All for Joomla All for Webmasters
General Article

Opera Browser Terintegrasi VPN Gratis Untuk Penggunanya

Keamanan ketika surfing di Internet sangatlah dibutuhkan bagi siapapun yang melakukan transaksi, kirim email maupun browsing biasa. Saat ini, browser-browser terkenal sudah terintegrasi dengan sistem keamanan pada browser miliknya, mulai dari ads blocker, security dari mallware hingga ke proxy untuk filtering.

Sekarang ini, sudah ada web browser yang menyediakan sistem keamanan yang sudah terintegrasi dengan VPN, yaitu Web Browser Opera. Perusahaan ini mengklaim, bahwa dirinya adalah pertama di dunia yang memiliki fasilitas VPN dan dapat digunakan secara gratis. Sebelumnya, kita ketahui dahulu apa itu VPN?

Pada intinya VPN ini adalah sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan). Pada opera, VPN dapat memanipulasi lokasi dan ip si pengguna.

VPN yang ditawarkan oleh Opera ini tidak kalah canggih dengan VPN yang berbayar. Opera memberikan enkripsi 256 bit. Dapat menyembunyikan IP asli, dan juga dapat mengakses website tertentu yang sudah diblokir oleh penyedia ISP atau yang hanya dapat diakses oleh negara tertentu saja.

Browser opera dapat didownload pada alamat: http://www.opera.com/

Setelah anda mendownload aplikasi opera, kemudian silahkan install. Untuk mengaktifkan VPN ini sangatlah mudah. Caranya adalah:

Klik tombol menu pada opera browser, tepatnya pada posisi kiri atas

kemudian klik menu Privacy and Security, anda akan menemukan checkbox VPN. Centang pada VPN tersebut.

Setelah itu, sistem akan melakukan koneksi ke vpn server milik mereka, atau anda bisa memilih sendiri negara tujuan vpn yang tersedia. Jika menggunakan isp rumahan yang terhubung dengan modem, lakukan konfigurasi bypass VPN. Karena, jika tidak, VPN tidak akan berfungsi dengan baik.

Jika sudah terkoneksi dengan baik, silahkan coba browsing atau buka alamat
whatismyip untuk mengetahui lokasi anda.

_rhiel_

 

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top