All for Joomla All for Webmasters
Hardware

ID Card Printer – FARGO DTC1250E

Saat ini, ID Card sudah banyak digunakan di berbagai instansi. Bahkan siswa sekolahan pun memilikinya sebagai tanda siswa atau kartu NISN misalnya. ID Card ini sudah tentu sebagai identitas dirinya dan instansi dirinya sendiri. Sudah tidak aneh jika ID Card digunakan mulai dari professional hingga user biasa. Mulai dari bahan yang biasa hingga menggunakan RFID.

Setiap instansi pasti memiliki cara untuk melakukan perekaman data dan pencetakan ID Card tersebut. Perekaman data disini adalah pengambilan foto, pendaatan hingga penggunaan barcode untuk penggunaan sistem absensi misalnya. Setelah perekaman data, barulah mulai untuk mencetaknya. Biasanya, ID Card dicetak menggunakan sistem sablon atau printer inkjet yang kemudian dilaminating dan dipotong secara manual.

Ada cara lain untuk melakukan pencetakan ID Card tersebut, yaitu langsung menggunakan printer khusus ID Card dan menggunakan Blank Card. Dimana cara ini akan lebih mudah dan cepat juga dapat melakukan customisasi warna dan desain sesuai kebutuhan.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai alat yang digunakan untuk mencetak ID Card tersebut dan bagaimana cara memasang tintanya. Alat yang digunakan adalah Fargo DTC1250e. Alat ini mampu mencetak warna dengan kecepatan 16 detik per kartu. Dengan menggunakan sistem tinta pita, Anda dapat menggunakan 2 jenis tinta yaitu tinta warna dan hitam. Setiap tinta tersebut pada umumnya memiliki batasan pencetakan yaitu 250 kali cetak untuk warna dan 400 kali cetak untuk hitam. Kita lihat dahulu penampakan printernya.

Terlihat simple namun kokoh. Printer dengan harga sekitar 13Jutaan ini mampu mencetak ID Card dengan kualitas yang bagus. Selain kecepatan, kerapihan dan detail pencetakan pun menjadi nilai tambah untuk printer ini. Perlu Anda ketahui jenis printer ini hanya dapat melakukan pencetakan 1 sisi, jika ingin mencetak 2 sisi, maka Anda harus melakukan 2 kali pencetakan.

Pada video berikut ini, saya tidak menampilkan hasil proses cetaknya, namun akan saya tampilkan bentuk body, cara pemasangan tinta warna dan memasukkan kartu kosong pada tray nya.

Simak video berikut:

Spesifikasi Detail:

Model Cetak Satu sisi
Resolusi Cetak 300 dpi
Kecepatan Cetak
  • Warna: 16 detik/kartu
  • Hitam: 6 detik/kartu
Kapasitas Kartu
  • Kapasitas penyimpanan kartu : 100 kartu
  • Kapasitas penyimpanan hasil pencetakan: 30kartu
Tipe Kartu PVC atau polyester
Konektivitas USB 2.0
Kesesuaian Sistem Operasi Windows® XP / Vista™ (32 bit & 64 bit) / Server 2003 & 2008 / Windows® 7 / Windows® 8 (32 bit & 64 bit)
Daya / Power 100-240Vac, 50-60Hz, 1.6 Amps max

Dengan spesifikasi seperti itu, menurut saya sudah cukup untuk melakukan pencetakan ID Card untuk instansi Anda dengan kualitas yang lumayan bagus, dan dari sisi harga printer dan tinta pita masih bersahabat.

Terima kasih, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda mengenai ID Card Printer, khususnyaPrinter Fargo DTC1250e.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top