All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Langkah Jitu Agar diterima Google AdSense

Blogger mana yang tidak mengenal Google AdSense? pada umumnya pasti sudah tau dan setidaknya pernah mendengar nama tersebut. Seperti yang kita tahu, AdSense adalah salah satu produk Google dengan program Pay Per Click atau disingkat dengan PPC, Google AdSense sangat digemari oleh para blogger untuk memonetisasi blog atau situs mereka.

Ceritanya ketika Google AdSense didirikan, unit nya hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahaha di negara Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur. Namun pada akhrinya tepatnya tanggal 1 Februari tahun 2012 Google secara resmi bahwa Bahasa Indonesia didukung untuk menampilkan unit iklan Google AdSense for content yang sebelumnya hanya Google AdSense for search saja. Hingga kini, AdSense sudah mendukung banyak bahasa diseluruh dunia.

Kenapa Google AdSense sangat populer?

  • Merupakan salah satu jaringan publisher tertua
  • AdSense memiliki ribuan pelanggan dan penerbit yang puas akan kinerjanya
  • Pembayaran tepat waktu dan pasti selalu dibayar
  • Jika dilakukan dengan benar, bisa menjadi satu-satunya sumber dana untuk kehidupan sehari-hari
  • Iklan yang diterbitkan sangat artistik dan menarik
  • Optimasi dan pengembangan sistem yang terus-menerus demi kemajuan dan kenyamanan penerbit

Sebelum peminat Google AdSense membludak, beberapa tahun yang lalu sangat mudah untuk mendaftar, saya sendiri pernah menggunakan adsense pada zaman kuliah namun tidak ditekuni hingga akhirnya akun ditutup dan baru mendaftar lagi di tahun 2017 ini. Kini pendaftaran Google AdSense tidak semudah dahulu, Google AdSense memiliki kebijakan dalam menerima partner-nya. Tidak jarang para blogger mendaftar namun tidak jarang pula ditolak. Ini disebabkan blog/situs tersebut tidak memenuhi kriteria yang diharapkan oleh Google AdSense.

Jika Anda pernah mendaftar kemudian ditolak, ada kemungkinan blog/situs Anda tidak sesuai dengan ketentuan, saya pun demikian pernah mendapatkan penolakan namun terus berusaha. Adapun beberapa kemungkinan yang menjadi alasan penolakan adalah sebagai berikut:

  • Kontent tidak cukup/memadai
    Blog/Situs Anda tidak memiliki cukup teks untuk para pakar Google dalam meninjau blog/situs Anda. Google membuat penilaian dan banyak perhatian pada isi blog sebelum menerimanya. Bukan hanya dari banyaknya kontent, namun harus benar juga tatabahasa, dan isi dari artikel yang tersedia.
  • Template yang digunakan/desain website
    Bagimana perasaan Anda jika masuk kedalam suatu halaman website yang penuh dengan tombol/menu yang tidak tersusun rapi, atau penggunaan warna yang tidak sesuai. Misal dominan warna hijau cerah dengan font warna putih. Pastilah tidak nyaman, google menilai dari penampilan dan karakteristik suatu website dalam melakukan penilaian.
  • Tidak adanya halaman tentang situs, kebijakan privasi atau kontak
    Google menilai, suatu website dengan page/halaman yang memiliki komponen tersebut adalah website yang professional dan Anda melakukan hal tersebut juga untuk memenuhi standar kebijakan google.
  • Situs Tidak Mematuhi Kebijakan Google AdSense
    Tidak adanya konten yang unik atau bermakna, tidak ada lalu lintas organik, halman sedikit atau tanpa konten hasil jerih payah sendiri, tanpa ada pengalaman pengguna dan navigasi yang sulit. Selain itu, google melihat juga akan lalu lintas sumber ilegal, kata kunci yang berlebihan atau alur program yang buruk. Hal-hal seperti itu sudah pasti akan ditolak oleh Google.

Ada hal lain yang menjadi alasan google untuk menolak, Anda bisa mengeceknya dihalaman berikut

Kebijakan program AdSense

Lalu harus bagaimana untuk dapat di setujui oleh Google?

Sebetulnya sudah banyak sekali yang membahas mengenai bagaimana agar cepat diterima google adsense, namun tidak ada salahnya juga saya tuliskan berdasarkan pengalaman dan acuan yang terdapat dalam aturan google adsense. Biar tidak menjadi hambatan bagi Anda dalam melakukan pendaftaran, ada baiknya Anda perhatikan hal-hal berikut ini sebelum mengajukan permohonan Google Adsense: 

