Cloud Hosting Indonesia
Basic Computing

Pengantar Teknologi Informasi

Kemajuan Teknologi, khususnya komputer memang sangat membantu pekerjaan maupun keperluan manusia. Dengan menggunakan komputer, manusia dapat mengerjakan pekerjaan sehari-harinya dengan cepat dan mudah, misalnya membuat presentasi, dokumen-dokumen, mencari informasi mengenai barang, belanja online atau online shop. Hingga kini, dunia pendidikan pun memanfaatkan teknologi komputer, mulai dari pencarian materi pembelajaran hingga melakukan ujian menggunakan komputer.

Namun, pertanyaannya adalah apakah semua lapisan memanfaatkannya? perlu statistika untuk menajwabnya. Namun tidak kita pungkiri, lapisan masyarakat belakangan ini sudah memiliki smartphone dan itu adalah salah satu media untuk mendapatkan informasi.

www.domainesia.com

Awalnya, komputer yang diciptakan berukuran besar, dengan ukuran besar tersebut hanya dapat melakukan beberapa program saja bahkan hanya satu. Berbeda dengan teknologi zaman sekarang ini, bisa menjalankan multi program. Semakin berkembangnya teknologi, maka fleksibilitas dalam perkembangan tersebut menjadi keharusan dan tidak dapat diprediksi. Teknologi merubah segalanya, semisal mobil yang harus dikendalikan oleh sopir, sekarang ini sudah ada mobil yang dikendalikan secara komputerisasi.

Karena kebutuhan informasi dan efisiensi, maka semakin banyak penemuan teknologi yang mendukung agar pendapatan informasi didapati lebih cepat, dimana pencarian data yang kita butuhkan dapat kita temukan dengan lebih cepat. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun lebih murah. Teknologi informasi akan menjadi penggerak utama dan menjadi hal yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi dunia pada masa yang akan datang.

Pengertian Teknologi

Banyak pakar menjelaskan mengenai pengertian teknologi informasi:
Menurut Technology Plan 2004-2005
“Technology can be any tool, device, program or system that when applied to the educational environment will increase productivity, creativity, and/or achievement of students, faculty, and staff and will prepare them for new roles in learning, living and working” 

maksudnya adalah teknologi tidak hanya mencakup komputer, alat presentasi saja. Tapi juga mencakup dvd, tv, satelit, infrastruktur jaringan, sistem operasional bahkan alat rumah tangga sekalipun.

Pengertian lain menurut Arnold Pacey
The application as scientific and other knowledge to practical task by ordered systems, that involve people and organizations, living things and machines”

Ada 3 entitas dalam teknologi, yaitu keterampilan, logika berfikir dan perangkat keras. Dalam pandangan management of technology, teknologi dapat digambarkan dalam beragam cara, antara lain:

  • Resources
    sebagai makna untuk memenuhi suatu maksud yang di dalamnya terkandung sesuatu yang dibutuhkan untuk merubah sumber daya, menjadi suatu produk atau jasa
  • Objective
    Teknologi bisa sebagai pengetahuan, sumber daya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan
  • Engineering
    teknologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa yang dapat diaplikasikan pada perancangan suatu produk atau atau proses untuk mendapatkan pengetahuan yang baru

Pengertian Teknologi Informasi

Dalam bukunya Senn mengatakan istilah TI (Teknologi Informasi) digunakan sebagai acuan pada suatu item yang bermacam-macam dan kemampuan yang dipergunakan dalam pembuatan, penyimpanan, dan penyebaran data serta informasi.

Ada 3 komponen utama dalam teknologi informasi yaitu:

  • Komputer
  • Komunikasi
  • Keterampilan

Pengertian lainnya menurut para ahli

  • Menurut Kamus Oxford (1995), Teknologi Informasi merupakan studi atau peralatan elektronika dan terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, serta mendistribusikan informasi termasuk kata-kata, bilangan, & gambar.
  • Williams dan Sawyer (2003), mendefinisikan Teknologi Informasi merupakan teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang berkecepatan tinggi yang dapat membawa data, suara serta video.
  • Kenneth C.Loudon (2004), ia mendefinisikan Teknologi Informasi merupakan salah satu alat yang dipergunakan para manajer untuk dapat mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini perubahan yang dimaksudkan merupakan perubahan informasi yang sudah di proses & dilakukan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.
  • Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins (2005), mendefinisikan Teknologi Informasi merupakan kombinasi dari teknologi komputer yang terdiri perangkat keras & perangkat lunak untuk memproses serta menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melaksanakan distribusi informasi.
  • Lucas (2000), Teknologi Informasi merupakan segala bentuk teknologi yang di terapkan untuk memproses serta mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis

referensi: berbagai sumber

_rhiel_


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Cloud Hosting Indonesia