Rhiel ID

Basic Computing

Cara Mudah Membuat Milist Di Cpanel

Milist Cpanel

Pernahkah Anda berkeinginnan untuk mengirimkan email kepada banyak user sekaligus? atau rekan kerja di lingkungan kita sendiri? namun karena banyaknya jumlah anggota yang tidak sedikit akan memakan waktu lama. Bisa saja dengan menggunakan to, cc sejumlah Anda mau mengirimkan email tersebut. Dengan kebutuhan Anda ini, anda bisa memanfaatkan fungsi mailing list.

Mailing List atau Milist adalah kelompok, komunitas atau grup pengguna internet untuk dapat saling berkomunikasi dan berdiskusi tentang hal tertentu, dengan menggunakan email sebagai basis bertukar informasinya. Seseorang yang ingin mengirim/mendapatkan informasi dari anggota lainnya, harus bergabung terlebih dahulu dengan milis tersebut, ini disebut dengan subscriber, karena hanya orang-orang yang terdaftar saja yang bisa masuk dan berbagi pesan dengan anggota didalamnya.

Cara mengirimnya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal mengirim ke satu email khusus yang sudah dibuat, beserta list anggotanya. Maka pesan Anda langsung diteruskan ke seluruh anggota.

Aplikasi milist saat ini sudah bermacam-macam, Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun jika Anda memiliki cPanel, Anda dapat memanfaatkan fungsi milist pada cPanel tersebut. 

Bagaimana Menggunakan Milist di cPanel?

  1. Masuk ke cpanel Anda, kemudian carilah Mailing List, atau Anda dapat mengetikkannya pada kolom pencarian.
    Milist Icon
  2. Setelah menemukan Icon Mailing List, klik tombol tersebut. Anda akan dialihkan ke halaman pembuatan mailing list.
    InputKeterangan:
    Input sesuai dengan kondisi milist Anda, masukkan list name berupa nama group, kemudian domain website Anda, dan password untuk login ke halaman administrator milist. Pilihan Access Type terdapat 2 bagian yaitu Public dan Private, perbedaanya adalah pada public siapapun dapat mengikutinya, namun pada private user lain tidak dapat mendaftarkan dirinya. Setelah itu, klik tombol Add. 
  3. Setelah selesai membuatnya, maka akan muncul list group Anda pada tabel dibawahnya.
    ListPada gambar diatas, dapat Anda lihat, terdapat detail dari milist yang sudah dibuat. Sebelah kanannya terdapat Functions yang berfungsi untuk mengelola group milist Anda, Tombol Manage adalah untuk mengkonfigurasi milist Anda dan Tombol Delegation adalah menu untuk menentukan siapa saja delegasi admin yang dapat mengelola milist Anda. Klik tombol manage untuk memulai setting milist ini.
  4. Anda akan masuk halaman berikut ini:
    Admin MenuBiarkan settingan lainnya dalam kondisi defaut, menu lainnya dapat Anda sesuaikan lagi nanti. Kali ini, kita akan memasukan siapa saja yang anggota milist kita. Klik tombol Membersip Management, maka akan muncul submenu Membersip List, Mass Subscription, Mass Removal dan Address Change, sesuai dengan fungsi menunya, sekarang klik menu Mass Subscription.
  5. Akan terbuka halaman baru untuk memasukkan list anggota:
    ListMasukkan list email yang akan dimasukkan kedalam milist, perlu Anda ketahui milist ini dapat digunakan juga untuk webmail lainnya, misalnya gmail. Saya sendiri telah mencobanya, perbedaannya adalah hanya pada kecepatan pengiriman atau penerimaan email, kecepatan ini berpengaruh terhadap lokasi server hostingan Anda berada. Setelah itu klik tombol Submi Your Changes.
  6. Pembuatan milist selesai, lalu untuk mencobanya. Buatlah email yang ditujukan kepada email yang sudah dibuat tadi, misalnya milist@email.com tunggu beberapa saat, maka email akan langsung tersebar ke email yang terdaftar.

Demikianlah cara membuat milist di cpanel, semoga bermanfaat. Cobalah terlebih dahulu, jika berhasil, silahkan tinggalkan komentar.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top