All for Joomla All for Webmasters
General Article

Deretan CMS E-Commerce Gratis Terpopuler 2017

Bagi Anda yang ingin membangun Toko Online pasti akan memilih plaftorm apa yang cocok bagi Anda. Pemilihan ini akan berdampak pada cara akses Anda dan bagaimana Anda mengelola toko online Anda tersebut. Selain pemilihan CMS, pemilihan paket domain dan hosting juga berpengaruh terhadap kualitas toko online Anda.

Saat ini sudah banyak sekali cms berbasis open source (gratis) yang dapat Anda gunakan. Dari berbagai jenis situs penyedia toko online atau e-commerce, Anda dapat memilih cara yang mana yang akan Anda gunakan? menyimpan barang tersebut di situs penyedia layanan e-commerce atau Anda membuatnya sendiri?

Keleluasaan jika Anda membangun situs e-commerce sendiri, Anda dapat mengelola dan membangun sistem Anda secara bebas dan mandiri. Dalam kasus ini, kita akan kerucutkan pertanyaan-pertanyaan diatas menjadi apa dan bagaimana Anda membangun toko online atau situs e-commerce sendiri dengan membeli paket hosting pada penyedia layanan hosting?

Pada artikel kali ini, akan kita lihat siapa saja developer cms e-commerce yang paling banyak digunakan, gratis dan mudah untuk dikelola.

 

WooCommerce

Woocommerce

Kita awali dengan WooCommerce. Cms ini berjalan pada plaftorm WordPress, seperti yang ktia tahu, wordpress adalah salah satu penyedia CMS terbaik saat ini. WooCommerce berbentuk plugin E-Commerce yang dapat Anda install secara gratis di wordpress. WooCommerce memiliki fitur lengkap dan fully customized. WooCommerce dapat diintegrasikan dengan blog/artikel, memiliki modul-modul yang mendukung e-commerce seperti checkout, tersedianya widget yang membantu menampilkan produk, ketersediaan theme yang banyak, dan tidak ada batasan produk yang dapat Anda posting.

Woocommerce memiliki fitur yang sangat lengkap untuk membangun sebuah toko online, selain fitur yang disebutkan diatas, woocommerce juga menyediakan fitur cara bayar dan pengiriman yang dapat Anda customisasi sesuai kebutuhan.

Magento

Magento

Berdasarkan statistik, yang menggunakan magento ada 25% dari situs e-commerce dunia. Magento telah menjadi CMS E-Commerce terbaik dalam beberapa tahun ini. Magento merupakan platform belanja premium yang menyediakan plaform toko online yang satu paket dengan hostingnya. Kelebihan pada CMS magento adalah fitur pelaporannya. CMS ini juga menangani sistem diskon yang kompleks dan sistem voucher yang dapat diintegrasikan dengan sistem yang lain juga pada sistem akuntingnya.

Magento biasa digunakan oleh para professional developer, karena sistem ini dapat bekerja dengan skala yang sangat besar. Terutama core system nya yang sangat kuat dan kompleks. Dalam hal skala ini, magento memberikan 2 jenis layanan dalam CMS nya yaitu yang berbasis komunitas dan professional.

Prestashop

Prestastop

PrestaShop memberikan kelengkapan fitur dalam membuat toko online Anda. Dengan instalasi yang mudah, Anda dapat dengan singkat membangunnya. Ketersediaan template dan module, memudahkan Anda membangun toko online sesuai dengan kebutuhan. Namun pada module tertentu Anda harus membayar untuk menggunakannya.

Jika Anda menggunakan Prestashop, anda perlu memahami alur pemasangan barang Anda pada cms ini, karena sistem posting yang dimiliki oleh prestashop lumayan kompleks, dari mulai harga, jenis ukuran, tambahan biaya dll. Prestashop sudah digunakan lebih dari 3juta pengguna di seluruh dunia.

OpenCart

OpenCart

Pengoperasian yang mudah dan tampilan sederhana menjadi daya tarik bagi OpenCart. Pengunaannya tidak se-kompleks dengan Prestashop, opencart memberikan kemudahan bagi Anda sebagai pemula dalam membangun situs berbasis e-commerce. Salah satu fiturnya menariknya adalah adanya marketplace yang menyediakan ekstensi untuk menambahkan fitur opencart Anda. Fitur lainnya adalah memberikan kemudahan bagi pelanggan Anda dengan adanya filter, multi currency, dan integrasi dengan sistem pembayaran.

VirtueMart

VirtueMart

Bagi Anda pengguna Joomla, pasti sudah tidak aneh lagi dengan Component yang satu ini, yaitu VirtueMart. Virtuemart dibangun oleh tim kecil yaitu 3-5 orang, namun hasilnya begitu mendunia.  Komponen ini berjalan dalam cms joomla dan teritegrasi dengan sistem joomla itu sendiri. Kemudahan instalasi dan melakukan posting barang menjadi nilai tambah bagi VirtueMart. Namun sama dengan CMS lainnya, Anda harus membayar jika ingin menambahkan ekstensi, misalnya template premium atau fitur managerial lainnya.

Sebetulnya masih banyak deretan lainnya yang dapat Anda gunakan. Jika Anda menggunakan cpanel sebagai media pembangun website Anda, Anda dapat menemukan banyak cms e-commerce yang tersedia. Namun kembali lagi, pilihlah CMS yang dapat dengan mudah Anda gunakan dan cocok dengan kebutuhan Anda.

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top