All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Membuat Blog dengan Blogger dalam 2 Menit

Setelah membahas mengenai pengertian dan fungsi dari blog, kita akan memulai bagaimana mengawali pembuatan blog tersebut. Sesuai judul, hanya perlu 2 menit dalam mengawali sobat membuat blog, kita akan membuat blog dengan cepat.

Sebelumnya kita pahami dahulu, apa itu blogger?
Blogger ini adalah media layanan Blog gratis dari Google, sobat tidak perlu membayar untuk memiliki blog tersebut karena penyimpanan data sobat disimpan di servernya google. Domain sobat akan berakhiran blogspot.com, jika sobat ingin merubah domain sobat, maka sobat harus menyambungkannya dengan domain sobat di penyedia domain, ini dinamakan TLD atau Top Level Domain, sebagai contoh rhiel.blogspot.com adalah LLD atau Low Level Domain, admin harus membeli nama domain kepada pihak ketiga penyedia domain dan setelah disambungkan dengan server blogspot, bisa menjadi rhiel.com atau rhiel.id ataupun yang lainnya.

Mari mulai pembuatan blognya.

Tahap pertama adalah sobat buka website

blogger.com

jika sobat sudah memiliki akun gmail, sobat tinggal login menggunakan akun gmail tersebut.

jika sobat baru pertama kali membuat blog maka setelah login, sobat akan disambut oleh google untuk melakukan konfirmasi pembuatan blog sobat.

Lalu pilih Lanjutkan Ke Blogger. Setelah itu, sobat akan dihadapkan dengan sekumpulan tools untuk mengelola blog sobat. Pada menu sebelah kiri ada tombol Buat Blog Baru.

Pada kolom isian, ada Judul dan Alamat, nah pada kolom Judul silahkan sobat isi dengan Nama Blog sobat, misalkan Tutorial Komputer, kemudian pada kolom alamat diisi dengan nama domain atau nama website yang sobat inginkan misalnya tutorialkomputer maka otomatis blogger akan mencarikannya untuk sobat, jika sudah ada atau domain dirasa tidak cocok dengan aturan blogger maka sobat harus mencarinya lagi hingga Nama Domain sobat tersedia. Lihat pada gambar berikut.

Setelah itu, sobat lihat pada tema, tema yang tersedia adalah tema default bawaannya blogger silahkan pilih sesuai keinginan sobat, jika sudah klik buat blog, dan blog sobat sudah selesai dibuat. Untuk melihat blog yang sudah sobat buat, klik tombol Lihat Blog pada menu kiri atas.

maka halaman pada browser sobat akan membuka tab baru dengan tampilan yang sudah sobat pilih pada pendaftaran domain sebelumnya.

Nah sudah 2 menit khan? ๐Ÿ˜€
Sampai langkah ini, sobat sudah berhasil membuat blog namun masih kosong, artikel berikutnya akan dijelaskan mengenai cara mengelola blog di blogger. ๐Ÿ™‚

semoga bermanfaat!

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top