Cloud Hosting Indonesia
General Article

Pengalaman Mengikuti Sertifikasi MTCNA (MikroTik Certified Network Associate)

Ini adalah pengalaman lama yang belum saya ceritakan kepada rekan-rekan. Saya ikut serta dalam pelatihan dan sertifikasi mikrotik dasar yaitu MTCNA, dimana sertifikasi ini adalah pembuka dari tahapan sertifikasi mikrotik selanjutnya, misalkan lanjut ke MTCRE atau ke tingkat yang lainnya.

Sebetulnya sebelum melakukan sertifikasi ini, sudah lama juga mendalami jaringan dan mikrotik pada khususnya. Selain mendapatkan ilmu dari online, rekan dan pengalaman ketika melakukan konfigurasi. Namun ada baiknya jika kita medapatkan ilmu lebih yang bisa kita dapatkan dari para trainer yang sudah ahli di bidangnya.

Selain ilmu yang didapatkan, kita juga akan mendapatkan pengakuan dari Mikrotik jika Anda berhasil melalui ujian tentunya. Dan ini juga menjadi nilai lebih bagi Anda jika memiliki gelar sertifikasi bidang tertentu, ya contohnya MTCNA ini. Gelar ini juga bisa Anda sematkan pada nama Anda ketika melamar pekerjaan atau lainnya.

Saya mengikuti MTCNA ini di Bandung, pada salah satu penyedia layanan training dan sertifikasi. Pelatihan dilakukan selama 3 hari yaitu 2 hari training dan 1 hari ujian. Lokasi tempat training mudah dijangkau, trainer yang sudah tersertifikasi dan kelas yang nyaman. Pengalaman yang menyenangkan juga karena waktu itu satu kelas dengan tim dari ISP, dan suasana pembelajaran menjadi sangat aktif dan banyak hal baru yang saya dapatkan dari pelatihan ini.

Materi dalam MTCNA masih bisa dibilang dasar, seperti konsep dasar jaringan, konsep dasar firewall, fungsi-fungsi pada mikrotik,dan lain sebagainya.

Pada hari ke 3 dilaksanakan ujian sertifikasi secara online dan Alhamduillah mendapatkan nilai yang lumayan bagus.

Sertifikat ini berlaku hanya 3 tahun, pada tahun berikutnya Anda bisa mengikuti training lagi atau hanya ujian saja untuk memperpanjang lisensi MTCNA Anda.

Jika Anda telah mendapatkan MTCNA, Anda bisa mengikuti sertifikasi lanjutan Mikrotik lainnya, seperti yang sudah saya bahas pada artikel https://rhiel.id/sekilas-tentang-mikrotik/

atau Anda bisa lihat pada diagram berikut ini:

Sebagai informasi bagi Anda yang akan mengikui training dan sertifikas MTCNA,
berikut ini adalah kurikulum lengkap pada MTCNA:

  • Pre-MTCNA: OSI, TCP/IP, IP address, Subnetting, Istilah dalam dunia jaringan,  Konsep dasar,
  • Pengenalan: tentang MikroTik, Winbox, MAC-Winbox, Webfig, Quickset, Default configuration, CLI, SSH, Telnet, WAN, DHCP Client, IP address, Default Gateway, Firewall NAT masquerade, Upgrade, Identity, Login, Services, Backup, Export, Reset, Netinstall, License
  • DHCP: DHCP Server, Client, Setup, ARP
  • Bridge: bridge, Ports, Wireless bridge
  • Routing: routing, Flags, Routing statik, Default route, Routing dinamis
  • Wireless: 802.11, Frekuensi, Channel, Data rates, Chains, Access point, Station, Access list, Connection list, Default authenticate, Default forward, encyption, WPS, Tools
  • Firewall: firewall, Connection tracking, Chains, Filter, Address list, Source NAT, Destination NAT, Masquerade, Redirect, Web Proxy, Protokol L7, Fast track
  • QoS: konsep dasar, Simple queue, Burst, HTB, PCQ, Graph
  • Tunnel: Konsep PPP, /32 addressing Profile, Secret, IP Pool, PPPoE, PPTP, SSTP
  • Tools: E-mail, Netwatch, Ping, Traceroute, Profile, Traffic monitor, Torch, SNMP, DUDE, Support, Log

Wah materinya lumayan juga ya!. Namun tenang, trainer akan menjelaskan dengan detail mengenai materi-materi tersebut.

Setelah MTCNA ini, saya bisa melanjutkan ke tingkat yang lainnya.

Jikalau rekan, ingin tanya-tanya atau ingin belajar secara private/online/group mengenai mikrotik dasar, Anda bisa bisa menghubungi saya melalui form kontak.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

_rhiel_


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Cloud Hosting Indonesia