All for Joomla All for Webmasters
Basic Computing

Optimasi PC dengan Ccleaner v5.32.6129

Setiap operating sistem biasnaya membutuhkan file sementara untuk dapat menjalankan berbagai aplikasinya atau sering dikenal dengan temporary file. Perlu Anda ketahui, setiap Anda melakukan browsing, membuka file, melakukan instalasi, membuka file foto, itu akan membuat file sementara untuk mempercepat proses pembukaan aktifitas tersebut. Tidak jarang Anda merasa laptop Anda tiba-tiba berat, proses menjadi lama, karena itu mungkin temporary file Anda itu sudah menumpuk dan media penyimpanan Anda menjadi lebih besar penggunaannya.

Dari segi kecepatan booting, beberapa aplikasi atau aplikasi yang kita tidak inginkan dimulai pada saat startup berjalan secara otomatis, misalkan messengger atau aplikasi auto update. Hal ini menjadikan sistem operasi Anda menjadi berat karenan membebani ram Anda secara tidak diketahui.

Lalu bagaimana untuk memberbaiki dan mengecek hal ini? Sudah banyak aplikasi pembersih untuk sistem operasi, Anda bisa mendapatkannya di internet. Kali ini kita akan membahas salah satu dari sekian banyak aplikasi untuk optimasi sistem operasi Anda.

Aplikasi yang akan kita gunakan adalah CCleaner, Ccleaner adalah program yang efisien dan dapat digunakan secara gratis. Bukan hanya membersihkan junk file tetapi ini sangat penting juga untuk melindungi privasi dan keamanan digital Anda. Dengan menghapus (atau membersihkan) secara permanen riwayat perambah (browser history), cookies, dan file sementara lainnya yang dibuat selama menggunakan sistem operasi, dan juga memantau space terpakai di disk. Selain itu, Anda dapa menggunkannya dengan cepat untuk membersihkan recycle bin dan temporary file, karena Anda dapat menemukannya di klik kanan pada recycle bin -> Run CCleaner.

Saat artikel ini dibuat, versi yang baru muncul adalah versi 5.32.6129 dengan detail update sebagai berikut:

Browser Cleaning
– Updated Firefox History cleaning definitions to correctly remove items with associated favicons
– Updated Chrome History cleaning definitions to restore removal of ‘Other Search Engines’
– Restored support for cleaning ‘Last download location’ in Edge
– Restored support for cleaning ‘Last download location’ in Firefox

Windows Cleaning
– ‘Recent Documents’ rule no longer removes items that have been ‘pinned’ in MS Office applications

Dengan rutin pihak pengembang aplikasi memperbaik aplikasinya, ini menjadi nilai tambah bagi suatu perusahaan yang concern terhadap pengembangan aplikasi. Karena semakin berkembang operating sistem, maka para pengembang harus mengikuti kemajuan sistem operasi tersebut, karena mungkin ada ketidak sesuaian aplikasi dengan sistem operasi yang kita gunakan.

Bagaimana kita mendapatkannya?

silahkan download pada halaman

https://www.piriform.com/ccleaner/download

sesuaikan dengan versi yang Anda inginkan, jika ingin mengunakannya secara gratis. Download pada area free.

Setelah itu download aplikasi tersebut, dan lakukan instalasi. Jika sudah, aplikasi dapat Anda dapatkan di desktop -> CCleaner.

pada gambar diatas, adalah tampilan aplikasi CCleaner. Pada area sebelah kiri terdapat menu fungsi yang berfungsi untuk mengelola aplikasi, apa saja fungsinya?

  • Cleaner
    Berfungsi untuk mendeteksi temporary file, history file, browser cache, mengosongkan recycle bin dan sebagainya
  • Registy
    Mengecek registry yang tidak dipakai, obsolete dan memperbaikinya
  • Tools
    Anda dapat melakukan uninstall program, mengecek startup aplikasi, plugin dan pengelolaan disc storage
  • Option dan Upgrade adalah fungsi layanan Ccleaner berupa konfigurasi standar ccleaner dan jika Anda ingin melakukan upgrading jenis lisensi yang Anda gunakan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut sangatlah mudah, Anda tinggal pilih fungsi yang tersedia, kemudian klik Analyze kemudian running. Tunggu hasilnya, kemudian klik tombol Run CCleaner pada Cleaner tools atau Fix Registy pada Registry tools

Jika masih bingung untuk melakukan instalasi dan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat lihat video berikut.:

Terima kasih, semoga bermanfaat

_rhiel_

 

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top