All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Mengenal WordPress Admin Panel

Setelah Anda mempelajari Mengenal WordPress dan Fiturnya dan 3 Cara Untuk Menginstall WordPress sekarang saatnya Anda memulai bagaimana menggunakan wordpress. Wordpres adalah salah satu CMS terbaik dan terpopuler saat ini. WordPress sangat mudah untuk digunakan, dengan banyaknya template dan plugin berbasis open source/gratis dapat Anda gunakan sesuai dengan kategori dan kebutuhan Anda.

Pada artikel ini, saya anggap Anda sudah memiliki platform wordpress yang sudah diinstalasi, misalkan Anda sudah membeli paket domain atau hosting dan sudah siap untuk membuat suatu website. Sebelum memanipulasi bentuk wordpress, kita harus pahami dahulu isi dari backend/halaman administrator wordpress.

Jika Anda belum melakukan instalasi wordpress pada situs Anda, install dahulu wordpress pada media publikasi Anda (hostingan) atau Anda dapat melihatnya pada video pada artikel 3 Cara Untuk Menginstall WordPress. Jika sudah akseslah halaman Administrator dengan mengetikkan url

namawebsite.com/wp-admin

setelah itu login menggunakan username dan password yang sudah Anda setting ketika melakukan instalasi. Saat artikel ini dibuat, versi wordpress adalah:

WordPress 4.8.1 running Twenty Seventeen theme.

dengan masih menggunakan template standar yaitu Twenty Seventeen Theme ini adalah theme bawaan. Anda dapat merubahnya dengan template yang dapat Anda cari pada penyedia template wordpress. Kembali ke pembahasan, setelah login kemudian Anda akan menemui halaman administrator:
Admin Interfacedapat dilihat pada gambar diatas, terdapat 3 wilayah yaitu:
  • Top Menu
  • Content Area
  • Sidebar

Mari kita bahas satu-persatu mengenai fungsi dari area-area tersebut.

Top Menu

Top Menu

Pada area top menu (toolbar) terdapat beberapa menu yaitu Visit Site, Comment dan Shortcut New. Sebelah kanannya terdapat profile user. Dibawah tombol User terdapat menu Screen Option yang berfungsi untuk pilihan tampilan pada suatu halaman. Screen Option tersebut akan berbeda-beda pada halaman tertentu dan pada hak akses user tertentu. Perlu diketahui, pada Top Menu tersebut dapat berubah atau bertambah menunya sesuai dengan plugin yang Anda gunakan pada website Anda.

Content Area

Center

Pada area tengah ini, akan berubah sesuai dengan menu fungsi yang Anda pilih, pada gambar diatas adalah menu utama dari wordpress yaitu DashBoard. Halaman utama dapat berubah isinya juga jika Anda menginstall suatu plugin yang memberikan report yang dapat disimpan juga pada area tengah ini.

Sidebar

Sidebar

Pada sidebar inilah Anda memanage website wordpress Anda, terdapat beberapa fungsi menu dan submenu setiap item yang ada. Mari kita bahas satu-persatu.

