Hardware

Cara Reset Epson L800 Dengan Cepat dan Mudah

Kinerja Epson L800 ini memang sangat bagus, selain bagus epson dikenal juga sebagai merk printer yang bandel. Epson ini mengusung teknologi inkjet dengan tinta menggunakan sistem tank. Dengan menggunakan 6 tinta ini, Epson L800 sangat bagus untuk mencetak photo.

Kecepatan dalam mencetaknya pun terbilang cukup tinggi sekitar 34 kertas permenit. Dalam penggunannya yang cukup lama, banyaknya pencetakan dan tidak digunakan dalam waktu lama, terkadang akan menjumpai juga permasalahan. Misalnya blinking, tinta tidak keluar dan sebagainya.

Admin sendiri pernah menjumpai permasalahan ini, pada waktu itu memang printer ini jarang digunakan dalam waktu lama, seharusnya printer itu melakukan print 1 halaman full colour minimal 1 minggu untuk menjaga head/tinta tidak kering. Walhasil cetakan dokumen pun tidak bagus.

Untuk memperbaiki hal tersebut, Anda memerlukan adanya software untuk melakukan ink charge/flush ink (pembersihan) bisa menggunakan resetter atau secara manual dengan menekan lama tombol Tinta pada printer tersebut.

Tombol Ink

Untuk melakukan charging/flush ink, Anda bisa menekan tombol tersebut 5 detik. Kemudian lepas, maka sistem mekanik printer akan melakukan charging/flush ink tersebut.

Coba lagi hasilnya, jika masih kurang bagus, maka harus menggunakan resetter. Fungsi aplikasi resetter ini selain untuk charging/flush ink, bisa juga digunakan untuk mengetahui detail mesin, reset blink dll.

Berikut ini adalah cara penggunaan nya

Download resetter nya disini

setelah itu, extract file tersebut, dan cari aplikasi AdjProg.exe Jalankan file tersebut. Muncul halaman pertama kemudian klik tombol Accept

Setelah itu, klik tombol Select, kemudian pilih printer Epson L800 kemudian pilih Particular Adjustment Mode

Anda akan menemukan halaman utama dari resetter ini.

Yang sering digunakan adalah Cleaning/Ink Charge dan Waste Ink pad Counter  (reset) .

Untuk kasus hasil kurang bagus atau muncul garis putih/warna tidak kelaur, Anda bisa menggunakan Cleaning/Ink Charge. Klik tombol tersebut, kemudian akan muncul menu berikut ini

 

Pilihan Ink Charge

Terdapat beberapa fungsi pada menu ini, gunakan sesuai kebutuhan. Untuk melakukan ink chare, klik ink charge. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Sama halnya dengan Cleaning. Klik tombol cleaning, kemudian ikuti perintah selanjutnya. Jika telah selesai melakukan ink charge/cleaning. Silahkan coba kembali mencetak dokumen/foto Anda.

Untuk melakukan reset / perbaikan kerusakan blinking, sama seperti artikel reset printer yang telah dibahas sebelumnya Cara Reset Printer Epson L210 Tanpa dan Dengan Aplikasi .

Pilih Waster Ink pad counter tekan tombol OK, kemudian akan muncul jendela baru untuk melakukan reset counter,

Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Ceklist pada Mainpad couter dan platten pad counter
  2. Klik tombol check, setelah muncul konfirmasi, klik tombol initialization
  3. Tunggu sampai selesai, hingga muncul notifikasi restart printer Anda.

Demikian, selamat mencoba 🙂
Kalau berhasil share pengalamannya disini ya

_rhiel_


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top