Rhiel ID

Basic Computing

Cara Menggunakan Webmail Horde

Email adalah salah satu pemanfaatan teknologi internet untuk saling bertukar pesan, gambar maupun file. Penyedia layanan email ini salah satunya adalah gmail besutan google yang paling diminati oleh user sekarang ini. Bagaimana tidak, untuk setiap usernya yang berbasis free itu mendapatkan fasilitas email gratis dengan kapasitas 15Gb, lumayan besar sekali jika digunakan hanya kirim email berupa teks dan gambar yang tidak terlalu besar kapasitasnya.

Berbeda dengan webmail yang Anda dapatkan dari fasilitas hostingan dengan suatu paket tertentu. Seperti yang kita tahu, email pada suatu hostingan adalah ciri atau identitas dari instansi dimana dia berada/bekerja. Kita sebut saja email corporate karena menggunakan identitas domain/perusahaan/pribadi. Jika Anda melakukan hosting untuk website Anda, maka Anda sudah bisa menggunakan fasilitas email akun corporate tersebut. Namun perbedaannya adalah, kapasitas setiap user dan tampilan yang diberikan pastilah berbeda dengan yang diberikan oleh gmail atau penyedia webmail lainnya.

Misal Anda melakukan hosting dengan paket A yaitu dengan besaran 10Gb, maka Anda harus melakukan berbagi kapasitas dengan user lainnya. Dan untuk dapat mengakses webmail tersebut standar penggunaan aplikasi yang digunakan adalah Horde Webmail. Aplikasi tersebut muncul pada pilihan ketika Anda akan mengakses webmail, biasanya url untuk membuka aplikasi tersebut adalah webmail.namadomain.com

Karena kita akan membahas mengenai tutorial penggunaan Horde, maka setelah Anda membuka alamat webmail tersebut dan telah melakukan login sesuai dengan akun Anda,kemudian pilih aplikasi Horde sebagai aplikasi untuk layanan email Anda.

Setelah Anda memilih Horde, maka akan muncul interface utama dari aplikasi horde tersebut. Mungkin setelah mengakses webmail horde ini, tidak sedikit user yang kebingungan dalam menggunakannya, namun sama saja penggunannya. Anda tetap bisa membuat email, mengirim attachment, dan menerima email. Bedanya hanya penampilannya saja.

Horde Inter

Dapat dilihat pada gambar diatas adalah tampilan halaman utama Horde. Seperti yang dapat Anda lihat, pada sidebar kiri itu adalah menu untuk menulis pesan baru, kotak masuk, draft email dan pesan yang sudah dikirim. Terdapat juga fasilitas untuk membuat folder, folder ini berfungi untuk mengkategorikan email masuk Anda.

Menulis dan Menerima Email

Untuk menulis email, klik menu “New Message” pada sidebar untuk memulai penulisan email, maka akan muncul jendela baru untuk menulis pesan.

Sama seperti layanan email yang lainnya, kolom to untuk tujuan email Anda jika ingin menambahkan email tujuan berikutnya Anda hanya tinggal menggunakan tanda koma “,” sebagai pemisah email tersebut. Dan untuk menambahkan Attachment file atau gambar, Anda dapat menggunakannya dengan menekan tombol “Add Attachment”. Kemudian pilih file yang akan dikirim. Jika pesan sudah siap dikirimkan, tekan tombol “Send”.

Untuk menerima email, Anda tinggal mengklik tombol “Inbox” dan email yang masuk akan muncul pada area bagian tengah.

InboxDapat Anda lihat pada gambar diatas, email masuk dapat dikelola seperti layanan email yang lainnya. Anda dapat melakukan balas pesan dengan menggunakan tombol “Reply”, “Forward” untuk meneruskan pesan dan “Delete” untuk menghapus pesan. Perlu Anda ketahui, jika Anda menghapus pesan tersebut, maka pesan tidak langsung dihapus, melainkan horde akan menandaninya dengan coretan atau “——-” panjang pada email tersebut.

Merubah Identitas dan Membuat “Signature”

Pada setiap email, kita dapat merubah tampilan identitas kita dengan nama, dan Anda juga dapat menggunakan signature atau dapat berupa catatan pada setiap akhir email. Misalnya:


Best Regards, 
_rhiel_

isi dari signature itu dapat disesuaikan dengan perusahan/instansi masing-masing. Lalu bagaimana cara membuatnya? caranya adalah pilih icon roda > Preferences > Mail

Maka akan muncul halaman dialog baru, Anda tinggal mengisinya sesuai dengan nama Anda dan isi dari signature berupa teks dan atau gambar yang sudah ditentukan oleh instansi.

Pada kolom “

Bagaimana agar email yang dihapus, langsung hilang? bukan hanya tanda coret “-” saja?

caranya sangat mudah, kembali pada icon roda > preferences > Mail. Kemudian, pilih “Deleting and Moving Messages”. Maka akan muncul jendela halaman baru, ceklist semua point-point tersebut kemudian tekan tombol save, setelah di klik tombol save, akan muncul pilihan selanjutnya, centang kembali pilihan yang baru muncul. Kemudian save kembali.

Sampai disini, saya harap Anda dapat mengambil kesimpulan. Webmail dengan horde itu tidak beda jauh dengan aplikasi webmail yang lainnya. Jika sering dipakai, maka akan terbiasa menggunakannya. Jika masih bingung atau Anda sudah berhasil mempelajari dan menggunakannya dengan baik, silahkan tinggalkan komentar.

Terima kasih, semoga bermanfaat

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top