All for Joomla All for Webmasters
Operating System

Membuat Folder Sharing di VirtualBox Dengan Mudah

Kembali membahas feature dari VirtualBox, pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai pemanfaatan virtualbox untuk scanner lawas. Pada artikel tersebut, kita menggunakan jenis folder sharing yang sudah tersedia pada jaringan, nah jika kondisi kita dalam keadaan tidak ada jaringan bagaimana?

Pada virtuaBox, terdapat fasilitas additional untuk PC Guest/Virtual. Pada fasilitas tersebut kita memungkinkan melakukan sharing beberapa folder yang terdapat pada PC host, jika pada pc guest/virtualbox memang difungsikan maksimal misalkan sobat menggunakan virtualbox sebagai mendia penyimpanan sementara, ujicoba aplikasi, ataupun sebagai webserver. Pastilah sobat memerlukan lalulintas data untuk saling transfer data yang diperlukan.

Melalui additional feature guest ini, sobat dapat dengan mudah melakukan folder sharing layaknya Map Network Drive, dan bentuknya akan sama persis seperti Mapping drive pada folder share jaringan.

Bagaimana cara memanfaatkan fasilitas ini? simak langkah-langkah berikut.

Install Guest Addition Feature

Nyalakan virtualbox, kemudan pilih device > insert guest addition CD image. Pada langkah ini, kita akan install dahulu fasilitas additional feature yang sudah disediakan oleh penyedia layanan VirtualBox. Setelah klik insert guest addition cd image, maka pada dvdrom akan muncul daemon cd instalasi. Klik run untuk melakukan pemasangan aplikasi.

pada gambar diatas, virtualbox akan memberikan aplikasi untuk melakukan instalasi addition feature, klik Run kemudian ikuti langkah-langkah instalasinya.

ikuti langkah instalasi tersebut, jika nanti muncul jendela baru untuk install driver, centang Always Trust kemudian klik tombol install.

pada gambar diatas, adalah dialog security windows dalam menjalankan instalasi additional feature virtualbox, jangan lupa centang pada Always trus … kemudian klik install. Kemudian proses instalasi akan berlanjut. Installer tersebut akan menginstall driver-driver untuk dapat menjalankan fasilitas tambahannya.

Proses instalasi telah selesai dilakukan, kemudian reboot virtualbox. Jika sudah, maka kit siap melakukan mapping drive langsung dari PC Host.

Setting Folder Share

Jalankan kembali VirtualBox sobat, tunggu hingga selesai booting. Kemudian pada toolbar, pilih Devices > Shared Folder > Shared Folder Setting

Pilih machine folder, kemudian klik gambar icon Folder pada sisi kanan, maka akan muncul jendela konfirmasi pemilihan folder mana yang akan dishare.

pada folder path, admin memilih folder download. Ini sebagai contoh saja, jika sobat menginginkan folder yang lain, silahkan set folder sesuai dengan keinginan sobat. Ceklist auto mount, jika folder tersebut akan terus digunakan maka centang Make Permanent, ini akan berfungsi untuk tetap melakukan mapping terhadap folder share yang dipilih. Jika sudah klik OK.

Cek Explorer sobat, maka akan muncul folder yang sudah dipilih pada saat pemilihan folder path:

Nah sudah muncul 🙂

Jika masih bingung, silahkah lihat video tutorial ini.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top