Cara Menggunakan Aplikasi Google Translate Offline di Android

2
45

Translator/penterjemah sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Translator itu dapat berupa kamus atau software aplikasi untuk membantu kita dalam menerjemahkan suatu kata atau rangkaian kalimat.

Anda dapat menemukan banyak aplikasi di dunia internet, dengan sangat mudah Anda dapat menterjemahkan kalimat-kalimat tersebut dengan berbagai jenis bahasa, dari bahasa Indonesia ke Inggris misalkan, atau sebaliknya. Atau dari bahasa arab ke indonesia atau sebaliknya.

Google dalam hal ini memiliki juga aplikasi interaktif dalam menterjemahkan bahasa. Selain dapat menterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain, google juga memberikan fasilitas suara untuk membaca ejaan tersebut, dengan kecerdasan buatan, google dapat membaca kalimat yang kita masukkan dan yang telah diterjemahkan dengan baik.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda dapat mencarinya di Google Play yaitu Google Translate. Aplikasi ini dapat membantu Anda secara mudah untuk menterjemahkan kalimat. Lebih mudah pastinya karna aplikasi ini ada pada alat kecil yaitu smartphone. Namun aplikasi ini harus terkoneksi ke internet untuk dapat melakukan terjemah. Nah, bagaimana jika kita perlu dengan cepat untuk mendapatkan terjemahan ketika tidak ada koneksi internet?

Read:   Pokemon Go 0.37 Android APK

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya untuk mendownload database bahasa yang kita gunakan, kemudian kia tetap dapat melakukan translate dalam kondisi offline.

Install terlebih dahulu Google Translate pada smartphone, kemudian buka aplikadi tersebut. Klik menu pada area kiri atas. Kemudian pilih Offline Translation.

Setelah itu akan muncul jendela baru. Terdapat banyak bahasa yang disediakan oleh google translate, silahkan pilih bahasa yg akan Anda gunakan, dalam contoh kali ini saya akan mengguanakan bahasa Indonesia dan Arab, bahasa Inggris tidak perlu didownload karena itu sudah basic bawaan aplikasi. Klik icon download, untuk memulai download database bahasa.

Jika sudah selesai, maka google translate sudah siap untuk digunakan. Untuk ujicoba, matikan semua koneksi smartphone Anda. Lakukan translate bahasa.

Nah, aplikasi sudah dapat digunakan dalam kondisi offline. Namun jangan lupa, agar Anda dapat mendengarkan suara terjemahannya, Anda juga harus mendownload suara. Coba klik tombol speaker, jika Anda dapat mendengarkan suaranya berarti database suara sudah terdownload, jika tidak ada suaranya, nyalakan kembali koneksi internet Anda, maka database suara akan terdownload secara otomatis.

Read:   Fuchsia? Project Rahasia Terbaru Google

Sudah bisa? Demikianlah artikel sederhana ini. Semoga dapat membantu Anda untuk menggunakan google translate dalam keadaan offline pada smartphone Android Anda.

_rhiel_

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here