Cloud Hosting Indonesia
Hardware

Cara Menyambung Kabel Headset Putus

Headset merupakan barang yang cukup penting bagi sebagian orang. Terutama bagi mereka yang memang sering menggunakannya.

Dengan headset, kita bisa menelepon, mendengarkan musik dan lain-lain sejenisnya secara lebih jelas, serta tidak mengganggu orang lain di waktu yang sama.

www.domainesia.com

Headset cukup banyak jenisnya. Tapi menurut saya, yang paling banyak dipakai untuk HP adalah berjenis earphone. Yaitu headset dengan bentuk kecil yang langsung ditempel di telinga.

Walaupun banyak dipakai, headset berjenis earphone seringkali rusak dan membuat error tertentu. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh kabel headset yang putus.

Penyebab Kabel Headset yang Putus

Seperti yang sudah saya katakan, headset rusak kebanyakan disebabkan oleh kabelnya yang putus. Sedangkan penyebab putusnya ini ada beberapa.

Paling sering adalah dikarenakan kabel headset tertekan suatu benda berat. Misalnya tertindih sesuatu ketika sedang tidak dipakai. Namun kerusakan kabel juga dapat disebabkan karena kabelnya yang sering tertarik.

Beda penyebab, nantinya akan berbeda juga kerusakannya. Contohnya jika tertindih, maka kemungkinan bagian putusnya ada di tengah kabel. Atau jika tertarik, maka kemungkinan putusnya ada di earphonenya atau di ujung konektornya.

Kerusakan Ketika Kabel Headset Terputus

Saat kabel headset terputus, akan terjadi beberapa jenis kerusakan yang dapat terjadi. Yang pertama, adalah suara headset menjadi kecil. Misalnya di waktu normal kamu dapat mendengarkan suara headset dengan jelas.

Namun ketika kabel headset terputus, suara headset terdengar sangat kecil, meskipun kamu sudah mengatur volume HP ke maksimal.

Dan saya lansir juga dari situs Uplotify.id, ketika kabel headset putus, selain kedua bagian earphone, suara kecilnya juga dapat terjadi di satu bagian saja. Jadi yang satu jelas, dan yang lain tidak.

Kemudian ketika kerusakan kabel tersebut sudah terjadi lebih lanjut, maka suara headset akan hilang / tidak muncul sama sekali.

Cara Menyambungkan Kembali Kabel Headset yang Putus

Saya sarankan kalau Anda mengetahui kabel headset yang dipakai putus, Anda jangan membuang yang lama dan membeli langsung dengan yang baru.

Karena kabel tersebut dapat Anda sambungkan kembali asal tahu caranya. Perbaikannya saya bagi menjadi dua cara. Pertama memperbaiki kabel headset yang putus di bagian tengah, serta putus di bagian dekat konektor.

Anda dapat menyimak panduan berikut ini:

1. Persiapan

Tentunya sebelumnya Anda perlu menyiapkan beberapa barang terlebih dulu. Saya rasa barang-barangnya ini mudah ditemukan.

Selotip: Dipakai untuk membungkus kabel nantinya. Pakai yang warna hitam (berjenis karet).

Gunting: Untuk memotong selotip serta bagian kabel yang tidak dibutuhkan saat proses perbaikan.

Solder: Untuk menyambungkan kabel headset yang putus agar bisa menyatu secara sempurna.

Timah: Media untuk menyatukan antara kabel headset yang putus satu sama lain.

Silahkan disiapkan semuanya. Semua barang di atas juga bisa Anda cari di toko listrik terdekat.

2. Cara Menyambung Kabel Headset Putus di Bagian Tengah

Jika kabel headset Anda putus di bagian tengah, maka cara memperbaikinya tidak sulit. Anda hanya perlu memotong dan merapihkan bagian headset yang putus tersebut, kemudian menyambungkannya kembali dengan solder dan timah.

Pastikan urutan kabel yang terhubung sesuai. Biasanya kabel-kabel tersebut dibedakan oleh warna. Anda hanya perlu menyesuaikan warnanya (misalnya merah dengan merah, biru dengan biru).

Jika sudah, gunakan selotip untuk menutup hasil sambungan tersebut. Dengan demikian kabel headset yang putus berhasil disambungkan kembali.

3. Cara Menyambungkan Kabel Headset Putus di Bagian Konektor / Earphone

Jika yang putus ada di bagian konektor / earphone, menurut saya perbaikannya agak sedikit sulit. Dikarenakan ketika headset rusak di bagian konektor / earphone, kamu harus lebih teliti saat menyambungkan kabel.

Untuk cara perbaikannya, kamu buka bagian earphone atau konektornya saja. Kemudian di sana kamu akan melihat bekas timahan hasil sambungan kabel lama.

Pada bagian bekas sambungan kabel lama tersebut, silahkan kamu hubungkan kembali kabel headset. Kemudian saat sudah, tutup kembali earphone atau konektornya tersebut.

Semoga panduan di atas bisa membantu Anda untuk memperbaiki kabel headset yang putus. Silahkan dicoba.

_Rhiel_


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Cloud Hosting Indonesia