All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Mengenal Google Search Console dan Fungsinya

Anda sebagai pemilik situs pastilah melakukan optimasi SEO untuk mendapatkan halaman pertama dalam mesin pencarian khususnya Google. Sebetulnya ada banyak tool yang dapat Anda gunakan untuk mendaftarkan situs anda kedalam mesin pencarian. Dalam hal ini google memberikan cara yang simple untuk mendaftarkan situs bahkan halaman Anda dengan mudah dan cepat.

Dengan menggunakan Google Search Console Anda dapat memantau kinerja dan mempertahankan keberadaan situs Anda di hasil pencarian Google. Bagi Anda sebagai seorang developer atau professional SEO pastilah sangat membutuhkan tools ini. Perlu Anda ketahui, jika Anda mendaftarkan situs Anda ke google search console, dengan otomatis situs dan halaman-halaman Anda akan terindeks oleh google.

Gambar diatas adalah dashboard dari google search console. Selain untuk mengetahui kinerja dan indeksisasi situs, lalu apa saja fungsi dari tools ini? mari kita simak fungsi-funginya berikut ini:

Messages

Dalam menu ini, Anda akan mendapatkan notifikasi mengenai kinerja situs Anda. Contohnya, jika website Anda kena hack atau ada virus dalam situs Anda, maka Anda akan mendapatkan informasi mengenai hal tersebut, dan bagaimana caranya untuk menangani isu yang terdapa dalam situs Anda. Secara pribadi, situs saya dahulu pernah terkena injeksi script hingga akhirnya terkena pinalti yaitu tidak munculnya situs saya ini di mesin pencarian google karena membahayakan pengunjung, google memberitahukan akan hal itu, saya memperbaikinya ajukan banding dan kembali normal.

Search Appereance

Pada menu ini, Anda dapat melihat contoh hasil pencarian situs dalam hasil mesin pencari. Submenu dalam Search Appreance adalah

  • Structure Data – Google memahami akan situs Anda agar berkembang dengan baik sub menu ini dapat berfungsi sebagai review atau ada schema yang tidak sesuai dengan situs Anda. Jika Anda menemukan error pada dashboard, maka segera perbaiki.
  • Rich Cards – Fungi yang sama dengan structured data, laporan yang diberikan adalah berupa gambar. Pada hasil pencarian, User akan mendapatkan format multimedia berupa gambar yang dapat mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.
  • Data Highlighter – Fungsinya masih sama dengan 2 fungsi diatas, digunakan untuk merubah rich snippet yang tampil di hasil pencarian Google secara manual tanpa harus merubah kode/script yang ada di website Anda.
  • HTML Improvemenst – Fungsi ini berguna untuk melakukan perbaikan situs Anda untuk meningkatkan performansi hasil pencarian.
  • Accelerated Mobile Pages – Laporan mengenai indeksisasi halaman AMP situs Anda, laporan ini akan memberikan data berupa grafik. Laporan ini akan muncul jika Anda menggunakan AMP dalam situs Anda.

Search Traffic

Pada menu ini Anda akan mendapatkan submenu yaitu:

  • Search Analytics – Pada submenu ini menunjukkan seberapa sering situ Anda muncul pada hasil pencarian google. Anda dapat menggunakan filter dan pengelompokan sesuai dengan kategori tertentu, misalnya query atau tanggal.
  • Link to Your Site – Laporan mengenai tautan yang ditemukan oleh Googlebot selama proses pencarian dan indeks, beserta sumber link tautan dari luar situs Anda.
  • Internal Links – Laporan hampir sama dengan Link to Your Site, namun ini adalah laporan tautan internal situs Anda.
  • Manual Actions – Pada menu ini, jika situs Anda mendapatkan pelanggaran dalam aturan google misalnya terdapat spam, atau virus pada situs Anda. Google akan mendeteksi dan meminimalisir pelanggaran ini, dan memberitahukan kepada Admin untuk meninjauh kembali dan memperbaiki situs Anda tersebut.
  • International Targeting – Google akan menampilkan laporan mengenai target pengguna situs Anda. Google akan mengembalikan situs yang paling relevan dan berguna pagi penggunanya. Jika situs Anda memiliki domain negara, misalkan rhiel.id maka hasil pencarian akan berbeda antara pengguna Indonesia dan luar Indonesia.
  • Mobile Useability – Dari judulnya sudah jelas, pada menu ini bersi laporan kegunaan seluler untuk mengidentifikasi laman di situs Anda dengan masalah kegunaan bagi pengunjung di perangkat seluler.

