All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Improvisasi Peringkat Alexa

Mungkin Anda bertanya, apakah mungkin peringkat blog kita di Alexa bisa naik? bukan hanya Anda, saya pun demikian ketika dahulu membuat blog. Peringkat yang buncit saya fikir tidak bermasalah, ternyata ada pengaruhnya juga terhadap popularitas blog. Selain itu, semakin baik peringkat blog Anda pastilah akan mendapatkan penawaran lebih baik lagi dari segi investor, pengiklan atau kerjasama antar rekan blog.

Bukankan Anda menginginkan blog Anda populer dan banyak yang mengunjungi, suatu kepuasan tersendiri ketika Anda melihat traffic atau realtime visitor setiap harinya selalu ada angka dan bukan 0 (Nol)?

Sebetulnya bukan hanya Alexa Rank yang menjadi patokan, masih ada Google Page Rank ataupun MozRank. Mau mengejarnya semua? lebih baik satu-persatu dan mungkin proses ini akan pararel untuk menaikkan peringkat blog Anda pada statistik rank pada penyedia rank lainnya.

Mari kita fokus, karena kita akan pahami tips-tips berikut ini untuk meningkatkan peringkat alexa.

Menghasilkan Konten Yang Asli dan Menarik

Kembali lagi pembahasan mengenai konten asli, apakah konten asli itu pasti menarik? Pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh Anda atau pelanggan blog Anda, bisa saja blog yang susah payah Anda buat, ternyata hanya dibaca selintas oleh pembaca Anda, bagaimana itu bisa terjadi? setiap orang memiliki selera yang berbeda.

Meskipun demikian, konten yang asli pastilah menarik bagi search engine dan website pemberi rank. Mereka menilai, ini adalah kerja nyata dari Anda seorang blogger dalam keseriusan dalam menulis dan memperkaya blog Anda. Dari setiap konten yang unik besar kemungkinan pembaca yang baru hadir pada blog Anda tertarik dan membaca konten-konten lainnya, dengan ini nilai impression akan meningkat dan nilai bouncing akan menurun.

Mendapatkan Link dari Luar

External Link kalimat itu mungkin sudah tidak aneh Anda dengar, dengan banyaknya link masuk, maka Alexa akan menilai bahwa blog Anda memliki kredibilitas yang tinggi hingga blog-blog luar memilih blog Anda sebagai referensi yang baik. Dan ini berkaitan juga dengan tips diatas yaitu Konten yang Asli dan Menarik.

Internal Link juga memberikan nilai yang baik dalam meningkatkan peringkat blog Anda, dengan adanya internal link, pembaca akan seperti merasa dibimbing untuk membaca konten lainnya yang tidak kalah menarik dari konten yang sedang dibacanya.

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan blog atau forum dari luar, berkomentar yang bermutu atau membuat artkel pada blog lain yang mengarah pada blog Anda. Berdasarkan link tersebut, dengan otomatis Anda membantu mesin pencari untuk memahami isi situs Anda, karena mesin pencari memahami pengunjung itu adalah aset yang sangat berharga bagi blog Anda, namun Anda jangan terlalu over memasangkan link pada blog Anda, karena itu akan mengurangi kredibilitas blog Anda.

Pasang Alexa Toolbar

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai cara pasang alexa toolbar, seperti yang kita ketahui. Alexa mengumpulkan data berdasarkan statistik dari alexa toolbar. Dengan memasang Alexa toolbar, dengan otomatis Anda sendiri mempengaruhi hitungan kunjungan terhadap blog Anda. Bukan hanya itu, Anda juga dapat melihat perkembangan atau penurunan ranking blog Anda sendiri.

SEO

Lagi-lagi SEO, seo adalah suatu keharusan bagi Anda sebagai owner blog. Banyaknya konten kemungkinan besar tidak akan ada yang membacanya jika tidak dioptimasi dengan SEO. Saya memahami akan kompetitor lain yang lebih bagus SEO nya, namun dengan adanya kompetitor tersebut kita harus tetap optimis untuk siap bersaing dengan blog lainnya.

Penilaian mesin pencari, bukan hanya konten yang sangat banyak, namun juga pendalaman dari suatu kontent. Dari kejeniusan Anda membuat suatu kontent, akan lebih menarik bagi mesin pencari dan pembaca.

Dengan menerapkan teknik-teknik SEO yang baik dan benar, meskipun konten Anda tidak terlalu banyak ternyata dapat mempengaruhi ranking Alexa Anda menjadi naik, kenapa? karena dari hasil SEO tersebut, akan selalu dikunjungi oleh pembaca disetiap harinya.

Manfaatkan Social Engineering

Konten Anda sangatlah berharga, untuk menjangkau pembaca yang jauh disana, Anda bisa menyebarkan konten Anda tersebut dengan menggunakan aplikasi medsos. Apakah mungkin tidak ada satu pun yang mengklik postingan Anda pada medsos? pastilah Anda, dengan adanya link external yang menuju blog Anda, maka Alexa menilai adanya manfaat yang pembaca dapatkan dari konten yang Anda buat.

Memiliki Certified Alexa Rank

Langkah ini adalah langkah sederhana namun berbayar. Alexa memberikan fasilitas untuk melakukan sertifikasi pada blog Anda. Dengan adanya sertifikasi blog, sudah tentu kredibilitas blog Anda sangat bagus di mata Alexa. Selain itu, Anda dapat melakukan improvisasi lebih detail lagi pada blog Anda, karena setelah Anda berlangganan, Anda dapat menggunakan fasilitas auditor blog yang diberikan oleh Alexa.

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top