digunakan dan dalam waktu yang bersamaan. Maka saya rekomendasikan untuk menggunakan paket hosting yang lebih besar. Misalnya vps non manage maupun cloud hosting.

Aplikasi elearning ini sering disebut dengan Learning Management System atau disingkat LMS. Berikut ini adalah Platform LMS terbaik untuk portal elearning berbasis website yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Moodle

Platform ini yang paling sering digunakan, karena moodle menawarakan sistem pembelajaran online gratis. Yang dapat Anda gunakan secara gratis, dan dapat di kustomisasi sesuai dengan keinginan Anda. Dapat digunakan untuk skala besar dan aman.

Anda dapat mengatur semua sesi pelatihan, kategori, sub kategori , pengguna, hingga materi. Anda sebagai Admin pusat bisa membagi hak akses kepada sub admin lainnya misalkan manager pusat ataupun manager kategori.

Setiap materi pembelajaran dapat diberikan akses kepada pengguna yang berbeda. Pemberian materi bisa berupa teks, file dan multimedia (video, suara). Aktivitas yang bisa diberikan oleh Moodle selain pemberian materi adalah bisa juga memberikan Kuis atau ujian online jenisnya bermacam-macam mulai dari pilihan ganda, true/false, macthing, drag & drop dan lain sebagainya.

Chamilo

Bagi Anda yang ingin membuat digital kampus. Chamilo mungkin bisa menjadi pilihan yang ideal. Anda bisa membuat materi pembelajaran full online dan hybrid. Chamilo menawarkan open license dan sudah digunakan lebih dari 600.000 pengguna di berbagai negara.

Jika Anda masih belum familiar dengan chamilo, Anda bisa menghubungi pengembang agar dapat mengimplementasikan dan mengintegrasikan materi pembelajaran dengan baik.

Atutor

Dirancang untuk mengelola, berbagi pembelajaran berbasis online. Atutor memiliki sistem modular yang memungkinkan pengguna memperluar fungsi dari platformnya agar lebih menarik dengan cara menambahka modul-modul baru.

Atutor memiliki banyak fitur yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam mengelola portal elearning. Selain penggunaan modul, Atutor memiliki antarmuka yang mudah digunakan. Memiliki fitur social engineering untuk dapat bersosialisasi dengan sesama pengguna lainnya dalam suatu platform.

Forma LMS

Sistem pembelajaran online yang dapat membantu organisasi dan instruktur independen untuk membangun portal elearning yang terintegrasi.

Forma LMS dapat mendukung banyak pengguna, yang menjadikannya pilihan yang sempurna untuk pengaturan beberapa penulis / instruktur / klien hanya dalam 1 portal saja.

Forma LMS berfokus pada sistem kolaborasi, memberikan laporan khusus, membuat dan mengelola webinar, dan mengelola sertifikat. Memiliki tampilan yang responsif agar dapat digunakan dalam multi device. Terdapat juga sistem e-commerce dan plugin yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Open edX

Merupakan software edukasi. Dirilis secara gratis sebagai Libre/FOSS (open source) untuk membantu Anda mengembangkan platform elearning. Memiliki tim support yang siap membantu dan memiliki komunitas untuk saling bertanya jawab mengenai fitur-fitur Open edX.

Memiliki fitur pembuatan management materi, evaluasi pembelajaran, kolaborasi pengguna (siswa/instruktur). Antarmuka yang sederhana namun powerfull. Adanya extended support professional dari penyedia layanan.

OpenOlat

Media pembelajaran online yang terbuka dan gratis. Dapat mengelola pengguna dan materi pembelajaran. OpenOlat memiliki fitur yang lengkap. Salah satu kelebihannya adalah adanya podcast dan group project. 

OpenOlat memilii fitur manajemen materi pembelajaran, manajemen siswa, ujian, kolaborasi (forum, blog, pengumuman, chat, group project, podcast). Memiliki ruang kelas virtual, desain yang responsif. Dapat juga melakukan export ujian (office ready) dan mudah untuk dikustomisasi.

_rhiel_

Cloud Hosting Indonesia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top