Google Index

Pada menu ini Anda akan mendapatkan submenu:

  • Index Status – Berisi laporan mengenai seberapa banyak halaman situs Anda di indeks oleh google.
  • Blocked Resources – Pada menu ini, google memberitahu kepada Anda sebagai pemilik situs mengenai sumber aplikasi Anda, misalkan script css atau javasrcipt, pemblokiran tersebut dapat diakibatkan adanya script yang berupa spam atau virus yang terselubung
  • Remove Url’s – Pada menu ini, berfungsi untuk permohonan penghapusan situs atau url.

Crawl

Pada menu ini Anda akan mendapatkan submenu:

  • Crawl Errors dan Crawl Stats- Pada kedua menu ini, menunjukan laporan mengenai perayapan google terhadap situs Anda. Google melakuran crawling dalam 90 hari terakhir, seperti kesalahan DNS, konektivitas, server halaman 404 dan lain sebagainya. Setiap error yang ditemukan akan muncul pada menu Crawl Errors.
  • Fetch as Google – Berfungsi untuk melakukan simulasi dengan menggunakan Googlebot untuk melakukan crawl terhadap situs Anda. Biasanya fungsi ini digunakan bagi para pemain seo untuk mempercepat melakukan indeksisasi situs mereka.
  • robots.txt Tester – Berfungsi untuk menguji apakah file robots.txt pada situs Anda sudah benar dan tidak memblokir halaman yang penting.
  • Sitemaps – Pada fungsi ini, Anda diharapkan memasukkan sitemaps dari situs Anda guna membantu google dalam melakukan indeksisasi situs Anda secara lengkap. Adapun fungsi indeksisasi ini sudah tentu agar dapat muncul dalam mesin pencarian google.
  • URL Parameters – Digunakan untuk mengetahui bagaimana url bekerja, perlu Anda ketahui Anda harus berhati-hati dalam menggunakan url parameter ini, karena jika ada kesalahan dalam penggunaannya, akan berakibat penghapusan halaman dalam indeks pencarian google. Jika Anda paham mengenai hal ini, bisa saja Anda menggunakannya, saya pribadi belum terlalu memahami fungsi ur parameter tersebut. Sedikit informasi mengenai url parameters ini berkaitan dengan duplikasi url yang menggunakan ID dalam situs halamannya.

Security Issues

Pada menu ini, Anda akan mendapatkan pemberitahuan mengenai situs Anda, seperti yang sudah saya ceritakan diawal ketika situs saya terkena hack, dan pada menu ini juga gogle akan memberitahu mengenai status situs Anda dalam mesin pencarian, masih bisa dicari namun ada beberapa halaman tertentu tidak bisa dibuka karena adanya virus misalkan, atau total situs Anda tidak dapat dibuka karna masalah keamanan untuk pengguna. Jika Anda mendapatkan pemberitahuan dalam menu ini, agar segera diperbaiki dan segera lakukan banding atau pengecekan ulang oleh google terhadap situs Anda.

Web Tools

Sesuai dengan judulnya, menu ini berfungsi untuk melakukan ujicoba secara lengkap mengenai situs Anda. Terdapat menu Laporan untuk laporan kesesuaian iklan, testing kecepatan situs Anda, test struktur data situs Anda dan fungsi testing lainnya.

Demikian lah artikel mengenai Google Search Console, semoga menambah wawasan Anda dalam mengelola sebuah website berdasarkan laporan yang tersedia dalam tools ini.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top