Rhiel ID

General Article

Kaspersky Gandeng EuroPol dan Pemain Security Lainnya Untuk Berantas Ransomware

Wuih, lagi-lagi ransomware. Ransomware ini menjadi perhatian penting di kalangan security, bagaimana tidak, keamanan data penting yang menjadi taruhannya. Kepolisian internasional atau Interpol bekerjasama dengan Intel Security dan Kaspersky Labs untuk memerangi serangan ransomware. Inisiatif tiga pihak ini guna mempersiapkan pengguna komputer dengan alat untuk mengembalikan akses pada file yang terinfeksi.

nomoreransome
Sobat dapat melihat pada situs nomoreransom.org, disediakan sejumlah cara untuk menghadapi dan menghindari serangan program jahat tersebut. Selain itu, ada pula beberapa alat untuk mendeteksi ransomware dan mendekripsi file yang diserang. Pada Website tersebut sobat dapat menggunakan beberapa tools yang disediakan, contohnya Crypto Sheriff yang berfunsi sebagai pendeteksi apakah file sobat terinfeksi?

Kembali pada pembahasan perlawan ransom, kampanye ini juga bertujuan untuk melawan ransomware dengan mengincar aspek yang paling penting, yakni keuntungan yang didapatkan oleh penjahat siber, keuntungan ini didapat dari user dengan tebusan unutk mendekripsi file yang sudah terkunci/enkrip. Kolaborasi ini berujung pada penyitaan server ransomware yaitu “Shade”, server yang beroperasi sejak 2014. Penyitaan ini memberikan kunci dekripsi pada Intel dan Kaspersky yang pada akhirnya menyediakan alat untuk diunduh para pengguna komputer.

“Masalah terbesar dengan crypto-ransomware adalah ketika data penting terinfeksi dan dikunci, mereka langsung bersedia membayar,” kata penelity Kaspersky Jornt van der Wiel.

Indonesia tercatat sebagai negara peringkat 13 yang paling banyak terinfeksi ransomware di Asia Tenggara dengan jumlah rata-rata 14 kasus terjadi setiap hari, menurut riset yang dilakukan perusahaan peranti lunak antivirus Symantec.

So .. becarefull (again) …

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top