  • Menulis konten yang unik dan berkualitas
    Lagi-lagi konten, tidak aneh dengan kalimat ini. Konten adalah raja, bagaimanapun juga google menilai dari konten asli buatan sendiri bukan hasil copas. Google akan menilai konten Anda, apakah berkualitas dan ada manfaatnya bagi pembaca?. Memang semakin bertambahnya waktu, konten/artikel semakin bertambah dan ada kemungkinan apa yang akan kita tulis, sudah ditulis juga oleh blogger lainnya. Caranya adalah, buat judul unik dari yang akan ditulis tersebut meskipun pembahasannya sama. Jangan ngirit jumlah karakter dalam suatu artikel, berkaryalah dan menulislah. Beri keterangan dan informasi yang jelas bagi pembaca. Hindari juga artikel yang memiliki karakter sedikit namun terlalu banyak gambar. Hal ini menjadi sorotan google dalam menilai suatu website.
  • Lakukan improvisasi desain blog/situs
    Google senang dengan tampilan website yang minimalis tidak neko-neko, elegan, tepat guna dan memperhatikan akan kecepatan. Apa yang Anda perhatikan dari suatu website? pastilah desain yang menarik dan kemudahan navigasi. Anda harus membangun kesan pertama yang baik kepada pembaca blog Anda. Desain blog Anda adalah hal terbesar setelah konten. Karena desain atau penampilan pada blog Anda ini mewakili keahlian, pengalaman, dan profesionalisme Anda.
  • Buatlah halaman tentang website, kebijakan privasi, dan kontak
    Belajar dari penglaman penolakan, tidak ada salahnya Anda membuat halaman yang direkomendasikan oleh google pada website Anda, untuk apa sebetulnya halaman-halaman tersebut? telah disebutkan di atas bahwa dengan adanya halaman-halaman tersebut menandakan ke profesionalan suatu website. Bagaimana jadinya jika suatu website tanpa ada informasi web itu untuk apa? siapa yang memilikinya? mau kontak kemana?
  • Umur Sebuah Website
    Bagaimana jadinya jika Anda baru mendaftarkan domain dan baru saja membuat website kemudian mendaftar sebagai publisher google adsense?. Memang keinginan untuk mendapatkan uang dari website itu sangatlah besar, namun perlu diperhatikan juga kontennya, jumlah pengunjung, niche, page viewnya dan lain-lain. Jika website Anda sudah memiliki umur minimal 6 bulan dan sudah memiliki banyak konten dan juga traffic yang bagus, ini bisa menjadi nilai lebih dan meyakinkan pihak google adsense bahwa blog/situs Anda layak untuk memasang iklan.
  • Perhatikan kategori konten Anda
    Apa niche blog Anda? harus jelas strukturnya. Jangan semua kategori dimasukkan kedalam 1 (satu) website. Misalkan judulnya adalah techno tapi di dalamnya ada konten mengenai trending fashion terbaru. Google akan menolak karena keberagaman konten dalam 1 (satu) website. Perhatikan juga tipe konten yang ditolak oleh google, yaitu: konten yang berisi pornografi, konten yang berisi software bajakan, hacking/cracking tutorial, penjualan obat terlarang, perlengkapan ilegal dan barang ilegal lainnya.
  • Hapus iklan lainnya
    Ketika Anda akan melakukan pendaftaran google adsense, hapuslah iklan-iklan lainnya. Misalkan Anda pernah menjadi publisher di market yang lain. Sebenarnya google tidak menutup kemungkinan Anda memasang iklan dari pihak lain, namun ada baiknya blog Anda free of ads hingga menunggu jawaban dari pihak google.
  • Komponen lainnya
    Bagaimana jika Anda menggunakan blogger sebagai media blog Anda? tidak apa-apa namun pastilah akan lebih cepat diterima jika Anda menggunakan TLD. Tapi ada juga informasi, dengan menggunakan blogger atau youtube akan lebih cepat untuk diterima oleh google. Kembali ke peraturan yang dimiliki oleh google, google memiliki hak untuk menerima atau menolak siapa saja dengan dasar aturan dan kebijakan Google AdSense. 

Jika Anda sudah siap dengan hal-hal diatas, maka cobalah untuk mendaftarkan diri sebagai google publisher dengan mengunjungi halaman Google Adsense.

Bagaimana jika Anda mendapatkan balasan email penolakan?

Tetap semangat kawan! Anda tidak sendiri, saya pun demikian. Beberapa kali ditolak oleh google, namun tetaplah semangat. Lakukan perbaikan sesuai dengan informasi penolakan yang disebutkan dalam email penolakan tersebut.

Lakukan perbaikan dengan maksimal baca kembali aturan dan kebijakan Google AdSense. Jika Anda sudah merasa perbaikan tersebut sudah oke, Anda bisa mendaftarkannya lagi ke Google AdSense, namun alangkah lebih baiknya Anda mendaftarkan ulang dalam rentang waktu minimal 1 minggu atau 1 bulan setelah penolakan.

Bagaimana jika Anda mendapatkan balasan email persetujuan?

Selamat! Anda telah berhasil disetujui oleh Google AdSense, langkah berikutnya adalah Anda membuat Ads Unit dan pasang kedalam website Anda. Atur sedemikian rupa agar menarik dan tidak jangan terlalu banyak. Setelah itu fokuslah terhadap konten dan jangan melanggar aturan yang sudah dicantumkan dalam Kebijakan Program Google AdSense.

Demikain pembahsan mengenai Google AdSense. Jika Anda memiliki tips lainya. Silahkan share di Tips and Trick atau tinggalkan pesan dan kesan Anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat bagi rekan, Terima kasih.

_rhiel_

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top