Rhiel ID

Blogging

Cara Menghindari Teguran Invalid Click Activity Adsense

Title Invalid Click

Pernahkah Anda tidak tersengaja mengklik atau Anda sengaja mengklik iklan Adsense pada blog Anda sendiri? Jangan sampai Anda kena teguran dari Google karena aktifitas tersebut. Karena besar kemungkinan akun adsense Anda terkena suspensi bahkan disabled.

Sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh Google Adsense, Anda sebagai publisher tidak diperbolehkan untuk mengklik iklan Anda sendiri, meskipun Anda penasaran dengan iklan yang muncul tersebut, jangan sekali-sekali Anda mengkliknya, atau bahkan berkali-kali karena penasaran.

Dengan tegas google Adsense melarang akan invalid click activity, aktifitas tersebut ada beberapa kemungkinan,

  • Self clicked (di klik sendiri) disengaja maupun tidak disengaja
  • Menyuruh orang untuk mengklik iklan Anda sesering mungkin
  • Menggunakan robot untuk mengklik iklan Anda.

jika publisher memang ingin meningkatkan penghasilan, maka perbaguslah blognya tersebut, jangan dengan curang mengklik iklannya sendiri. Google memberikan jalan keluar atas “penasaran” bagi para publisher Adsense untuk mengetahui sebenarnya apa isi dari iklan itu, jawabannya adalah adanya aplikasi Google Publisher Toolbar, aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dan hanya dapat digunakan pada browser Google Chrome.

Aplikasi ini dapat Anda temui dan pasang pada Google Chrome. Anda dapat dengan jelas melihat link keluar dan detail dari iklan Anda tersebut. Bahkan Anda dapat menyambungkannya dengan akun google Analytics Anda. Caranya adalah masuk ke menu extension pada google chrome, atau Anda dapat mengklik link berikut ini pada google chrome Anda, https://chrome.google.com/webstore

Chrome Extension

setelah itu, cari extensi Google PublisherToolbar pada kotak pencarian, maka Anda akan menemukan aplikasi berikut ini:

Google Toolbar

setelah itu, klik tombol Add To Chrome, akan muncul notifikasi konfirmasi untuk melakukan instalasi, klik tombol Add pada notivikasi tersebut, kemudian tunggu proses instalasi hingga selesai. Jika sudah selesai, icon Google Publisher Toolbar akan muncul pada toolbar Google Chrome.

Icon

Setelah itu, klik tombol Enable pada baris Google Andsense. Anda akan dialihkan ke halaman login Google Adsense, kemudian akan muncul request aplikasi. Klik tombol Allow.

Allow GoogleSetelah itu, Icon Google Publisher Anda sudah siap untuk digunakan. Tanda berhasilnya extensi tersebut digambarkan dengan warna icon berubah dari abu” menjadi warna biru, coba klik tombol tersebut, dan aktifkan Ad Overlay. Begitu juga dengan Google Analytics, jika Anda ingin mengaktifkannya, tinggal klik tombol enable, dan klik tombol Allow. Setelah itu, buka blog Anda sendiri, maka akan muncul detail seperti berikut ini:

Detail

Dapat dilihat pada gambar diatas, akan muncul detail pendapatan, jenis iklan, dan hasil dari google analytics Anda. Bagi Anda yang penasaran akan iklan pada blog Anda, dapat mengklik tombol panah pada jenis iklan Anda, dan akan masuk pada halaman tujuan iklan.

Lalu bagaimana google melindungi pengiklannya? jika Anda melakukan login pada google chrome Anda, maka overlay akan muncul pada setiap iklan. Dan Anda tidak dapat menghasilkan hitungan click, karena yang Anda klik Adalah penutup atau layer link bukan iklan aslinya. Coba Anda arahkan pada area iklan pada blog Anda, maka Akan muncul url link / judul pengiklan.

ADs

Nah dengan adanya overlay ini, maka Anda akan terbebas dari teguran invalid click activity atau Self Clicked dari Google Adsense. Seperti yang kita tahu, dengan mengklik iklan sendiri akan meruginkan Anda dan pengiklan itu sendiri.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top