Cloud Hosting Indonesia
Operating System

Memanfaatkan VirtualBox Untuk Instalasi Scanner Umax 5600

Kali ini admin akan membahas mengenai salah satu pemanfaatan Teknologi Virtualisasi dengan aplikasi VirtualBox, mungkin sobat masih memiliki device yang hanya bisa berjalan pada Platform terdahulu dan driver tidak support lagi terhadap OS yang terbaru. Misalkan sobat memiliki Scanner Umax dengan tipe 5600 yang hanya support pada OS Windows XP.

Pada salah satu client rhiel.id Device ini masih sangat digunakan untuk melakukan scanning Klise Film dan scanning dokumen, jika jumlahnya hanya 1 mungkin bisa dibuang atau dijual, tapi ini jumlahnya banyak, maka sangat disayangkan jika dibuang atau tidak dipakai. Jika memiliki PC lebih untuk operasional, boleh diinstal OS Windows XP namun sekarang ini minimal OS menggunakan Versi Windows 7 atau bahkan Windows 10 dan tidak ada PC lebih yang bisa digunakan hanya untuk diinstal Windows XP. Ini menjadi kendala, admin memanfaatkan teknologi Virtualisasi untuk dapat menjalankan aplikasi UMAX ini pada PC eksisting, dimana PC tersebut menggunakan windows 7.

Sebelum memulai bagimana menggunakannya, admin berharap sobat sudah memahami dan mempelajari mengenai Cara Install OS pada VirtualBox, bisa dilihat pada artikel Cara Instalasi Virtual Box atau dapat melihat Video Tutorial.

Pertanyaannya adalah, bagaimana bisa USB yang terpasang pada fisik bisa terbaca juga di VirtualBox? ini adalah salah satu kelebihan VirtualBox, dimana sobat dapat melakukan Attach device pada fisik yang kemudian fungsi dari usb tersebut akan berpindah ke mesin virtual, sangat canggih. Sobat dapat attach beberapa device sekaligus, dalam artian sobat dapat melakukan instalasi aplikasi yang dari usb (fisik) di VirtualBox ataupun melakukan instalasi device driver pada VirtualBox.

Koneksi yang digunakan adalah NAT, kenapa menggunakan NAT?
karena kita akan memanfaatkan sistem file sharing yang sudah ada pada pc fisik.

misal pc fisik dengan ip 192.168.100.4, pada pc fisik harus disediakan dahulu folder share agar file dapat langsung disimpan pada drive tersebut.

Pada kasus ini, kita akan melakukan instalasi virtualBox dengan OS Windows XP dan melakukan instalasi kemudian menjalankan scanning dari Scanner Umax 5600.

Lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut

Langkah pertama adalah, instalasi dahulu OS win XP nya pada VirtualBox, jika sudah masuk ke menu konfigurasi Virtual Ethernet, konfig pada Adapter 1 dengan settingan NAT.

pada gambar diatas, kita hanya menggunakan 1 adapter, karena PC Fisik hanya memiliki 1 Ethernet atau 1 Lan Card yang sudah terkoneksi ke jaringan internal. Kemudian masuk ke menu USB, pasangkan scanner ke usb pc fisik, jika sudah biarkan dia instalasi dan akan gagal melakukan instalasi driver pada pc fisik, atau sobat bisa attach USB nya nanti.
klik tombol “+” berwarna hijau pada area kanan, kemudian cari tulisan USB Scanner, ini akan muncul jika sobat sudah memasang Scanner pada USB Fisik.

Konfigurasi nya hanya segitu, namun nanti kita akan lihat bagaimana caranya untuk melakukan penyimpanan data ke foldershare.

Jalankan Virtual os nya,

pada gambar diatas ini sudah terpasang, tapi tak apa kita ulangi langkahnya. Nah ini adalah tampilan Windows XP dalam layanan Virtualisasi. Kemudian cek pada toolbar terdapat Menu Device. Jangan lupa Scanner sudah terpasang dan dalam kondisi aktif ya. Klik menu Device kemudian cari USB Scanner, ini hanya memastikan saja bahwa usb scanner sudah dapat terdeteksi pada List Device. Terlihat pada gambar berikut:

 

sampai sini sebetulnya mesin virtual sudah terkoneksi dengan USB Scanner, PC Fisik akan menginstall USB Virtual, biarkan hingga selesai.
Lalu bagaimana untuk menginstall drivernya? 
Untuk driver, langkahnya sama dengan Attach device diatas,
sobat pasang USB yang berisikan Driver Umax Astra 5600, kemudian pilih device dan cari Merk Flash Disc sobat pada List devices kemudian pilih atau di klik pada Merk Flash Disc sobat, maka USB sudah dapat difungsikan seperti biasanya (fisik).

pada gambar diatas, admin sudah melakukan attach usb yang berisikan driver UMAX, dan melakukan instalasi driver, lakukan instalasi seperti biasa. Jika selesai, buatlah folder sharing pada PC Fisik ataupun jika sudah memiliki folder share pada pc lain, sobat dapat melakukan mapping driver agar mempermudah untuk penyimpanan data hasil scan, pada kasus ini ip fisik yang memiliki folder sharing adalah pc server dengan ip 192.168.100.4 dan membuat folder Hasil Scan. Atau sobat bisa membuatnya terlebih dahulu pad PC Fisik sobat.

pada gambar diatas, adalah explorer dari PC Fisik yang dibuatkan folder Hasil Scan. Sekarang kembali ke Mesin virtual, untuk melakukan map network drive pada mesin virtual, caranya adalah tembak ip yang memiliki folder sharing dengan cara

\\192.168.100.4 dari address bar explorer, cari folder Hasil Scan > kemudian klik kanan > pilih Map Network Drive (ini dilakukan pada mesin virtual).

Maka hasilnya akan seperti berikut:

terlihat pada gambar diatas, sudah dilakukan Mapping untuk folder Hasil Scan dari IP 192.168.100.4

Jika semua persiapan sudah dilaksanakan
1. Install Driver
2. Mapping Drive

sobat sudah bisa menjalakan aplikasi Umax tersebut, boleh menggunakan software bawaan atau aplikasi yang tersedia dalam Windows XP, kali ini admin menggunakan bawaan aplikasi, yaitu Scanner and Camera Wizzard.

Lakukan scanning seperti biasanya. Ketika melakukan penyimpanan simpan pada folder yang sudah di share pada langkah awal, yaitu Hasil Scan. 

jika sudah disimpan, sobat kembali ke PC Fisik sobat, kemudian buka folder Hasil Scan tersebut, jika langkah-langkah sobat sudah benar dan tidak ada masalah ketika melakukan penyimpanan, sobat sudah berhasil dalam pemanfaatan teknologi virtualisasi ini,

pada gambar diatas adalah explorer dari PC fisik (os utama), hasil scan tadi sudah berhasil disimpan pada folder share, dan sobat sudah menerima hasil kiriman scanning dari pc virtual. Untuk berikutnya, sobat tidak usah menginstall lagi pada mesin virtual, sobat tinggal menyalakan kembali xp nya, kemudian attach USB Scanner dan jalankan seperti biasa.

Sampai sini dulu sobat 🙂
jika ada pertanyaan atau masih bingung, silahkan kirim pertanyaan pada kolom komentar.

Terima kasih,
semoga bermanfaat

_rhiel_

 

www.domainesia.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Cloud Hosting Indonesia