General Article

Google Gencar Bangun Cloud NEXT, Siap Menantang Clouder Lainnya

Saat ini, komputasi awan (Cloud) sedang naik daun dan terus berkembang, para raksasa perusahaan teknologi terus bertarung di bidang layanan server berbasis komputasi awan (cloud) ini.

Selama ini, Google tidak memposisikan diri sebagai penyedia layanan web hosting, namun sekarang google mengarah pada layanan tersebut. Setelah aplikasi-aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2016 ini, google agresif untuk menyiapkan produk barunya yaitu Platorm Cloud yang bisa dipakai oleh semua orang.

Google yang awalnya hanya sebagai mesin pencari, kini makin siap berkompetisi dengan dunia bisnis yang selama ini didominasi Amazon Web Services atau AWS. Google menyebut layanan mereka dengan nama Google Cloud Platform.gcphero

Manuver agresif Google ini akan diumumkan pada hari Rabu (23/3/2016) pagi waktu setempat, dalam konferensi global bertajuk Google Cloud Platform NEXT 2016 (GCPNEXT16). Google akan mengumumkan produk-produk baru yang berkaitan dengan Google Cloud Platform. Sebelum konferensi dimulai, Greg DeMichillie, Direktur Manajemen Produk Google, mengatakan produk yang mereka siapkan berbeda dengan produk layanan cloud lainnya.

Google Cloud Platform tak hanya menawarkan server atau storage, namun yang membuatnya berbeda adalah adanya platform yang dibangun Google dan para mitranya. Platform ini nantinya bisa dipakai gratis oleh pengguna.

“Inilah ekonomi cloud yang sebenar-benarnya,” klaim DeMichillie.

Layanan GCP dijual oleh Google dengan harga per menit penggunaan. Pengguna hanya membayar storage yang benar-benar mereka gunakan.

Google mengklaim, layanan GCP berada di infrastruktur yang sudah terbukti andal. Infrastruktur GCP sama dengan yang digunakan oleh Google sendiri untuk meng-hosting produk-produk Google lainnya seperti mesin pencari Google, Youtube, Google Photos, dan Google Maps.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
To Top