All for Joomla All for Webmasters
Operating System

Cara Simple Ini Dapat Meminimalisir Masuknya Virus ke Komputer Anda

Virus menjadi hal yang menakutkan bagi setiap orang yang menggunakan pc. Tidak menutup kemungkinan virus tersebut masuk ke pc Anda tanpa Anda ketahui, misalnya trojan, sesuai dengan namanya, trojan masuk ke PC anda secara diam-diam dan dia melakukan suatu aktifitas pada sistem operasi Anda yang mungkin meruginkan Anda, misalnya melakukan hidden file, atau pencurian data Anda.

Belakangan ini menyebar info menenai virus ransomware yang mengunci file user dengan sistem enkripsi, dan untuk mengembalikannya Anda harus melakukan dekripsi pada file-file Anda itu, namun kita tidak mengetahui aplikasi apa yang dapat mendekripsi file tersebut. Cara lainnya adalah Anda membayar aplikasi khusus untuk melakukan dekripsi tersebut kepada si pembuat virus.

Sudah lama kita mengenal virus autorun atau virus shortcut. Virus ini biasanya masuk melalui Flash Drive. Bagi pengguna awam pasti akan merasa kaget, tiba-tiba file dalam flashdisnya menghilang, dan muncul file shortcut pada Flash Drive nya. Kemudian diklik file shortcut tersebut secara tidak diketahui, virus itu aktif pada pc Anda.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai bagaimana caranya untuk meminimalisir penyebaran virus autorun tersebut, khususnya dalam sistem operasi windows dengan ataupun tanpa antivirus. Namun lebih baik dibantu dengan adanya antivirus pada pc Anda. Saya sendiri menggunakan cara sederhana ini sudah dalam waktu yang lama, dan meskipun Flash Drive yang masuk ke laptop saya terinfeksi virus shortcut, laptop saya masih dalam keadaan aman. Lalu cara apa saja untuk meminimalisir virus masuk ke pc kita?

Nonaktifkan Autoplay

Virus yang menyebarkan dirinya melalui Flash Drive, akab berjalan secara otomatis ketika Flash Drive dimasukkan ke pc. Dengan sendirinya, sistem operasi akan terinveksi oleh virus yang berjalan melalui autorun tersebut. Dengan menonaktifkan fitur ini, maka dapat mencegah virus masuk melalui jalan autoplay. Caranya adalah:

Masuk ke menu Control Panel > Cari AutoPlay > hilangkan centang pada autoplay kemudian save

Autoplay

Aktifkan User Account Control (UAC)

UAC berfungsi untuk mengontrol aplikasi dan memberikan pilihan bagi Anda untuk menjalankannya atau tidak. Dengan mengaktifkan fitur ini, jika Anda tidak sengaja mengklik atau memang mengklik aplikasi, Anda akan mendapatkan notifikasi mengenai aplikasi yang Akan Anda buka tersebut. Cara mengaktifkannya adalah:

Control Panel > User Account > Change User Account Control

UAC

Jangan Buka Gambar atau Link apapun Dari Email Tidak Dikenal

Pernahkan Anda mendapatkan email dari pengirim yang tidak Anda kenal? jangan pernah sekali-kali Anda membuka file attachment, gambar, ataupun link yang tidak jelas. Perlu Anda ketahui, ketika Anda mengaktifkan atau membuka link tersebut, dengan otomatis virus tersebut dapat terdownload secara otomatis, dan menjadi trigger untuk masuk kedalam pc Anda. Namun saat ini, penyedia layanan email seperti google dengan gmailnya sudah memiliki Anti Spam yang dapat memilah mana email yang benar dan mana email yang teridentifikasi virus atau spam. Jadi berhati-hatilah jika Anda menerima email yang tidak jelas pengirimnya.

Jangan Klik File Shortcut atau File aneh berekstensi *.exe pada Flash Drive

Jika ada teman/rekan kerja Anda ingin membuka filenya pada pc Anda, Jangan pernah mengklik file shorcut atau file yang tidak anda kenal dengan ekstensi .exe, bisa jadi itu adalah trigger untuk menjalankan virus tersembunyi yang ada dalam Flash Drive tersebut. Hal ini sering terjadi, pemilik Flash Drive mengklik file tersebut, karena yakin foldernya adalah shortcut tersebut. Jika memang kedapati shortcut ataupun file yang berekstensi .exe yang tidak Anda kenal, hapus file tersebut karena itu bukan file Anda yang sebenarnya.

 Flash Drive

Demikianlah cara sederhana untuk meminimalisir masuknya virus ke pc Anda. Bagi Anda yang masih kebingungan bagaimana menonaktifkan autoplay dan mengaktifkan UAC, simak pada video berikut ini:

Terima kasih, semoga bermanfaat.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top