All for Joomla All for Webmasters
Basic Computing

Menyimpan Email ke Folder Lokal dengan Thunderbird

Dalam penggunaan webmail, biasanya kita terpatok kepada lokasi dan kapasitas email yang diberikan kepada kita. Misalnya email besutan google yaitu google mail atau gmail, memberikan kapasitas 15Gb untuk semua user, 15Gb google berikan untuk semua user yang berbasis free. Jika Anda mengupgrade paket atau subscription pastilah lebih besar lagi.

Contoh saja, email coorporate yang biasanya diberikan kapasitas yang tidak besar misalnya hanya 5Mb, sebetulnya 5Mb itu sudah cukup untuk berkirim pesan tanpa adanya attachment file yang bisa berukuran Mb. Seperti yang kita tahu, jika kapasitas sudah memenuhi batasnya, maka kita tidak akan bisa menerima email berikutnya, pengirim email akan menerima pesan error yang mengirformasikan bahwa email tujuan sudah penuh.

Bisa saja dengan cara menghapus email-email yang tidak penting atau email yang sudah tidak digunakan lagi. Namun agak repot juga sebetulnya, Anda harus selalu mengecek apakah sudah penuh atau belum?

Adacara lain untuk mengantisipasi agar email tidak hilang atau dihapus satu per satu. Salah satu fasilitasnya yaitu menyimpan email tersebut ke lokal data atau ke harddsic, dengan cara demikian, Anda dapat menyimpan data, membacanya ketika offline dan tidak akan repot memilah untuk menghapusnya. Seperti yang kita tahu, kapasitas harddisc saat ini sudah besar, misalkan 128Gb sudah mencukupi untuk penyimpanan data email dan attachment Anda.

Mozilla Thunderbird, salah satu webmail client yang dapat melakukan penyimpanan data ke lokal disc Anda, dengan kata lain melakukan backup email dan mengurangi beban email server. Kali ini kita akan membahas kembali mengenai Mozilla Thunderbird, saya menganggap Anda sudah memahami dan sudah menggunakan aplikasi tersebut, jika belum mengenalnya silahkan baca dahulu:

Tutorial Menggunakan Mozilla Thunderbird

Jika sudah mari kita lanjutkan pembahasan, berikut langkah-langkahnya:

  • Setelah akun Anda aktif pada aplikasi Mozilla Thunderbird, lebih baik kita siapkah dahulu folder untuk menyimpanna agar tidak ribet, buatlah folder “Mail Data” di drive D: atau terserah Anda.
  • Buka Mozilla Thunderbird, kemudian klik kanan pada Local Folder > pilih Setting
  • Setelah itu akan muncul jendela baru, Pilih Local Folders > kemudin Klik Tombol Browse > kemudian cari Folder yang sudah Anda buat tadi
  • Setelah itu, klik Tombol Ok. Mozilla Thunderbird akan melakukan restart aplikasi.
  • Aplikasi akan terbuka kembali, sekarang kita akan membuat folder di mozilla thunderbird, sebagai pemisah akun lain dengan yang lainnya. Kita akan buat folder dengan nama misalnya MailEmail. Caranya adalah Klik kanan pada Local Folder kemuian New Folder > buat namanya kemudian biarkan Create Subfolder nya di Local Folder. Jika sudah klik create folder.
  • Setelah di klik tombol Create Folder, maka akan muncul subfolder dari Folder Utama. Dari langkah ini, Anda sudah berhasil membuat local folder, tinggal Anda melakukan pemindahan dari email yang ada di server ke lokal, caranya adalah. Pilih email yang akan dipindahkan kemudian klik kanan Move To > Local Folder > MainEmail, dan email akan didownload untuk disimpan.
  • Pemindahan email selesai 🙂
    Untuk mengembalikannya lagi ke email server, lakukan kembali dengan cara yang sama, namun dilakukan terbalik, pilih email pada lokal folder kemudian move to ke akun email.

    Terima kasih
    semoga bermanfaat

    _rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top