General Article

Pengertian dan Jenis Obligasi

Sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan yang lumayan besar, sudah saatnya melakukan investasi. Salah satu jenis investrasi yang dapat menguntungkan adalah Obligasi,

kenapa harus obligasi? alasannya?

Dari tahun ke tahun, pembelian obligasi semakin meningkat. Apa yang membuat peminat Obligasi ini semakin menarik perhatian para pebisnis?

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai penjelasan mengenai obligasi dan jenis-jenisnya.

Obligasi adalah surat pernyataan hutang yang diserahkan kepada pemegang obligasi oleh suatu perusahaan atau pemerintah. Dengan perjanjian bahwa perusahaan atau pemerintah akan membayarkan pokok hutang dan bunga keuntungannya.

Sama seperti asuransi yang dapat dilakukan  pendaftaran dan klaim asuransi online, pembelian obligasi juga dapat dilakukan secara online.

Loading...

Kata lainnya, perusahaan penerbit obligasi adalah pihak yang berhutang dan pemegang obligasi atau bisa dikatakan investor adalah pihak yang berpiutang.

Obligasi bukan produk dari bank atau non Bank, namun adalah produk pasar modal. Namun, bank bisa menjual obligasi. Jangka waktu obligasi adalah 5 hingga 30 tahun.

Jenis Obligasi

  • Berdasarkan sistem pembayaran bunga

Berdasarkan system pembayaran bunganya, obligasi dibagi menjadi 4. Zero coupon bonds yaitu pembayaran bunga sekaligus saat jatuh tempo. Coupon bonds yaitu pembayaran obligasi secara periodik. Fixed coupon bonds yaitu bunga telah ditetapkan sejak awal dan dibayarkan periodik. Dan floating coupon bonds yaitu bunga ditentukan dalam jangka waktu tertentu.

  • Berdasarkan jenis dan karakternya

Berdasarkan jenis dan karakternya, obligasi dibagi menjadi callable bond yaitu obligasi yang hanya bisa ditarik saat jatuh tempo. Convertible bond yaitu obligasi yang dapat diubah menjadi saham. Nonconvertible bond yaitu obligasi yang tidak dapat diubah menjadi saham. Euro bond yaitu obligasi dalam mata uang asing dan diterbitkan di luar negeri.

Floating rate bond yaitu obligasi yang menawarkan bunga yang berubah ubah. Zero coupon bond yaitu obligasi yang tidak memberikan bunga namun dijual dengan harga diskon. Dan yankee bond adalah oblihasi yang diterbitkan dalam mata uang lokal dimana obligasi tersebut dijual.

  • Berdasarkan penerbitnya

Berdasarkan penerbitnya, obligasi dibagi menjadi 3, yaitu municipal bond yang adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah untuk membiayai proyek tertentu di daerah. Corporate bond yaitu obligasi yang penerbitnya adalah suatu perusahaan. Dan government bond atau treasury bond yaitu obligasi yang diterbitkan pemerintah pusat.

Cara membeli obligasi tidak rumit dan sangat mudah untuk dilakukan, bahkan bisa dilakukan secara online.

Jika Anda sudah menentukan obligasi mana yang akan Anda beli, Anda bisa memberikan amanat pembelian kepada trader atau broker dan trader akan membelikan yang Anda inginkan.

_rhiel_


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top