  • Dashboard
    Ini adalah link utama wordpress Anda terdapat 2 menu yaitu Home dan Update
    Home: Memberikan informasi secara umum
    Updates: Pada halaman ini, memberikan informasi mengenai ketersediaan update wordpress, theme atau plugin. Jika update tersedia untuk suatu modul maka Anda dapat mengetahuinya di menu updates ini.
  • Post
    Perlu Anda pahami perbedaan antara post dan page. Post adalah artikel yang akan Anda tulis berupa isian tulisan, gambar, video atau suara. Pada menu post terdapat submenu:
    All Post: Pada menu ini semua list artikel yang Anda buat akan muncul disini.
    Add NewMenu ini berfungsi untuk membuat artikel baru
    Categories: Kategori untuk artikel yang akan dibuat, saya sarankan sebelum mebuat artikel Anda buat kategori artikel terlebih dahulu, agar memudahkan Anda dalam mengelompokkan artikel yang akan Anda Buat.
    Tags: Berisi informasi tag yang Anda gunakan pada setiap artikel
  • Media
    Pada menu media ini, adalah library data pada wordpress Anda, berupa multimedia (gambar, video, suara dll) yang Anda gunakan ketika membuat post atau page. Pada menu media ini terdapat 2 submenu:
    LibraryPada submenu ini semua data multimedia Anda akan muncul pada halaman ini, Anda dapat mengelola data-data tersebut.
    Add NewMelakukan uploading data multimedia Anda pada wordpress
  • Pages
    Seperti hanya post, namun ada perbedaan antara post dan page. Page digunakan hanya 1 halaman statik, berbeda dengan post kalau post dikaitkan dengan kategori. Misalnya untuk membuat halaman Tentang Website atau Kontak. Terdapat 2 submenu dalam pages yaitu:
    All PagesBerisi list page yang Anda buat
    Add NewMenu untuk memulai page
  • Comments
    Pada menu ini, akan muncul komentar-komentar pengunjung website Anda. Dalam menu ini, komentar yang diposting oleh pengunjung dapat Anda pilah, misalkan komentar berupa spam atau memang komentar yang membina. Lakukan approval untuk komentar yang baik. Anda dapat mengelola semua komentar pengunjung pada menu ini.
  • Appereance
    Pada menu ini, Anda dapat mengelola tampilan website Anda, setiap theme yang diinstall biasanya memiliki tradisi sendiri, misalkan akan ada menu baru pada Appereance bahkan muncul sebagai menu Utama pada sidebar. Appereance memiliki submenu standar sebagai berikut:
    ThemesMengelola template pada situs wordress Anda, pada halaman ini Anda dapat menghapus dan menginstall template.
    CustomizePada menu ini, Anda akan dialihkan pada halaman baru untuk merubah tampilan dari website tersebut. Misalnya merubah background, judul website dll
    WidgetsPada menu ini, adalah pengelolaan untuk widget sidebar website Anda, widget ini berupa ihtisar atau fungsi khusus, misalnya Popular Post, Widget Statistik User, Random Pictures dan lain sebagainya
    MenusPada menu ini, Anda dapat mengelola menu yang akan tampil pada website Anda, setiap template memiliki fungsi penempatan menu yang berbeda.
    Header: Pada template standar, ini difungsikan untuk merubah background template
    EditorFungsi ini dapat Anda gunakan untuk merubah dari script dari suatu template.
  • Plugins
    Pada menu ini, difungsikan untuk mengelola plugin yang Anda gunakan pada website Anda. Plugin ini berfungsi sebagai aplikasi tambahan pada website Anda, misalkan Anda ingin membuat e-commerce website. Pada Plugins, terdapat submenu:
    Installed PluginList plugin yang Anda install pada website Anda
    Add New: Pada menu ini Anda dapat menginstall plugin melalui wordpress extensions yang teredia atau upload secara manual.
    EditorSama halnya dengan editor pada menu template, Anda dapat merubah script pada suatu plugin.
  • Users
    Pada menu ini, Anda dapat mengelola semua user yang dapat mengakses website ini, Anda dapat memasukkan dan menghapus user hingga mengkonfigurasinya sesuai hak akses user tersebut. Terdapat 3 submenu yaitu:
    All Users: Melihat dan mengelola User
    Add New
    Memasukkan user baru dan menentukan hak akses beserta pembuatan password baru
    Your ProfileBerfungsi untuk mengelola profil sendiri, misalnya merubah nama, password dll.
  • Tools
    Pada menu ini bersifat dinamis, bisa muncul menu baru jika Anda menginstall suatu plugin tertentu. Submenunya antara lain:
    Avalaible Tools: Berisi informasi megenai Press This ini adalah link shortcut yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat memulai penulisan artikel
    Import: Pada menu ini, dapat Anda gunakan untuk mengimport isi konten dari website sebelumnya, misalnya blogger atau website wordpress lainnya. 
    ExportMenu ini kebalikannya dari import, Anda dapat memberikan data dari dalam ke luar website
  • Settings
    Pada menu ini, berisi pengelolaan dari wordpress itu sendiri, mengelola title, waktu, penampilan isi artikel, perubahan url dll. Sama dengan menu lainnya, bisa saja muncul menu baru pada menu settings ini sesuai dengan extension (plugin/template) yang Anda install. Secara standar submenu pada settings adalah:
    GeneralBerisi informasi judul website, tagline website, email, url dari website, setting format tanggal, bahasa dll
    WritingPada menu ini, berisi informasi mengenai posting dengan menggunakan email, submenu ini jarang digunakan. Karena lebih nyaman untuk melakukan posting dengan menggunakan halaman admin.
    ReadingBerisi informasi halaman awal atau front page, pemilihan halaman utama dan jumlah post perhalaman.
    DiscussionIni adalah konfigurasi untuk menu Comments, Anda dapat mengkonfigurasi jenis Avatar yang digunakan, black list comment, comment moderation dll
    MediaMenu ini berfungsi untuk standarisasi dan pengelompokkan uploading data media
    PermalinksBerfunsi untuk mengelola tampilan url website Anda, Anda dapat merubah url Anda menjadi URL Friendly atau mengunakan pemisah bulan.

Demikianlah penjelasan fungsi dari menu-menu yang ada pada halaman admin wordpress. Semoga dapat membantu Anda memahaminya.

Terima kasih

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top