All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Istilah Dalam Adsense

Setelah membahas mengenai Langkah Jitu Agar diterima Google AdSense dan Bagaimana Menulis Konten Yang Menarik? saya berharap situs Anda sudah diterima oleh Goole AdsSense dan dapat memulai memonetisasi. Seperti yang kita tahu, jika situs Anda sudah diterima oleh AdSense maka Anda diperkenankan untuk mulai memasang iklan yang bentuk dan materinya sudah ditentukan oleh Google.

Anda dapat melakukan login pada halaman google.com/adsense kemudian akan mendapatkan halaman utama dari AdSense tersebut, berupa laporan-laporan dan performansi dari tampilan dan pendapatan iklan pada situs Anda.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai istilah-istilah umum dalam AdSense karena memang harus dipahami dan tidak semua orang memahami arti dari istilah yang terdapat dalam Dashboard AdSense, karena dari istilah tersebut kita dapat melakukan evaluasi terhadap situs yang sedang kita bangun agar dapat lebih baik dari segi performansi maupun trafficnya.

AdSense Publisher

pemilik situs yang sudah disetujui keanggotannya oleh pihak pengelola periklanan yaitu AdSense. Publisher ini sebenarnya bukan hanya digunakan dalam Google AdSense saja, banyak juga para penyedia iklan lainnya yang disebut dengan Publisher. Maka dalam hal ini, kita akan disebut sebagai AdSense Publisher (penayang iklan dari google adsense).

Estimated Earning

prakiraan dari jumlah pendapatan yang Anda terima sebagai Publisher dari iklan-iklan yang Anda pasang pada situs Anda, jika Anda memonetisasi YouTube maka akan muncul juga estimasi dari pendapatan pada saluran video Anda. Biasanya pada tampilan tidak secara realtime ditampilan, namun ada delay dan masih dalam hitungan perkiraan.

Ad Unit

Ad Units ini adalah iklan AdSense itu sendiri. Pada ads unit ini terdiri dari beberapa jenis ukuran, tipenya dan jenis penempatannya.

Pada awalnya, tipe iklan hanya ada 1 yaitu Text & Display Ads ini adalah iklan yang dapat Anda sesuaikan ukurannya, jenis iklannya (teks atau gambar) dan penempatannya.Saat ini, sudah tersedia juga untuk In Feed Ads dan In Article Ads. In Feed Ads ini berupa iklan yang muncul pada list categori misalnya atau list produk. Iklan yang unit untuk menambah performansi penayangan iklan. In Article Ads ini berupa iklan yang muncul di dalam artikel, biasanya disematkan dalam aturan tertentu, misalnya sebelum paragraf, tengah paragraf atau akhir paragraf.

Page Level Ads

Merupakan jenis iklan yang sangat menarik yang menawarkan cara baru yang inovatif dalam menayangkan iklan AdSense. Dengan menggunakan Page Level Ads, anda menyimpan kode iklan yang telah disediakan oleh AdSense lalu dengan secara otomatis iklan yang tayang akan bervariasi, bisa berupa sticky footer ads atau vignette ads.

 Visitor and Organic Visitor 

sebutan umum untuk user yang mengunjungi sebuah situs. Sedangkan unique visitor ialah pengunjung situs yang murni datang berasal dari mesin pencari seperti google, bing, maupun mesin pencari lainnya. User akan mengunjungi sebuat situs berdasarkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang dicarinya.

Page Views

google menghitung setiap user yang mengunjungi situs Anda pada setiap halaman yang terdapat iklannya.

Impressions

jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang ada iklannya dibuka oleh pengunjung. Hitungan ini tidak terpengaruh oleh jumlah iklan yang ada pada halaman tersebut.

Clicks

Menunjukan jumlah user melakukan klik pada iklan AdSense. Setiap klik yang dilakukan oleh user, akan langsung terekam oleh AdSense dan menayangkannya pada halaman laporan AdSense berdasarkan pada Ads Unit nya.

Page RPM

Pendapatan halaman situs perseribu tayangan (RPM), ini dihitung dengan penghasilan yang ditaksir dengan jumlah permintaan iklan, lalu dikalikan dengan 1000

Page RPM = (penghasilan tertaksir/jumlah tampilan halaman) * 1000

Misalnya, jika penghasilan tertaksir Anda adalah $1 dari 50 tampilan halaman, maka ($1/50) * 1000 = $20

Impresion RPM

sebenarnya hampir sama dengan Page RPM, hitungan pendapatan perseribu tayang yang tertaksir, ini tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya, namun jumlah itu dihitung dengan pembagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan halaman atau query yang Anda terima, kemudian dikalikan 1000

RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan halaman) * 1.000

CPC

jumlah uang yang akan Anda dapatkan apabila ada iklan yang diklik. Nilai uang pada jenis iklan akan berbeda-beda, dan itu ditentukan oleh banyak faktor. Termasuk performansi situs dan kualitas situs tersebut. Biasanya nilai maksimal adalah 20% dari tawaran si pemasang iklan.

CTR

perbandingan dalam presentase antara jumlah klik yang didapatkan dari suatu iklan dengan jumlah tampilan unit tersebut. Misalnya suatu unit iklan telah menampilkan 50 kali, dan di klik 10 kali maka nilainya adalah 20%

eCPM 

hasil pembagian antara jumlah pendapatan sebuah situs dengan jumlah impressi halaman (rpm) yang dia dapatkan dari iklannya. Misal publisher menghasilkan $100 dari 60000 impressi, maka akan memiliki nilai CPM sebesar $1.67

Demikian artikel mengenai istilah dalam Google AdSense, semoga dapat menambah informasi bagi Anda sebagai Publisher Google AnSense. 

_rhiel_

referensi: support gogle adsense

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top