All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Mengenal Tipe Iklan Unik Adsense Matched Content

Feature Matched Content

Pernahkan Anda melihat pada setiap blog/situs memberikan layanan “artikel yang relevan” atau “Artikel yang berkaitan” pada suatu link atau situs lain? setiap web minimal pasti memiliki fungsi itu. Posisi penempatan tersebut biasanya berada pada inline artikel, bawah artikel atau berada pada posisi sidebar.

Apa fungsinya?

Fungsi modul Artikel yang relevan/Artikel yang berkaitan ini adalah salah satu cara untuk menawarkan artikel lain pada blog Anda untuk meningkatkan jumlah tayangan pada blog Anda. Pembaca dapat dengan mudah menjangkau artikel lainnya pada blog Anda tanpa harus susah payah untuk mencarinya.

Apa hubungannya dengan Adsense?

Kali ini google memberikan layanan tipe iklan yang unik yaitu Adsense Matched Content. Google memberikan layanan ini untuk membantu publisher untuk memberikan optimasi penempaan iklan pada modul artikel yang relevan. Namun pada tipe unit ini tidak semua publisher dapat menggunakannya. Hanya yang berstatus Website Eligible saja yang dapat menggunakannya, dan info lainnya adalah meskipun sudah Eligible ada kemungkinan tipe iklan ini tidak menampilkan gambar bahkan iklannya pun tidak muncul. Karena jenis platform yang digunakan oleh publisher itu beragam, hingga kini google masih berupaya untuk optimalisasi jenis iklan ini.

Kita lihat dahulu bagaimana Adsense Matched Content ini bekerja:Matched Content

Dapat Anda lihat pada gambar diatas, terdapat artikel-artikel relevan seperti biasanya namun ada perbedaannya yaitu bertuliskan Powered by Google. Inilah yang dimaksud dengan Google Matched Content. Iklan akan muncul pada sela-sela artikel tersebut. Selain meningkatkan jumlah impression juga dapat meningkatkan jumlah klik pada iklan Anda.

Bagaimana mengetahui bahwa blog kita Eligible? 

Login pada portal google adsense Anda, kemudian masuk pad menu Setting > My Site > Matched Content. Jika Anda tidak menemukannya atau url blog Anda tidak muncul, maka blog Anda belum Eligible. Salah satu syarat Eligiblelit adalah memiliki blog sendiri dan memenuhi kebijakan google Adsense.

Matched Content Site

Jika Anda menemukan url blog Anda, maka Anda dapat lanjut untuk membuat Tipe Iklan Matched Content. Sekarang, buatlah tipe iklan ini masuk menu My Ads > New Ad Unit > Matched Content

Createagar matched content dapat optimal perhatikan tips berikut ini:

  • Gunakan tata letak secara responsif. Tata letak yang responsif akan dibedakan berdasarkan lebar dan ukuran layar.
  • Jika menggunakan ukuran secara manual atau standar, sebaiknya pilih ukuran iklan dengan rasio lebar:tinggi sekitar 2:1 = horizontal, atau 1:2 = vertikal. Tidak menggunakan ukuran tipe iklan lainnya misalkan 728×90, tinggi atau lebar ukuran tidak melebihi 1.200 px, dan hanya satu dimensi yang boleh lebih dari 600 px.

Setelah itu simpan script iklan tersebut pada area bottom article atau pada sidebar. Tunggu 20-30 menit hingga iklan ini aktif dan agar dapat Anda ketahui, seperti yang saya tulis pada paragraf sebelumnya, kemungkinan gambar tidak muncul pada tipe iklan ini, namun teks dari judul artikel tersebut masih muncul. Dari beberapa narasumber mengatakan gambar akan muncul setelah 5-7 hari.

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top