Cloud Hosting Indonesia
General Article

Manfaat Cloud Computing

Hei sobat!, kita kembali membahas mengenai Cloud Computing, sebelum membaca artikel ini sobat harus membaca dahulu apa itu Cloud Computing, setelah membahas pengertian cloud computing sekarang waktunya membahas apa keuntungan dari Cloud Computing tersebut? dan apa kerugian dalam menggunakan cloud computing?

Mari kita simak.

Sederhananya adalah, Cloud Computing berbasis internet, dimana pada masa lalu orang menjalankan program atau aplikasi pada komputer fisik. Cloud Computing memungkinkan user dapat mengakses ke satu program aplikasi secara bersamaan.

Misalkan, ketika sobat memperbaharui status atau mengupload foto/video pada Google+ sobat, maka sobat sudah menggunakan sistem cloud computing. Apakah sobat menggunakan sistem aplikasi pada cloud sobat? jika iya maka sistem pengerjaannya pun akan lebih ringan, karna cloud computing dapat menggunakan sistem sharing atau pengelolaan hak akses user.

Mengapa begitu banyak bisnis yang bermigrasi ke sistem cloud computing? salah satu alasannya adalah efisiensi biaya maintenance server, selain itu menawarkan juga keuntungan yang lebih banyak.

Oke sobat, dibawah ini adalah beberapa manfaat yang dirasakan dalam penggunaan cloud computing.

Fleksibel dan Dapat Dikerjakan Dimana Saja (Flexibility & Mobile Ability)
Kenapa fleksibel? karena layanan internet ideal bagi perusahaan yang sedang tumbuh, aplikasi yang dibuat/dibangun juga sangatlah mudah untuk dikembangkan, selain dariapada itu tentulah aplikasi tersebut dibutuhkan bandwidht internet, jika kebutuhan meningkat maka bandwidht juga perlu ditingkatkan. Sistem Cloud ini dapat diakses dimana saja, asalkan ada koneksi internet sebagai media penghubung, dapat menggunakan smartphone, pc maupun laptop. Ini sangat mempermudah pekerjaan karena dapat diakses dimana saja dan dan kapan saja.

Pengamanan dari Bencana (Disaster Recovery)
Nah ini tidak kalah penting, penyedia layanan Cloud Computing harus memiliki pengamanan dari bencana maksudnya adalah Backup atau penyalinan data. Perusahaan bisnis yang besar maupun yang kecil menyimpan data pada main server, dan jika terjadi bencana atau fail server maka data akan tetap aman karena berada di lokasi server yang lainnya. Sobat tidak perlu khawatir availability dari sistem cloud sobat akan down ketika terjadi bencana yang besar.
Pembaharuan Perangkat Lunak Otomatis (Auto Update System Software)
Penyedia layanan akan melakukan update secara teratur tanpa user/pengguna harus mengelola sistem software yang bergerak untuk menjaankan aplikasi sobat. Selain daripada update sistem software, perbaharuan keamanan juga tidak kalah penting, so sobat tidak perlu khawatir karena sudah diurus oleh penyedia layanan cloud.
Meningkatkan Kolaborasi & Kontrol Dokumen (Collaboration & Document Controlling)
Ketika harus bekerja secara bersamaan, cloud computing adalah yang layanan yang tepat. Karena system ini dapat digunakan secara bersamaan, misalkan ketika harus mengerjakan dokumen, pengerjaan program aplikasi yang dibagi-bagi tugas nya ataupun presentasi yang harus dirancang bersamaan. Kontrol dokumen akan lebih mudah, pada sistem terdahulu harus dipindah menggunakan media penyimpanan portable agar dapat melakukan file sharing, dan ketika akan mengambil dokumen final, kita kebingungan dimana file tersebut berada dan versi berapa. Dengan adanya Kontrol dokumen, akan terlihat jelas siapa yang melakukan editing dan waktu pengerjaan.

Keamanan
Data yang sudah disimpan pada media penyimpanan cloud akan terus dapat diakses oleh pengguna, misalkan laptop rusak. Tidak perlu cemas, karena sobat masih bisa membuka file-file sobat dengan menggunakan media yang lain, misal web browser. Data pada cloud hanya dapat diakses oleh user yang memiliki akses dan dapat dikelola bersama.

Meringankan Biaya Perawatan (Reduce Cost of Maintenance)
Ini sangat jelas, karena kita menggunakan sistem cloud, maka kita tidak perlu membangun server dan membeli software lisensi untuk mengelola server kita. Mengingat harga server yang lumayan mahal dan infrastruktur yang harus dibuat. User/Perusahaan tinggal membeli paket cloud pada penyedia cloud dan lupakan maintenance pada hardware maupun software sobat. Namun tetap, koneksi internet harus tetap tersedia.

Demikianlah manfaat dari Cloud Computing đŸ™‚
Semoga menjadi informasi yang bermanfaat ya!

_rhiel_

 


2 Comments

2 Comments

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    To Top

    Cloud Hosting Indonesia