Networking

Mikrotik Error No Route to Host

Kembali membahas trouble shooting mikrotik, masih ada rekan-rekan yang mengirim pesan dan baru mengawali konfigurasi mikrotik menemukan pesan error yang muncul. Kali ini pesan error yang muncul adalah:

“no route to host”

ketika Anda mencoba melakukan ping ke website langsung tidak ada respon apa-apa, atau mencoba ping ke ip 8.8.8.8 muncul error tersebut.

kenapa muncul pesan error itu?

no route to host

Ini muncul karena ketika rekan selesai mengkonfigurasi mikrotik basic ada 1 langkah yang Anda lupakan, sesuai pesan errornya

Tidak ada route / jalan menuju host, solusinya adalah masukkan route pada menu IP > Route

Loading...

Lihat pada gambar di bawah ini

Ada 1 lagi konfiguasi yang tidak ada yaitu route gateway. Ini sangat diperlukan sebagai pintu gerbang dimana mikrotik router Anda lewat, seperti halnya PC Anda, selain IP adrress dan subnet perlu juga IP gateway dimana IP itu akan dilewati sebelum masuk ke internet.

IP Default gateway

Lihat pada gambar di atas, ada IPv4 Default Gateway, dan ini lah pintu gerbang yang saya maksud. Dan pada routerboard Anda juga harus dimasukkan Default route nya.

Caranya adalah

Pilih menu IP > Route, kemudian tekan tombol (+) tambahkan 1 rule yaitu
dst address : 0.0.0.0/0 ini berarti semua IP
Gateway : 10.10.1.1 untuk IP ini , harus dicek terlebih dahulu router pusat Anda menggunakan IP berapa, jika Anda mendapatkan IP public dari ISP, Anda bisa menanyakan gateway nya.

Jika benar, maka akan muncul pesan “Reachable”, ini berarti gateway Anda sudah benar

Reachable

Jika Anda masih menemukan pesan error “Unreachable” lakukan Analisa, cek kembali IP address Eth port dimana ISP Anda dipasang. Kemudian cek juga DNS apakah sudah diisi dengan benar?

Jika sudah melakukan pengecekan. Sekarang, Anda boleh mencoba ping kembali ke ip 8.8.8.8 dengan menggunakan terminal mikrotik.

Nah, sudah repply. Coba ping ke google.com

Itulah penyebab error no route to host mikrotik, selamat mencoba,
terima kasih

_rhiel_


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
To Top