All for Joomla All for Webmasters
Hardware

D-Link DAP-1360 Access Point Mode

Setelah mengenali device wireless yang bermerk D-Link dengan versi DAP-1360, kali ini kita akan membahas mengenai fitur-fitur yang dimiliki oleh alat tersebut. Karena basic nya adalah sebuah Access Point atau sebagai distribusi, maka kali ini kita akan membahas mengenai fitur Access Point.

Sebetulnya, fitur ini adalah fitur utama atau standar yang dimiliki oleh alat wireless. Namun Anda harus mengetahuimengenai kehandalannya adalah berapa lama dia akan stabil (tidak hang) karena kebanyakan alat wireless sering kali mengalami system hang. Yang mengakibatkan sulitnya kita masuk kedalam jaringan tersebut dan perlu dilakukan restart device.

Kembali ke pembahasan, saya melakukan konfigurasi D-Link DAP-1360 ini dengan kasus seperti berikut:

  1. Dlink digunakan hanya sebagai Access Point (AP)
  2. DHCP dinonaktifkan, karena sudah ada dhcp server di router
  3. Device diberikan ip dengan segment yang sama dengan kondisi eksisting, pemberian ip tersebut agar kita dapat dengan mudah melakukan pengecekan terhadap alat. Hal ini kadang tidak diketahui oleh si pengguna, asal-asalan memasang kemudian alat menerima ip secara dhcp lalu kemudian kita akan susah untuk mendeteksi ip device tersebut.

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, ada baiknya Anda melihat dahulu video berikut agar memahami bagaimana cara konfigurasinya:

Penjelasan langkah-langkah dalam video:

  • Koneksikan laptop kita ke SSID  atau ke alat tersebut yaitu D-Link DAP-1360
  • Kemudian ubah ip laptop kita secara manual/static agar satu segment dengan default ip Dlink yaitu 192.168.0.50 maka kita bisa menggunakan ip dengan segment 192.168.0.xxx dalam video tersebut admin menggunakan ip 192.168.0.10
  • Setelah itu, masuk kehalaman admin Dlink dengan membuka browser kemudian masukkan alamat 192.168.0.50 ini adalah alamat defaultnya dengan username admin dan password dikosongkan
  • Anda akan menemukan suatu halaman administrator, kemudian terdapat menu Lan Setup. Klik mnu tersebut, carilah “My Lan Connection Is” yang awalnya dhcp ganti menjadi static, kemudian masukkan ip segment eksisting yang kosong di jaringan Anda. Kemudian save, dan Anda akan redirect ke alamat ip yang baru
  • Ubah kembali ip address Anda sesuai dengan segment yang dimasukkan kedalam dlink tadi, misalkan 10.10.1.39 lalu login kembali, kemudian masuk ke menu “Wireless Setup
  • Di halaman inilah Anda dapat merubah fitur-fitur D-Link DAP-1360, karena kali ini kita akan menggunakannya sebagai AP maka pilihlah fitur “Access Point“. Ubah nama SSID nya sesuai dengan keinginan Anda atau sesuaikan dengan lokasi pemasangan wifi.
  • Untuk keamanan jaringan, gunakan password untuk wifi Anda tersebut dengan memilih WPA Personal -> dengan WPA Mode “Auto” -> Chipper TKIP and AES. Kemudian masukkan password pada kolom “Preshared Key” misalnya appasswnya.
  • Kemudian save, maka Anda akan terlepas dari koneksi, ini membuktikan bahwa SSID tersebut sudah aman karena menggunakan password. Kali ini, setting ip Anda kembali menjadi dhcp, dan koneksikan wifi dengan jaringan eksisting. Sekarang coba wifi Anda tersebut.
  • Selesai 🙂

Demikian tutorial singkat mengenai konfigurasi D-Link DAP-1360 sebagai Access Point. Jika masih bingung, silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah.
_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top