All for Joomla All for Webmasters
Basic Computing

Mengenal Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Dalam membangun sebuah komputer, kita harus pahami komponen apa saja dan apa fungsinya dari komponen tersebut. Hampir semua orang memiliki minimalnya laptop atau pc desktop dirumahnya. Tidak terkecuali kantoran, pasti memilikinya.

Komponen yang akan dibahas ini adalah komponen hardware. Setiap komponen dapat dilakukan upgrade atau penambahan sesuai dengan kebutuhannya. Misal saja institusi pendidikan dengan jurusan Administrasi, dengan komponen yang minimal sudah tentu masih dapat mencukupi kebutuhannya tersebut, dibandingkan dengan jurusan lainnya misalkan jurusan desain grafis, pasti membutuhkan RAM dan GPU yang lebih tinggi.

Ada banyak komponen yang terdapat dalam komputer, ada 2 jenis komponen yaitu komponen utama pembangun komputer misalnya processor dan komponen ekspansi atau tambahan misalnya cd-rom.

Mari kita lihat, apa saja komponen-komponennya beserta fungsi dari masing-masing komponen tersebut.

  • Central Processing Unit (CPU)
    CPUSeperti halnya pada manusia, manusia memiliki Otak untuk berfikir. Begitu pula pada komputer. Pada komputer otak ini dinamakan dengan Processor atau Central Processing Unit. CPU bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan rumit yang diperlukan oleh komputer agar dapat dapat berfungsi dengan baik. Komputer tidak dapat bekerja tanpa adanya CPU. Fungsi utama CPU ini adalah melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data yang diambil dari RAM atau perangakat Input. CPU melakukan proses dengan hitungan kecepatan hertz. Semakin besar kecepatan tersebut, maka semakin cepat proses pengeksekusian data yang diolahnya.
    Processor memiliki 3 komponen, yaitu:

    • Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
    • Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
    • Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.
  • Motherboard
    Papan induk atau motherboard, ini adalah papan sirkuit utama untuk menggabungkan semua komponen komputer. Setiap motherboard memiliki slot-slot khusus untuk meletakkan komponen komputer tersebut. Didalamnya terdapat BIOS, bios ini berfungsi untuk mengatur fungsi dari perangkat keras komputer. Selain itu, didalamnya terdapat PCI bus, AGP bus, dan memiliki slot ekspansi lainnya, slot tersebut digunakan untuk menambah kemampuan sebuah komputer.
  • Memory

    Memory merupakan bagian penting lainnya dalam komponen pembangun komputer, perangkat keras ini berfungsi untuk menyimpan data secara sementara sebelum dan sesudah diproses oleh processor.
    Berdasarkan tingkat kecepatannya, RAM terbagi menjadi empat, yaitu:
    a. Register,
    komponen ini berada pada processor atau dapat dikatakan sebagai memory internal processor.
    b. Cache Memory,
    merupakan memory perantara untuk meningkatkan kecepatan komputer.
    c. Main Memory,
    terdiri dari ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory).
    d. Secondary Memory,
    berupa media penyimpanan data jangka panjang, seperti harddisk.
  • Harddisc
    Harddisc/harddrive adalah media penyimpanan data yang bersifat Non-Volatine, maksudnya adalah data tidak akan hilang apabila komputer dimatikan. Data yang ada didalam harddisc akan disimpan secara permanent dengan mengunakan piringan metal magnetik yang berputar. Harddisc memiliki head untuk membaca dan menulis pada piringan metal tersebut. Saat ini, teknologi harddisc terus berkembang, daya tampung dan kecepatannya pun bertambah cepat. Satuan kapasitas saat ini adalah Gb hingga Tb, selain kapasitas harddisc juga dihitung dalam satuan kecepatan putaran atau Rpm misalnya 10.000Rpm.
  • Cassing dan Power Supply

    Cassing merupakan media penyimpanan atau wadah dari berbagai komponen komputer, bentuknya dapat bermacam macam, ada yang full tower, atx atau mini ATX. Didalamnya terdapat kipas untuk mengeluarkan atau memasukan angin. Kipas tersebut dapat disesuaikan dengan rongga pada cassing tersebut. Komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah Power Supply, komponen-komponen utama tersebut tidak akan berjalan tanpa adanya power supply. Biasanya ketika membeli cassing, sudah termasuk dengan power supply, namun ada juga yang terpisah.

  • Komponen Tambahan
    Setelah membahas mengenai komponen utama komputer, kita akan mengetahui komponen tambahan apa saja yang diperlukan untuk mengoperasikan komputer, komponen-komponen tersebut ialah:
    Alat Masukan (Input Devices)

    Dalam hal ini, alat yang digunakan adalah untuk memasukkan data kedalam komputer, bagaimana Anda bisa melakukan pekerjaan tanpa adanya alat masukan? alat masukan ini berupa mouse, keyboard, joystick, scanner dan optical drive (Cd-Rom atau DVD-ROM), masih banyak alat masukkan lainnya seperti layar touchsceen atau barcode reader.
    Alat Keluaran (Output Devices)
    Salah satu komponen tambahan penting lainnya adalah adanya Monitor yang menampilkan proses pekerjaan pada komputer, selain itu alat keluaran ini berupa hasil printout, maka komponen alat keluaran adalah Monitor, CD/DVD, atau printer.
    Kartu Ekspansi Jaringan Komputer
    Suatu komputer dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya, biasanya motherboard sudah memiliki port RJ45 yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan. Jika tidak ada, maka memasang kartu ekspansi pada moterhboard untuk jaringan komputer dinamakan dengan NIC (Network Interface Card) atau sering dinamakan Lan Card, lan card ini dipasangkan pada cassing bagian belakang kemudian dimasukan kedalam slot pada motherboard.
    Kartu Ekspansi VGA Card
    Ini merupakan kartu ekspansi untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan dalam grafis. Namun pada umumnya, motherboard sudah memiliki Port VGA standar. VGA Card ini biasa digunakan oleh para desainer, animator, atau video editor. Dengan adanya VGA card ini, untuk mendapatkan hasil export atau rendering gambar akan lebih cepat. Vga card dipasangkan pada area belakang cassing, yang kemudian disesuaikan dengan slot pada motherboard, biasanya VGA menggunakan slot AGP, PCI atau PCI-Exspress.
    Kartu Ekspansi Sound Card
    Kartu ekspansi ini sama halnya dengan VGA Card. Alat ini sebenarnya adalah output device untuk mengeluarkan suara. Pada motherboard biasaya sudah memberikan port sound ini, namun jka Anda ingin memasangkannya pada komputer, bisa saja. Fungsi lain dari soundcard adalah, adanya kualitas suara yang lebih bagus dari pada port bawaan.

Komponen-komponen diatas adalah perangkat keras yang digunakan untuk membangun sebuah komputer. Kartu-kartu ekspansi dapat Anda gunakan untuk menambahkan kemampuan dari komputer Anda, masih banyak sebenarya kartu ekspansi yang dapat digunakan, misalnya Video Card untuk mengolah video, USB Card untuk menambah jumlah Port USB dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai komponen Komputer beserta fungsinya. Semoga bermanfaat.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top