All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

Blogging

Mengenal Alexa, Apa Fungsi dan Manfaatnya?

Memiliki blog yang populer adalah impian bagi para blogger. Dari kepopuleran tersebut maka traffic pengunjung akan semakin meningkat. Seperti yang kita tahu, dari blog tersebut kita bisa mendapatkan uang dari hasil monetisasi berupa iklan atau cara marketing lainnya, seperti placement artikel misalnya atau sponsorhip yang berbayar.

Kita dapat mengetahuinya melalui statistik blog. Dalam hal ini, blogger contohnya memberikan menu untuk menganalisa statistik pengunjung blog Anda. Selain itu, jika Anda sudah mendaftarkan blog Anda ke google Analytics, akan lebih bagus lagi dikarenakan sistem pelaporan yang dimiliki oleh google Analytics sangatlah lengkap, namun google analytics tidak memberikan informasi mengenai peringkat suatu blog.

Untuk mengetahui rangking blog Anda, Anda dapat memanfaatkan situs-situs penyedia layanan cek rangking blog Anda, Alexa Rank salah satunya. Situs Alexa memberikan detail peringkat blog Anda luar maupun lokal.

Alexa memberikan informasi peringkat yang dapat Anda akses secara gratis, namun untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, Anda diharuskan membayar paket sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lalu siapakah Alexa?

Alexa Internet, Inc adalah suatu perusahaan asing yang berbasis di Califonia, perusahaan ini menyediakan statistik dan peringkat web. Alexa adalah anak perusahaan dari Amazon. Alexa melakukan kalkulasi dari setiap traffic. Sistem ini ditetapkan oleh alexa yang berdasar kepada frekuensi kunjungan, algoritma yang dihitung berdasarkan jumlah lalu lintas yang direkam dari pengguna yang memiliki Alexa Toolbar yang diinstall oleh user pada web browser mereka.

Traffic ini didasarkan pada parameter, seperti pencapaian terhadap suatu blog dan kecepatan dalam menampilkan halaman. Hitungan ini berdasarkan kepada seberapa lama pengunjung mendatangin blog Anda, berapa kali halaman Anda dilihat, dan dari sumber manakah blog itu berasal.

Hasil peringkat dari alexa berjumlah jutaan, hasil ini dikalkulasikan dengan total website yang Ada di seluruh dunia dan lokal. Untuk mencobanya Anda dapat mengunjungi situs alexa.com/siteinfo. Sebagai contoh blog rhiel.id ini, blog ini sudah ada dari tahun 2016. Semakin hari, peringkatnya semakin mengecil. Semakin kecilnya rangking pada alexa, membuktikan bahwa adanya kemajuan pada suatu blog/website.

Rank

pada gambar diatas adalah peringkat dunia dan peringkat lokal dari rhiel.id (waktu 1 tahun) meskipun angkanya masih jutaan, cukup lumayan bagi saya karena saya tahu peringkat berapa pada awal rhiel.id dibangun. Coba Anda bandingkan dengan blog Anda atau blog favorit Anda. Pastilah akan lebih baik peringkatnya.

Manfaat Alexa

Hingga saat ini, alexa masih dipercaya sebagai standar peringkat blog maupun website. Dan banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Alexa, manfaanya antara lain:

  • Alexa dapat digunakan sebagai alat intelejen untuk melakukan pengecekan terhadap blog/website Anda,
  • Melihat kompetitor mengenai kepopulerannya di dunia maya,
  • Sebagai pembanding dari Google PageRank, semakin rendah nomor peringkat Anda, maka semakin baik,
  • Membantu Anda sebagai owner dan webmaster meningkatkan kinerja dan potensi dari blog,
  • Dari hasil analisa alexa, blog Anda besar kemungkinan dilirik oleh para pengiklan. Semakin bagus rangking nya, semakin tinggi tawaran untuk membeli ruang pada blog Anda.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top