All for Joomla All for Webmasters
Basic Computing

Cara Mengaktifkan Telnet di Windows

Telnet biasa digunakan untuk melakukan remote host computer. Microsoft menyediakan layanan telnet ini namun tidak langsung diaktifkan seperti pada windows sebelumnya, misalkan XP.

Mulai dari windows versi 7 hingga sekarang ini yaitu windows 10, telnet ini dapat Anda aktifkan dengan menggunakan 2 cara, yaitu dengan menggunakan cmd dan menggunakan aplikasi installer bawaan windows.

Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari bagaimana melakukan instalasi telnet dengan 2 cara tersebut, berikut langkah-langkahnya:

#Cara 1 Install Telnet menggunakan CMD

Buka Command Prompt dengan menggunakan tombol Windows dan huruf R secara bersamaan, maka akan muncul kotak dialog “Run” > kemudian ketikkan CMD

CMDsetelah itu, akan muncul command prompt kemudian ketikkan script berikut ini:

Jika muncul UAC klik OK untuk mengkonfirmasi instalasi. Windows akan melakukan proses instalasi telnet tersebut. Tunggulah beberapa saat.

Setelah instalasi selesai, lakukan restart komputer Anda, telnet sudah siap untuk digunakan.

#Cara 2 Install Telnet dari Windows Features

Cara ke 2 ini kita akan melakukan instalasi dari Windows Features. Ada perbedaan antara windows client dan windows server.

Pada Windows server, Anda dapat menemukannya pada Computer > Manage > Feature Summary. 

Pada windows client/user fitur Telnet ini dapat Anda temukan di Control Panel > Program and Features.

Features

Kemudian klik menu Turn Windows features on or off. Akan muncul jendela baru yaitu list fitur-fitur windows. Kemudian carilah Telnet, kemudian centang pada fitur tersebut.

Telnet

Setelah itu klik tombol OK. Windows akan melakukan proses instalasi telnet tersebut. Tunggulah beberapa saat. Setelah itu, cari telnet kemudian cobalah untuk membuka aplikasi telnet tersebut.

Telnet Open

Simak video tutorial beriku ini:

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara menginstall Telnet pada windows, terima kasih.

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top