Operating System

Mengelola Ebook dengan Calibre

Sobat rhiel.web.id , kali ini penulis ingin sharing bagaimana mengelola ebook dengan Calibre. Masalah timbul ketika kita memiliki banyak ebook dan bingung mencari ebook yang kita inginkan, belum lagi waktu yang dihabiskan untuk mencari ebook tersebut. Mungkin hal ini banyak dialami oleh Perpustakaan, Peneliti, Akademisi, dll. Namun jangan khawatir, diantara banyak aplikasi untuk mengelola ebook, penulis merekomendasikan menggunakan Calibre karena kemudahan dalam menggunakannya.

Mengelola ebook dengan Calibre

 

Fitur Calibre

Dari sedemikian banyak fitur yang ada, penulis akan ringkas saja, diantaranya:

  • Mampu menyimpan ebook dalam satu folder dan dapat dicari kembali setelah sobat tambahkan kata pencariannya (tags),
  • Mampu mengelompokan berdasarkan Author, Bahasa, Series, Format, Penerbit, Rating, Tags untuk pencarian dan lainnya,
  • Mudah Penyimpan ke aplikasi Calibre, hanya perlu drag ebook yang kita ingin kelola,
  • Memiliki tampilan menarik, mudah digunakan  saat mengelola ebook,
  • Dapat menyimpan berbagai format ebook seperti epub, pdf, doc, rar, dll
  • Dan yang tidak kalah penting, Calibre dapat men-share seluruh koleksi yang kita miliki ke user lain selama terkoneksi dalam satu jaringan.

Download Calibre

Aplikasi ini tidak besar untuk aplikasi yang banyak fitur. Langsung saja, sobat bisa download Calibre di link berikut. [button color=”” size=”” type=”3d” target=”_blank” link=”http://goo.gl/82mSrO”]Klik Disini[/button]

Cara Menggunakan Calibre

Loading...

Setelah sobat install aplikasi calibre, kita pilih ebook yang sobat ingin kelola, cukup block dan tarik (drag) ke calibre, contoh seperti berikut:

Mengelola ebook dengan Calibre

Setelah file masuk, sobat tinggal melengkapi data ebook-ebook tersebut, tinggal klik kanan dan pilih “edit metadata”. Semakin baik dan detail sobat mengisi metadata ini, semakin cepat juga sobat akan mendapatkan buku ini.

Perlu diingat, file yang masuk pada Calibre akan dicopy, jadi tidak menghilangkan file asal.

Calibre di Perpustakaan

Setelah selesai seluruh koleksi masuk dan dikelola, itu artinya koleksi ebook sobat siap dipakai, nah tinggal bagaimana cara mengaktifkan file sharing kepada user lain jika dibutuhkan.

Untuk mengaktifkan file sharing dalam satu jaringan, cukup klik tombol “Connect/Share “letaknya ada pada menu utama, pojok kanan atas. Setelah itu klik “start content server”. Jika ada notifikasi permission muncul klik “Allow”, dengan begitu koleksi anda sudah online.

Bagaimana user lain mengakses koleksi anda? Caranya cukup masuk ke Browser contoh Google Chrome, tinggal ketikan alamat IP dan Port-nya. Informasi IP dan Port-nya tersedia di Calibre menu “connect/share”, di komputer penulis tertera 10.10.1.66 Port 8080.

Perputakaan Digital

Pada browser user, cukup ketikan ip sobat, atau bisa menggunakan localhost:8080. Pada saat artikel ini ditulis, saya menggunakan ip 10.10.1.66, maka cara mengakses portal tersebut adalah 10.10.1.66:8080, dan koleksi digital anda siap diakses.

Share Ebook Online

Berikut cara mengelola ebook dengan Calibre, mudah-mudahkan membantu sobat dalam mengelola ebook. Selamat Mencoba. 🙂


Loading...
2 Comments

2 Comments

  1. abi

    27/06/2019 at 10:59

    gan..itu kan akses ny cuma di lan…
    kalo buat ke wan bsa kah gan?

    • Rhiel.ID

      28/06/2019 at 13:17

      Bisa saja gan,
      Tinggal kasih IP public, pake forwarding
      dari luar bisa langsung akses ke lokal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top